Apakah baik memotret dengan menggunakan ISO Auto?

ISO auto

Halo, saya baru saja tertarik dengan dunia fotografi dan tentunya banyak pertanyaan pertanyaan yang ada di pikiran saya saat ini. Salah satunya adalah ketika mengambil gambar saya masih selalu menggunakan ISO Auto. apakah itu hal yang baik atau terlihat amatiran?

Saya akan mencoba jawab, coba bayangkan anda sedang traveling atau jalan-jalan sambil menenteng kamera, disaat tidak terduga akan selalu muncul momen yang sangat bagus untuk difoto. Momen seperti ini berlangsung sekejap dan tidak akan terulang lagi. Saat anda melihat momen tersebut dan langsung memotret agar tidak kehilangan momen, ada kemungkinan foto yang anda hasilkan akan kabur atau blur.

Kenapa blur? banyak alasannya, salah satunya adalah karena momen tersebut terjadi di area yang kondisi cahayanya tidak sempurna sehingga shutter speed kita lambat, katakanlah 1/60 detik. Dengan shutter speed seperti ini sementara kita memotret tidak dibawah sinar matahari langsung, dijamin foto anda akan sedikit blur. Bagaimana triknya?

Ya, balik ke judul setting lah ISO ke dalam mode Auto untuk mengindarinya. Dengan setting Auto ISO: ON, kamera akan secara otomatis menaikkan ISO saat shutter speed kamera menjadi lambat. Saat Auto ISO aktif, kita bahkan bisa menentukan batas minimal shutter speed dan juga menentukan ISO maksimum. Jadi seolah-olah kita perintahkan kamera: “Hey kamera, begitu shutter speed dibawah 1/125 detik, naikkan ISO, tapi jangan terlalu tinggi ya! maksimal 3200 ISO saja!”. Jadi jawabannya adalah memotret dengan ISO auto itu kadang diperlukan, dan tidak menjadikan Anda seorang amatiran.

Sumber

Auto ISO Kamera DSLR