Apakah Bahasa Inggris Yang Fasih Begitu Penting Saat Memasuki Dunia Kerja?

image

Bahasa Inggris merupakan bahasa yang digunakan oleh banyak negara, sehingga menjadikan bahasa ini sebagai bahasa internasional. Di Indonesia sendiri bahasa Inggris sudah menjadi mata pelajaran sejak duduk di bangku sd. Saat memasuki dunia kerja, para rekruter juga seringkali menambahkan kemampuan bahasa inggris mereka ke dalam cv mereka. Sebenarnya sepenting apa si bahasa inggris di dunia kerja itu menurut para youdics? Share di kolom jawaban yuk!

Menurutku, peran bahasa inggris dalam dunia pekerjaan sangat penting, dimana bahasa inggris juga merupakan bahasa yang universal. Apalagi di zaman yang sudah semakin maju dan berkembang seperti sekarang ini, bahasa inggris hampir diaplikasikan di semua bidang pekerjaan. Berdasarkan sudut pandangku sebagai mahasiswi teknik perminyakan sendiri, di dunia minyak dan gas bahasa inggris sangat digunakan karena seperti yang diketahui bahwa dunia migas juga terconnect dengan pekerja-pekerja asing, jadi alangkah baiknya jika kita memiliki kemampuan untuk bisa berkomunikasi baik itu dari segi speaking, listening, dan juga reading secara lancar atau fluent

jawabannya relatif. Tergantung mau kerja dimana dan bidang apa dulu? Kalo mau kerja di perusahaan nasional dan diposisi yang tidak mengharuskan active speaking english maka bahasa inggris fasih tidak terlalu perlu. Kecuali mau kerja di perusahaan multinasional, seperti Unilever misalnya. Maka fasih bahasa inggris hukumnya fadhu ain alias wajib bgt! Apapun posisi yang mau di apply, selama itu perusahan multinasional, maka kita sebagai jobseeker harus wajib fasih bahasa inggris, karena terkadang bahasa inggris menjadi bahasa komunikasi mereka di kantor. Aku waktu itu pernah ikut webinar yang diadakan Unilever, selama pemaparan materi sampe tanya jawab, semuanya full english, termasuk ketika bertanya, peserta diwajibkan menggunakan bahasa inggris. Atau contoh lain, misalnya kerja sebagai PR (public relations), marketing suatu perusahaan, posisi tersebut biasanya mengharuskan pekerjanya bisa berbahasa inggris, at least ngerti lah lawan bicaranya lagi ngomongin apa. Karena PR maupun marketingkan sasarannya ngga cuma perusahaan dalam negeri aja, tapi luar negeri juga, maka skill bahasa inggris disini menjadi salah satu kualifikasi melamar pekerjaan diposisi tersebut.

Menurut ku sangat penting, selain penting dalam memasuki dunia kerja, bahasa inggris merupakan bahasa internasional jadi kemungkinan bisa sedikit mempermudah hidup. Dan juga saat ini Indonesia sedang menghadapi Masyarakt Ekonomi Asean (MEA). Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) / AEC (Asean Economic Community) merupakan realisasi pasar bebas di Asia Tenggara yang telah dilakukan secara bertahap mulai KTT ASEAN di Singapura pada tahun 1992. Tujuan dibentuknya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) untuk meningkatkan stabilitas perekonomian di kawasan ASEAN, serta diharapkan mampu mengatasi masalah-masalah di bidang ekonomi antar negara ASEAN.

menurut saya sangat penting. karena dalam dunia kerja bisa saja bukan hanya orang dalam negeri didalamnya, melainkan ada hubungan dengan perusahaan luar negeri misalnya. bahasa inggris merupakan bahasa internasional yang memang sebaiknya harus dikuasai.

Sangat penting. Sebab beberapa perusahaan BUMN maupun swasta mewajibkan karyawan maupun pelamar kerja mampu berbahasa Inggris secara fasih. Tidak hanya disebuah perusahaan saja, namun juga diberbagai instansi pemerintah sekalipun mewajibkan fasih berbahasa asing. Tidak dapat kita pungkiri diera yang serba digital sekarang ini dengan Indonesia masuk kedalam MEA sendiri menjadikan banyak tenaga pekerja yang bersaing untuk mendapatkan sebuah pekerjaan. Bahasa asing dapat dikatakan sebagai bahasa komunikasi sekaligus pendongkrak dalam suatu perusahaan bila menjalin sebuah bisnis dengan perusahaan asing sekalipun. Maka para perusahaan mencari karyawan yang fasih berbahasa asing agar nantinya dapat menjadi ujung tombak perusahaan untuk mempromosikan perusahaan tempat seseorang itu bekerja.

Saya setuju dengan apa yang dikatakan oleh @dinarizki mengenai kerja dimana dan dalam bidang apa pekerjaan kita. Memang benar jika bahasa Inggris telah digunakan sebagai bahasa internasional dan dalam dunia pekerjaan sekarang pun banyak perusahaan yang menjadikan bahasa Inggris sebagai sebuah kualifikasi. Namun bukan berarti kita dituntut untuk fasih berbahasa Inggris karena banyak lowongan kerja tersebut menuliskan “Bisa berbahasa Inggris baik secara verbal maupun tulisan” bukan fasih.

Akan sangat lebih bagus jika demikian. Memang kita perlu melihat terlebih dahulu background dari pekerjaan tersebut, namun menurut saya ketika kita sudah terlatih dengan kemampuan bahasa tersebut, akan sangat membantu dan seolah meninggikan sedikit derajat kita dibandingkan yang lain. Penggunaan bahasa Inggris di dunia kerja hampir selalu menjadi poin plus bagi siapa saja. Kita akan diberikan kesempatan yang lebih luas ketika orang-orang tahu bahwa kita menguasai bahasa tersebut.

Bahasa Inggris merupakan bahasa univesal yang dipakai oleh banyak negara, tentunya bahasa inggris ini digunakan untuk bisa saling berkomunikasi dengan pekerja dari negara lain misalnya dalam jalinan kerjasama. Sehingga pekerja yang memiliki bahasa inggris yang lancar sering dibutuhkan oleh perusahaan, jika perusahaan tersebut memiliki hubungan kerja sama dengan pihak asing. Bahasa inggris juga bisa menjadi nilai tambah bagi pelamar kerja karena memiliki keunggulan dari pelamar lainnya. Pekerja yang bisa berbahasa inggris juga bisa menjadi mentor bagi pekerja yang berasal dari negara lain. Dengan banyaknya persaingan dalam melamar kerja tentunya kita harus mempersiapkan diri kita sebagai pelamar dengan berbagai kelebihan, salah satunya dalam penguasaan bahasa.

Sekarang bahasa inggris sudah merupakan bahasa intenasional dimana jika kita berpergian semua orang bisa menggunakan bahasa inggris untuk berkomunikasi dengan orang dari negara lain. Begitu pula di dunia kerja, dengan menguasai bahasa Inggris memberikan kamu kesempatan kerja yang lebih besar. Mampu berbahasa Inggris dasar kini menjadi salah satu syarat wajib untuk bisa diterima kerja dalam berbagai perusahaan. Semakin bagus kualitas bahasa Inggrismu, tentu semakin besar peluangmu untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan yang bagus. Menguasai bahasa inggris juga merupakan skill yang patut dibanggakan.