Apakah anjing mempunyai rasa cemburu seperti manusia ?

anjing

Apakah anjing mempunyai rasa cemburu seperti manusia ?

Anjing dapat merasakan perasaan emosi seperti manusia, telah menjadi perdebatan oleh banyak ahli selama bertahun-tahun. Meskipun beberapa pandangan skeptis menyatakan bahwa hewan di gerakkan oleh insting alami mereka, tetapi yang lain menolak, mereka menyatakan bahwa mamalia memiliki tipe saraf (Neural Apparatus) yang sama dengan manusia, oleh sebab itu mereka bisa merasakan emosi sama seperti manusia.

Beberapa penilitan dilakukan untuk membandingkan porsi bagian otak yang aktif ketika mengalami emosi, seperti rasa gembira, marah, dan sedih. “Amyglada” merupakan salah satu contoh bagian di otak, dan merupakan alat komunikasi kuno yang dimiliki mamalia.

Semua Mamalia memiliki Neural Apparatus (sistem saraf) yang sama
Emosi pada hewan sepertinya lebih kompleks daripada manusia. Contohnya, ketika anda meninggalkan anjing anda bekerja, anjing anda merusak sofa, hal ini di karenakan anjing mengalami kegelisahan yang disebabkan oleh rasa kesepian dan kurang istirahat, lalu merusak menjadi salah satu cara bagi anjing untuk menyalurkan emosi tersebut.

Bagi yang mempercayai bahwa hewan memiliki emosi, mereka memiliki hipotesa bahwa beberapa jenis hewan dapat merasakan emosi, termasuk rasa senang, rasa sedih, rasa kehilangan, rasa curiga, rasa marah, empati, dan takut. Namun bagaimana dengan rasa cemburu?

Kecemburuan merupakan emosi yang rumit yang dimiliki manusia sebagai sifat dari struktur sosisalnya, namun ketika anda bertemu dengan pemilik anjing, para pemilik ini akan memberitahu anda kapan anjing mereka merasa cemburu.

Anjing merasakan Cemburu seperti Manusia
Sebuah boneka anjing yang dapat mengeluarkan suara gonggongan, dapat bergerak dan menggoyangkan ekornya, hal ini dapat membuktikan bahwa anjing juga bisa merasakan cemburu. Anjing akan berusaha untuk memukul, menyentuh ataupun mencari perhatian dari pemilik mereka, ketika pemilik bermain dengan boneka anjing tersebut. Bahkan beberapa anjing berusaha untuk berada diantara boneka dan pemilik mereka. Beberapa anjing menjadi agresif.

Walaupun sebagian besar anjing memiliki rasa cemburu terhadap majikannya, tetapi anjing dapat tidak menunjukkan rasa cemburu karena beberapa alasan berikut :

  • Anjing tersebut tidak terlalu cerdas sehingga mereka merasa benda tersebut tidak perlu mereka cemburui.

  • Anjing tersebut terlalu cerdas sehingga mereka tidak tertarik dan merasa tidak perlu bersikap apapun terhadap sebuah benda yang bahkan bukan mahkluk hidup.

  • Koneksi anjing kepada tuannya belum terlalu dekat, sehingga ia tidak mempermasalahkannya.