Apakah anda tahu makna dibalik indahnya kain songket?

Kain songket memiliki motif yang unik dan berwarna-warni. Warnanya yang cantik dan motif yang bermacam-macam, kira-kira apakah anda tahu makna dibalik motifnya?

1 Like

Saya suka dengan jenis kain ini karena memiliki motif yang sangat cantik dan juga beragam. Songket umumnya tidak untuk dikenakan sehari-hari, ini menandakan bahwa kain songket tidak untuk dipakai sembarangan, karena “terlalu mewah” jika dikenakan sehari-hari. Untuk warnanya salah satu contohnya kuning sebagai lambang emas telah mewarnai kebesaran dan keagungan yang bukan hanya sebagai status kekayaan namun juga status sosial. Kain ini juga memiliki makna tersendiri dalam motifnya diantaranya sebagai berikut:

  1. Motif bunga - wanita
    Aktifitas menenun memiliki kedekatan dengan wanita dan untuk wanita oleh karenanya memiliki motif bunga. Kain motif ini biasa ditenun oleh para wanita sambil menunggu dilamar oleh para pria.
    image

  2. Motif bunga tanjung - selamat datang
    Motif ini digunakan untuk menyambut tamu sebagai ucapan selamat datang oleh pemiliki rumah.
    image

  3. Motif bunga melati - suci
    Motif ini berarti kesopanan, kesucian, dan keanggunan. Biasa digunakan bagi wanita yang belum menikah.

Banyak sekali motif yang ada dan maknanya juga tidak asal dalam penggambarannya. Tetapi saat ini banyak kain yang tidak terlalu memikirkan motif yang bermakna yang penting motif menarik perhatian yang menggunakannya.

Sumber saya dapat di