Apakah anda pernah mengalami lucid dream? apakah lucid dream itu nyata?


(Andika Fatimah Az-Zahara) #1

apakah kejadian lucid dream itu benar bisa dilatih? apa benar kirta bisa mengendalikan mimpi (bukan dibuat buat saat sadar), sampai-sampai ada dibagi tingkatannya. Karna dengan adanya cara untuk kita bisa melakukan lucid dream tersebut, terkadang saya merasa seolah kita hanya sedang membayangkan kejadian didalam mimpi atau itu memang mimpi yang alami tetapi kita merasa bisa mengendalikannya?


(Muhamad Adeseno Marantisa) #2

Saya pernah mengalami hal seperti itu, pada awalnya saya kaget dan terkejut karena mimpi yang sedang saya alami sama persis sesuai dengan apa yang sedang saya inginkan. Dengan kata lain saya bisa memilih jalan atau alur untuk mimpi saya sendiri.

Hal ini didasarkan oleh salah satu sumber/artikel yang pernah saya baca yaitu sebagai berikut :

Lucid Dreaming adalah dimana pada saat kita bermimpi, kita benar-benar mengalami kesadaran penuh, kalau sebenarnya kita sedang berada dalam dunia mimpi dan kita dapat merancang mimpi nya sesuka hati kita.

Bedanya dengan mimpi biasa, kita hanya menjalani saja dan tidak sadar kalau kita sedang ada di dunia mimpi, pada saat Lucid Dream indera penciuman dan rangsangan kita tidak lah mati. Lucid Dreaming di bawah satu tingkat astral projection (cara keluar dari tubuh).

Lucid Dreaming terbagi menjadi tiga.
Tingkat Basic.
Kita dapat terbang, menembus tembok, berjalan, berlari.
Tingkat Menegah.
Kita dapat memunculkan tokoh tokoh dalam pikiran, seperti orang yang kita suka, artis, pacar
dan teman.
Tingkat Ahli.
Kita dapat melakukan hubungan seks, membunuh dan melakukan tindakan tindakan seperti
di dunia nyata .

Efek Negatif dari Lucid Dreaming
Efek negatif untuk fisik menurut ahli dalam bidang ini yang di takutkan adalah terjadi sleep apnea dimana tubuh kita berhenti bernafas dan efek untuk batinnya kita jadi malas berusaha di dunia nyata, karena kita bisa mendapatkan semua nya di dunia mimpi .

Cara Melakukan Lucid Dreaming

  1. Buatlah dimana keadaan tubuh kita santai , biasakan menggunakan pakaian yang nyaman seperti piyama dan celana nya , lalu coba berbaring dan rileks .
  2. Tetap lah tersadar dengan cara atur pernafasan anda walau tubuh kita semakin lemas dan akhirnya akan masuk pada tahap tindihan atau (sleep paralysed )
  3. Pada Tahap Sleep Paralysed , dimana tubuh kita tidak dapat bergerak tetapi pikiran kita tetap sadar, kita tidak bisa bergerak walaupun mencoba untuk menggerakan tubuh, tetaplah tersadar dan jangan takut, dan jangan pernah melakukan sesuatu yang dapat merusak Sleep Paralysed .
  4. Lalu kita akan mengalami beberapa transisi memasuki ruang hitam dan tetaplah tersadar.
  5. Setelah itu kita akan merasakan suatu sensasi berupa penghilatan dan suara yang menandakan jika anda sudah berhasil melakukan lucid dreaming.

Itulah sumber dan sedikit cerita pengalaman saya mengenai pengendalian mimpi. Terima kasih Semoga bermanfaat.