Apakah Anda Mengetahui Apa Saja Tools dan Technique Untuk Qualitative Risk Analysis?

Qualitative Risk Analysis merupakan proses mengevaluasi potensi kerugian dari risiko yang diberikan menggunakan berbagai informasi tentang proses yang mendasar serta penilaian tentang informasi yang tidak diketahui atau dipahami dengan baik.

Lantas, apa sajakah tools dan teknik yang digunakan untuk analisis risiko secara kualitatif?

Beberapa tools dan teknik untuk qualitative risk analysis adalah :

  • Risk Probablity dan Impact Assessment
    Metode ini terdiri atas penyelidikan tentang kemungkinan bahwa setiap risiko spesifik akan terjadi dan efek potensial pada tujuan atau sasaran organisasi seperti biaya, pengiriman, kualitas atau kinerja (efek negatif untuk ancaman dan efek positif untuk peluang), mendefinisikannya dalam level, melalui wawancara atau pertemuan dengan pemangku kepentingan yang relevan dan mendokumentasikan hasil.

  • Probability dan Impact Matrix
    Peringkat risiko untuk analisis kuantitatif yang lebih lanjut menggunakan matriks probabilitas dan dampak. Aturan penilaian harus ditentukan oleh organisasi terlebih dahulu. Matriks risiko dapat digunakan untuk menilai kemampuan perusahaan untuk mengenali sumber risiko dan kesediaan dan kemampuannya untuk mengelola risiko tersebut. Pernyataan tentang risiko diberi skor numerik untuk mengidentifikasi area yang menjadi fokus, peluang untuk menekankan dan memanfaatkan area kekuatan.

  • Pengkategorisasian Risiko
    Pengkategorisasian ini harus dilakukan untuk menentukan area organisasi yang paling terkena efek ketidakpastian. Mengelompokkan risiko dengan akar penyebab yang umum dapat membantu kita mengembangkan respons risiko yang efektif.

  • Penilaian Urgensi Risiko
    Dalam beberapa analisis kualitatif, penilaian risiko risiko dapat dikombinasikan dengan peringkat risiko yang ditentukan dari matriks probabilitas dan dampak untuk memberikan peringkat sensitivitas risiko akhir. Contoh: risiko yang membutuhkan tanggapan jangka pendek dapat dianggap lebih mendesak untuk ditangani.

  • Analisis SWOT
    Ketika kita menyempurnakan pemahaman kita tentang risiko, kita dapat melakukan analisis SWOT untuk mengurangi risiko-risiko yang mungkin terjadi dan mengelolanya di masa depan. Hal ini terdiri dari daftar kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang terkait dengan kemampuan perusahaan kita untuk menahan atau menghilangkan setiap risiko.

  • Analisis ICOR (Improvements, Challenges, Opportunities and Risks)
    Pendekatan ini menggabungkan praktik manajemen risiko dengan analisis SWOT untuk berfokus pada risiko dan manfaat yang terkait dengan perubahan proses. Bagan ICOR, yang diadaptasi dari template SWOT, menempatkan secara jelas tantangan apa pun yang akan dihadapi, setiap peluang untuk direalisasikan di tempat lain dan risiko apa pun yang terlibat dengan aktivitas tersebut.

SUMBER :