Apakah Anak Muda Sudah Harus Mulai Melakukan Investasi?

Akhir-akhir ini ramai sekali pembahasan mengenai investasi. Anak muda saat ini sudah mulai sadar pentingnya melakukan investasi untuk masa depan. Hingga di sosial media banyak sekali konten yang membahas mengenai investasi seperti saham dan juga crypto.

Namun, menurut kamu sendiri apakah anak muda sudah harus mulai melakukan investasi? Dan kenapa?

Sesuai dengan apa yang aku lihat sekarang ini, banyak sekali anak-anak muda bahkan mereka yang seumuran dengan kita sudah melakukan investasi baik saham maupun crypto. Mungkin tujuan yang ingin dicapai bisa saja untuk mengisi waktu luang bersenang-senang / hanya mencoba saja, dan bahkan ada yang tujuannya untuk masa depan. Nah menurut aku, harus atau tidaknya tergantung dengan masing-masing dari kita. Bisa dibilang tidak harus karena mungkin kita belum mengerti atau bahkan belum tertarik untuk mencoba karna tidak semua orang juga tertarik untuk melakukan investasi. Dan dibilang harus, karna ada banyak sekali manfaat yang didapatkan seperti :

  1. Semakin paham untuk mengatur keuangan di kemudian hari. Ini bisa menjadi bekal untuk kita bisa membagi uang antara kewajiban dan kebutuhan.
  2. Bisa mengambil resiko yang lebih besar. Saat masih berusia muda, kita cenderung masih lebih siap untuk menerima resiko dan berkesempatan untuk mencoba lebih dalam mengambil risiko lebih besar.
  3. Uang yang didapatkan bisa digunakan untuk berbagai kegiatan dan juga mewujudkan tujuan keuangan, seperti contohnya untuk membuka sebuah bisnis, melanjutkan kuliah, membeli kebutuhan di masa yang akan datang, dan sebagainya.

Jadi menurut aku, di masa muda ini memang kita harus bisa memikirkan hal apa yang memang terbaik dan berguna untuk kedepannya termasuk berinvestasi. Terlebih lagi mungkin banyak dari kita yang juga harus membagi waktunya antara kuliah dan bekerja. Harus atau tidaknya berinvestasi tergantung dari bagaimana pemikiran kita masing-masing.

Menurut saya sih benar anak muda sekarang harus mulai melakukan investasi sebagai pegangan atau tabungan di masa mendatang. Tetapi jenis investasi yang dipilih tentu harus disesuaikan dengan kemampuan ekonomi dan pengetahuan terhadap resiko dan manfaat investasi tersebut.

Sebaiknya sebagai anak muda yang anggap saja adalah pemula dalam bidang investasi, memilih investasi yang paling minim resiko. Misalnya investasi dalam bidang properti seperti tanah ataupun emas.Untuk meminimalisir kerugian akibat kejadian tak terduga seperti pada jenis investasi saham.

Banyak anak muda yang berusia 20 tahunan masih beranggapan untuk memulai investasi butuh modal besar dan dilakukan nanti ketika telah memiliki penghasilan dan ada sisanya dari penghasilan tersebut. Padahal dengan menyisihkan uang untuk ditabung atau diinvestasikan di usia muda merupakan kebutuhan saat ini. Pada usia muda atau ketika kita masih produktif merupakan saat yang tepat untuk mengumpulkan aset. Saat ini telah berkembang instrumen investasi modern dengan modal investasi awal relatif rendah, seperti produk pasar modal reksadana yang minimum investasinya dapat dimulai dengan dana Rp100.000.

Tentunya dengan memiliki tabungan berupa aset dapat membantu kita dalam menghadapi ketidakpastian di masa depan. Semakin dini mulai berinvestasi, maka akan semakin banyak waktu bagi dana atau investasi dapat berkembang sehingga kekayaan kita di masa depan juga berpotensi jadi semakin besar. Berinvestasi pada usia muda juga akan memberi banyak pengalaman untuk belajar berinvestasi dengan baik karena setiap produk investasi memiliki karakterisitik yang berbeda-beda dalam memberi keuntungan dan risiko. Perkembangan teknologi saat ini telah berkembang cukup pesat. Rata-rata investor muda berusia 20-an sudah sangat familiar dengan kemajuan teknologi, seperti perdagangan online , media sosial, dan aplikasi mobile yang dapat menjadi dasar pengetahuan dalam berinvestasi.

Tentu, seharusnya sudah. Walaupun belum memiliki penghasilan tetap setiap bulannya, setidaknya penting untuk tetap mengetahui dan belajar tentang investasi. Tidak seperti dulu, investasi yang hanya terfokus pada properti dan emas saja, saat ini sudah jenis investasi sudah banyak sekali seperti; saham, reksadana, bahkan crypto. Bahkan melakukannya pun sudah sangat mudah.
Mulai melakukan investasi dari masa muda adalah untuk mencegah adanya krisis keuangan di masa tua bahkan untuk tabungan darurat. tidak akan pernah ada yang tahu, jika hari ini mash sehat bugar, belum tentu esok juga sama kan?
Kebanyakan orang yang tidak dapat mengatur uangnya ketika masa muda, akan kesulitan di masa tuanya. Tidak mau kan sudah tua masih tetap harus memikirkan utang-utang?

Sebenarnya perlu-perlu tidak. Mengapa seperti ini? hal ini karena beberapa tren investasi anak muda saat ini terjadi karena FOMO (Fear of Missing Out) yaitu situasi dimana kita takut untuk ketinggalan terhadap sesuatu. Katakanlah teman-teman kita pada ngobrolin tentang saham, nah kita otomatis jadi ngerasa gak enak kan karena tidak bisa mengikuti diskusi dan kemudian tanpa ilmu kita ikutan beli saham itu atau mungkin dengan mendengar testimoni dari teman yang sukses dalam berinvestasi kita jadi tertarik tanpa mengetahui seluk beluknya lalu kemudian kita investasi dan sialnya, kita rugi. Hal itulah yang menyebabkan pentingnya ilmu, research, dan mengetahui resiko dari produk investasi yang hendak kita beli. Jangan sekedar ikutan tren.
Alasan untuk perlunya saya rasa sudah dijelaskan beberapa oleh komentar diatas. Selain itu saya pikir ada investasi yang berguna selain investasi produk keuangan, yaitu investasi diri untuk menjadi yang lebih baik.

hmm, paas banget! aku baru aja dikasih untuk baca buku tentang belajar saham sama sepupu aku, semenjak baca buku itu bener bener aku disadari bahwa sebenarnya gaya menabung uang (IDR) sedikit demi sedikit itu malah nilainya akan berkurang disetiap tahunnya, beda dengan kita menanam investasi yang akan menguntungkan di tahun tahun kedepan. so, semakin cepat kita berinvestasi semakin banyak keuntungan yang akan didapatkan.

Sebenarnya memang lebih baik melakukan investasi sejak dari muda karena banyak manfaat yang bisa didapatkan. Kita lebih memiliki banyak waktu untuk mempelajari berbagai jenis investasi mulai dari kegunaan hingga besar kecilnya resiko. Memulai lebih awal meskipun sedikit demi sedikit, hasilnya akan menjadi bukit dalam beberapa tahun yang akan datang.

Adapun manfaat yang bisa didapatkan ketika memulai investasi sejak muda diantaranya ialah semakin paham mengalokasikan uang dengan tepat, memiliki pendapatan pasif, mencapai kebebasan finansial dan memiliki sumber penghidupan yang cukup di masa tua.

Namun, tidak ada keharusan untuk memulai di usia muda. Keputusan tergantung dari masing-masing setiap orang. Sebelum memulai investasi alangkah baiknya terlebih dahulu menyusun tujuan jangka panjang, cek kondisi keuangan lalu mengatur dana yang akan diinvestasikan, pilih jenis investasi yang sesuai dengan tujuan keuangan serta terus mempelajari instrumen investasi.

Alasan yang disebutkan di bawah ini menunjukkan bahwa investasi pada usia dini adalah ide bagus.

 • Lebih Banyak Waktu Pemulihan:

Jika Anda berinvestasi lebih awal dan mengalami kerugian, Anda memiliki lebih banyak waktu untuk menebus kerugian investasi. Padahal, seorang investor yang mulai berinvestasi pada tahap kehidupan selanjutnya, akan mendapatkan lebih sedikit waktu untuk memulihkan kerugiannya. Jadi dengan investasi awal, investasi Anda mendapat lebih banyak waktu untuk tumbuh nilainya.

 • Lebih Hemat:

Dengan investasi usia dini, Anda mengembangkan kebiasaan menabung lebih banyak. Semakin banyak Anda berinvestasi, semakin banyak yang Anda dapatkan di masa depan. Untuk mengikuti proses pemikiran itu, Anda cenderung menabung lebih banyak dengan memotong pengeluaran yang tidak perlu dan mengalihkan uang yang disimpan tersebut untuk investasi

Ya, sebaiknya anak muda sudah mulai melakukan investasi. Alasan kenapa anak muda sebaiknya juga harus segera investasi adalah karena semakin awal melakukan investasi, seiring berjalannya waktu nilainya akan terus naik. Jadi semisal umur 17 sudah investasi, maka nanti ketika akan menikah misalnya 10 tahun lagi, investasinya akan bertambah signifikan.Tak hanya untuk disimpan, investasi bagi anak muda juga bisa menambah penghasilan. Pastinya selalu ada keuntungan dari investasi asal kita melakukan dengan benar. Nah, keuntungan inilah yang bisa dimanfaatkan.

menurutku anak muda memang harus mulai melakukan investasi, bahkan mungkin seharusnya hal ini sudah menjadi pokok utama pembahasan di perkuliahan atau forum non-formal lainnya. karena investasi penting dilakukan mengingat keadaan perekonomian sekarang, anak muda harusnya memang diberikan pembekalan yang matang akan persiapan maa depannya. tidak hanya soal educational, spritual, atau pun moralnya saja melainkan juga aspek financial

Untuk pertanyaan harus mulai, jawabannya tidak harus.
Kita para mahasiswa/i yang memperoleh uang saku dari orang tua bisa berinvestasi, namun harus memiliki uang dingin. Uang yang tidak digunakan untuk kebutuhan, dan tidak akan diambil dalam waktu cepat. Uang dingin = uang yang dapat disimpan dan tidak digunakan waktu dekat, karena investasi adalah pemikiran jangka panjang.

Beda lagi dengan trader, atau trading.

menurut saya iya, sebab investasi merupakan salah satu pilihan atau cara dalam menabung. yang hasilnya memang tidak didapatkan sekarang tetapi nanti dimasa depan.
sehingga perlunya berinvestasi sedari sekarang yaitu sebagai bekal dikehidupan mendatang.

Menurut saya, investasi itu sendiri di zaman sekarang sangat mudah untuk dilakukan di zaman sekarang mengingat kemajuan teknologi yang kini semakin pesat dan ditambah kita bisa belajar seluk beluk dunia investasi, mulai dari investasi saham hingga investasi crypto dari sumber - sumber yang terpercaya di Internet seperti misalnya, dengan sering - sering update info mengenai konten - konten yang membahas tentang invstasi. Selain itu juga, aplikasi untuk belajar dan melakukan investasi pun kini sudah semakin banyak dan semakin mudah untuk digunakan bagi para anak muda masa kini serta modalnya pun tidak perlu besar - besar seperti zaman dulu. cukup dengan 100.000 rupiah saja misalnya, kita sudah memiliki bentuk investasi reksa dana.

Beragam manfaat dapat diraih dengan melakukan investasi seperti misalnya, kita belajar untuk mengelola keuangan dan juga dapat lebih mandiri dalam mempersiapkan keuangan kita di masa depan. Anggaplah jika berinvestasi itu sama saja dengan kita menabung uang di bank.

Tetapi, perlu diketahui juga jika dalam berinvestasi pun harus berhati - hati dan bagi para investor pemula diharapkan untuk mau terus belajar dalam mengembangkan skill - skill yang dibutuhkan dalam berinvestasi sepeti misalnya membaca fluktuasi pasar modal dan sebagainya supaya investasi yang kita lakukan dapat memberikan kita keuntungan yang maksimal dan di saat yang bersamaan meminimalisir segala jenis kerugian.

Menurut saya, sebagai generasi millenial memang saat ini merupakan waktu yang pas untuk melakukan investasi karena kita memiliki waktu yang cukup banyak untuk itu. Beberapa keuntungan yang dapat kita rasakan jika melakukan investasi mulai dari sekarang yaitu pertama, memiliki masa depan yang cerah. Saat sudah memasuki usia senja, fisik yang dimiliki sudah tidak mampu untuk bekerja. Sehingga, penghasilan semakin berkurang jika dibandingkan saat masa-masa produktif. Agar masalah tersebut tidak berakibat fatal, perlu untuk investasi sejak dini. Kedua, nilai kekayaan akan meningkat. Selain nilai kekayaan yang terus meningkat, begitupun dengan aset seperti gedung, properti, serta uang yang disimpan. Jika hari ini mulai melakukan investasi, berarti beberapa tahun ke depan modal awalnya semakin bertambah banyak pula.