Apakah aman menggunakan baking soda untuk kecantikan?

Padahal produk ini mengandung zat kimia seperti alkaline yang bersifat korosif. Maka, muncul pertanyaan-pertanyaan: Apakah baking soda aman diaplikasikan pada wajah? Apakah benar-benar bisa dimanfaatkan sebagai media perawatan kulit?

Disebut oleh Allwomenstalk, bahwa baking soda ternyata memang punya khasiat yang ampuh untuk merawat kecantikan kulit. Dimanfaatkan langsung dari dapur, perawatan yang murah meriah ini ternyata cukup memberikan hasil yang baik bagi beberapa orang.

Bisa dipakai apa saja sih baking soda itu?

  • Facial wash
    Baking soda ternyata bisa dijadikan facial wash sendiri. Caranya adalah mencampurkan 2 sdt baking soda dengan 1 sdt air hangat. Aduk perlahan hingga tercantum rata dan menjadi pasta. Kemudian aplikasikan di telapak tangan hingga sedikit berbusa, dan baru diaplikasikan di wajah dengan gerakan melingkar. Setelah itu, bilas wajah hingga bersih dengan air dingin.

  • Exfoliator
    Baking soda juga ampuh menjadi scrub wajah yang halus. Caranya adalah dengan mencampurkan 1 sdm baking soda dengan 2 sdt oatmeal dan sedikit air. Kemudian diaplikasikan di wajah sebagai scrub. Perlahan dengan gerakan melingkar dipijatkan di wajah. Maka sel-sel kulit mati akan ikut terangkat. Bilas dengan air dingin dan keringkan dengan cara menepuk-nepuk menggunakan handuk.

  • Menghaluskan kaki
    Apabila kaki Anda pecah-pecah dan kasar, maka Anda bisa menghaluskannya menggunakan baking soda. Caranya adalah dengan mencampurkan 3 sdm baking soda ke dalam air hangat di dalam ember. Kemudian rendam kaki selama 1,5 jam. Setelah itu gosok perlahan bagian tumit serta telapak kaki, dan rasakan kaki lebih halus dan lembut.

  • Merawat kuku
    Baking soda selain menghaluskan dan merawat kulit juga ampuh merawat kuku. Menghilangkan kutikel dan jamur di kuku bisa memanfaatkan baking soda. Caranya adalah tuang sedikit baking soda pada sikat gigi kemudian sikat setiap sisi kuku perlahan. Biarkan selama 10 menit kemudian baru dibilas. Jamur serta kutikelpun hilang.

Sumber