Apakah aman mencabut gigi susu sendiri tanpa bantuan dokter ?

Sering kali ketika kecil kita mencabut gigi kita sendiri karena sudah goyang , namun kadang gigi tersebut belum benar-benar goyang sudah dicabut. Apakah aman mencabut gigi tersebut tanpa bantuan alat medis ?

Perlu diketahui bahwa mencabut gigi, atau yang disebut dengan ekstraksi gigi oleh dokter gigi bukanlah sesuatu yang dapat dilakukan tanpa latihan. Pada umumnya, Anda lebih disarankan untuk membiarkan gigi hingga terlepas sendiri, atau Anda bisa menjadwalkan pertemuan dengan dokter gigi Anda. Biasanya dokter gigi dengan tim yang cukup terlatih dengan alat-alat khusus akan lebih kompeten untuk mencabut gigi yang bermasalah dibandingkan mencabut sendiri di rumah.

Peringatan Sebelum Mencabut Gigi

  • Jika Anda mencurigai adanya infeksi, segera temui dokter gigi. Infeksi yang tidak diobati dan berlangsung lama dapat menimbulkan risiko kesehatan yang lebih besar.
  • Mencabut gigi sangat berbeda dari merawat gigi yang rusak atau patah, baik gigi susu maupun gigi permanen. Jika gigi anak Anda rusak akibat terbentur (atau jatuh) dan terlihat patah, jangan ikuti petunjuk diatas.
  • Jika Anda sudah dewasa dan memiliki gigi goyang, segera temui dokter gigi. Mereka dapat mengetahui penyebabnya dan memberikan nasihat mengenai resiko jika Anda mencabutnya sendiri.

http://www.pakargigi.com/2015/08/cara-mencabut-gigi.html