Apakah aman jika kelinci mengalami obesitas?

image

Apakah aman jika kelinci mengalami obesitas?

Mengetahui Apakah Kelinci Anda Gendut


Menjadi gemuk berarti kelinci Anda memiliki lebih banyak lemak tubuh daripada yang sehat untuk ukuran tubuhnya. Setiap spesies kelinci memiliki serangkaian standar breed berbeda yang memberi tahu Anda berapa ukuran dan berat normal dari breed tersebut. Standar-standar ini harus digunakan sebagai pedoman untuk membantu Anda dan dokter hewan Anda menilai apakah kelinci Anda memiliki berat yang sesuai atau tidak.

Dengan memberikan skor kondisi tubuh kelinci Anda, Anda akan lebih baik untuk memantau berat kelinci Anda. Skor kondisi tubuh adalah angka yang berkorelasi dengan atribut fisik tertentu dan sebagian besar skala skor kondisi tubuh adalah satu hingga lima dengan tiga menjadi ideal. Kelinci yang bisa Anda rasakan tetapi tidak mudah melihat iga biasanya adalah tiga. Cara termudah untuk mengetahui apakah tulang rusuk terlalu menonjol (jika terlalu menonjol itu berarti kelinci Anda kurang berat) adalah membandingkan perasaan rusuk kelinci Anda dengan kepalan tangan Anda yang tertutup. Buat kepalan dengan tangan Anda dan rasakan buku-buku jari. Jika iga terasa seperti ini, kelinci Anda terlalu kurus. Sekarang rasakan jari-jari Anda (di mana cincin Anda biasanya duduk di tangan Anda) saat kepalan tangan Anda masih mengepal. Seperti itulah rasanya pada kelinci yang memiliki skor kondisi tubuh ideal. Jika Anda tidak dapat merasakan tulang rusuk kelinci Anda atau Anda harus mendorongnya dengan keras untuk merasakannya maka kelinci Anda kelebihan berat badan. Dokter hewan Anda dapat membantu Anda dengan proses ini jika Anda tidak yakin akan hal itu.

Mengapa Obesitas pada Kelinci Buruk?


Obesitas telah dianggap terkait dengan banyak penyakit termasuk myiasis, pododermatitis, toksemia kehamilan, dan bahkan ileus (stasis GI), antara lain. Penyakit-penyakit ini mungkin juga disebabkan oleh hal-hal lain, tetapi tidak ada pemilik hewan peliharaan yang penyayang yang mau secara sadar berkontribusi membuat kelinci mereka sakit.

Myiasis lebih sering disebut sebagai infestasi belatung. Karena kelinci yang kelebihan berat badan tidak dapat membersihkan diri mereka dengan benar, mereka lebih rentan memiliki area kotor pada tubuh mereka yang menarik lalat (terutama dubur). Lalat bertelur yang berubah menjadi belatung dan jika Anda tidak secara teratur memeriksa dan membersihkan kelinci Anda, ini bisa dengan mudah diketahui. Infeksi sekunder, luka yang tidak dapat diperbaiki, dan bahkan kerusakan internal dapat dilakukan oleh belatung.

Pododermatitis dikenal sebagai bumblefoot dan sering disebabkan oleh gaya hidup yang tidak banyak bergerak atau kelinci yang terlalu gemuk yang membuat terlalu banyak tekanan pada kaki mereka. Faktor yang berkontribusi bisa berupa permukaan yang kasar dan tidak bersih, tetapi peradangan biasanya dimulai karena tekanan pada kaki dan kaki dari kelinci yang gemuk. Bumblefoot menyakitkan dan bisa sulit untuk dirawat dan dibersihkan dan tanda-tanda pertama biasanya termasuk pincang.

GI stasis (ileus) adalah masalah yang paling umum pada kelinci peliharaan karena banyak penyebabnya. Obesitas dengan sendirinya mungkin tidak menyebabkan kelinci berhenti makan dan mengembangkan ileus tetapi karena semua masalah lain yang dapat dikaitkan dengan obesitas, sudah pasti pemain utama dalam permainan ileus.

Obesitas juga telah dianggap sebagai pemain kanker pada manusia sehingga mungkin ada konsekuensi yang lebih besar bagi kelinci peliharaan kita yang tidak kita ketahui.

Apa Yang Dapat Anda Lakukan untuk Mencegah dan Membalikkan Obesitas pada Kelinci?


Hal yang paling mudah dilakukan untuk mencegah obesitas pada kelinci adalah memberi makan jenis dan jumlah makanan yang tepat dan memberikan olahraga yang cukup. Rumput jerami sangat penting untuk kesehatan kelinci Anda dan harus menjadi bagian utama dari makanan mereka. Pelet dan camilan biasanya menjadi alasan kenaikan berat badan sehingga harus selalu dibatasi pada kelinci dewasa.

Makanan sehat seperti buah-buahan dan sayuran dapat dipesan sebagai hadiah dan hanya ditawarkan ketika Anda ingin memberikan sesuatu yang istimewa untuk kelinci Anda. Hindari makanan yang mengandung gula dan lemak seperti tetes yogurt biji bunga matahari dari toko hewan peliharaan, dan banyak jenis sereal. Sebagai gantinya, simpan stroberi atau wortel sebagai hadiah khusus untuk kelinci yang hanya mereka dapatkan dari Anda dan mereka akan berpikir itu sama baiknya dengan gula batu.

Biarkan kelinci Anda berlarian. Idealnya, kelinci tidak pernah dikurung tetapi memiliki “ruang” tahan-kelinci atau area tulisan besar untuk tinggal dan menjelajah. Ini tidak hanya akan membuat pikiran mereka terangsang tetapi juga akan membuat mereka tetap ramping dan bahagia. Jika Anda tidak punya pilihan selain mengurung kelinci peliharaan Anda, maka Anda masih bisa memberi mereka waktu untuk berolahraga. Harness untuk kelinci sering digunakan sebagai playpens untuk memastikan kelinci Anda tidak masuk ke area yang tidak aman. Mereka harus diizinkan setidaknya tiga jam waktu untuk bermain dan berolahraga jika mereka dibatasi pada siang hari. Ingat, kelinci berlari beberapa mil per hari di alam liar sehingga yang bisa kita lakukan hanyalah membiarkan mereka bermain di rumah kita selama beberapa jam.