Apakah ada yang hilang dari portret Jacques Marquet de Montbreton de Norvins karya Jean Auguste Dominique Ingre?

Jacques Marquet de Montbreton de Norvins karya Jean Auguste Dominique Ingre

image

Potret Kepala Napoleon 1811-12 di Roma oleh pelukis Neoclassical Prancis Jean-Auguste-Dominique Ingres ini memiliki bayangan bayangan wajah lain.

Hilangnya potret dada Penguasa Roma dalam portret Jacques Marquet de Montbreton de Norvins karya Jean Auguste Dominique Ingre

image

Potret Kepala Napoleon 1811-12 di Roma oleh pelukis Neoclassical Prancis Jean-Auguste-Dominique Ingres ini memiliki bayangan bayangan wajah lain. Tampak samar-samar di bagian kain tirai sebelah kiri, ada sebuah fitur kepala sedada dari seorang anak yang dapat dilihat, bahkan dengan mata telanjang.

Sejarawan seni juga melihat sesuatu yang serampangan tentang adanya patung Minerva di sebelah kanan, yang begitu jauh dari bingkai lukisan dan tampaknya seperti berupa tambahan. Mengingat kelalaian yang terburu-buru dan canggung dari sosok di sebelah kiri, gambar ini dianggap sebagai patung kepala putra Napoleon, yang dijuluki Penguasa Roma.

Pada 1814, saat Napoleon kehilangan kekuasaan, segala hubungan dengan Napoleon menjadi hal yang ketinggalan zaman bagi seorang pelukis potret. Maka, penutupan lukisan ini, yang mungkin tidak dibuat oleh Ingres sendiri, juga dianggap bermotif politik.