Apakah ada tips yang bisa mengobati post holiday syndrome?

tips mengobati post holiday syndrome

Setelah liburan, masa transisi kembali ke kehidupan nyata dengan segudang tugas dan tanggung jawab adalah hal yang berat. Pasalnya, kamu lagi dalam masa peralihan dari tempat baru yang membawamu kenyamanan hingga kembali ke “rumah” dan segudang pekerjaan. Nggak semua orang bisa melalui masa post holiday syndrome ini dengan baik. Tapi, apakah ada tips yang bisa mengobati post holiday syndrome?

1. Ambil satu hari santai
Menjelang kembali ke dunia nyata, biar kamu nggak kaget, ambilah satu hari lagi untuk cuti dan bersantai sebagai masa peralihan kembali ke kegiatan sehari-hari. Kalau kamu langsung masuk kantor, bisa-bisa pikiranmu yang baru ke-refresh udah langsung penat lagi. Pelan-pelan deh kembali ke keseharian. Gunain satu hari tersebut untuk menata kembali persiapan kerjamu esok hari. Bisa leyeh-leyeh di rumah, atau bahkan baca buku inspiratif.

2. Buat prioritas kerja sebelum lanjut bekerja
Saat kamu harus kembali ke kantor, jangan langsung bebanin dirimu dengan ngerjain setumpuk kerjaan. Mulailah pelan-pelan dengan membuat daftar list hal yang harus kamu kerjain. Mulai dari balas e-mail, tanda tangan, meeting dan berbagai hal lain. Setelah itu, tentuin prioritas kerjanya. Baru deh kamu bisa kerja pelan-pelan. Lebih nyaman tapi lebih terstruktur juga, kan?

3. Treat yourself
Setelah lepas dari kehidupan senang-senangmu setelah liburan, saat kembali ke kehidupan nyata, nggak ada salahnya untuk memanjakan dirimu biar terbiasa dan nyaman lagi dengan keseharian. Mulai dari pesan makan kesukaanmu sampai hangout bareng teman-teman. Jadi kamu terbiasa lagi walau berada di tengah-tengah kesibukan, kamu masih punya pelarian yang bikin kamu enjoy sehari-hari, kok!

4. Habiskan weekend pertama dengan bersenang-senang
Minggu pertama setelah liburan adalah minggu terberat. Makanya, kamu pantas kok mendapatkan hari terbaik di weekend pertama. Habisin hari liburmu dengan hangout dengan teman-teman segeng atau bahkan reuni dengan teman sekolah. Walaupun masih banyak kerjaan sisa cuti kemarin, tapi hindari ngerjainnya di saat weekend. Kalau kamu bisa enjoy ngelalui weekend pertama bareng teman-teman, kamu pasti bisa lebih cepat move on dari liburan kemarin.

5. Nggak ada salahnya untuk ngeliat foto-foto liburan kemarin
Biar post holiday syndrome-mu cepat sembuh, nggak ada salahnya kok untuk ngeliatin foto-foto liburan kemarin untuk mengenang masa-masa indah tersebut. Biasanya sih hal ini terjadi satu bulan pertama, lama-lama juga kamu bosan. Selanjutnya pasti kamu udah lebih bisa menyesuaikan diri.

Sumber: