Apakah ada tips untuk membantu menyusun rencana perjalan ke luar negeri pertama kali?

travelling

Kalau liburan ke luar negeri ini adalah yang pertama untukmu pasti ada kebingungan yang kamu alami. Pertanyaan yang paling sering ditanyakan adalah apa saja yang harus disiapkan. Enggak susah kok pergi ke luar negeri asalkan kamu sudah menyiapkan semuanya. Apakah ada tips untuk membantu menyusun rencana perjalanan ke luar negeri pertama kali?

1. Membuat passport
Passport adalah hal penting yang harus kamu urus sesegera mungkin. Bisa dibilang passport ini seperti kunci kemana saja yang bisa membawamu ke negara-negara yang belum pernah kamu kunjungi. Passport sangat dibutuhkan mulai dari beli tiket sampai nanti check in di hotel. Sekarang enggak susah membuat passport kamu bisa langsung mendaftar online dan mengisi data-data yang diperlukan sebelumnya. Tapi jangan lupa untuk menyiapkan dokumen pendukung seperti ijazah terakhir, kartu keluarga, akte lahir, KTP, dan persyartan lainnya. Oh ya kalau memang memungkinkan kamu bisa nih memilih E-Passport yang akan memberikanmu banyak kemudahan.

2. Mengurus Visa
Kadang kala mengurus Visa masih menjadi ketakutan tersendiri bahkan untuk orang-orang yang sudah bolak balik ke luar negeri. Kamu yang baru pertama kali ke luar negeri juga pasti punya ketakutan kalau Visa akan ditolak. Visa ini digunakan untuk pergi ke banyak negara di dunia karena Indonesia belum banyak mendapatkan hak istimewa bebas Visa. Kamu yang berpergian ke sekitar Asia Tenggara seperti Singapura, Malaysia, dan Thailand tidak perlu pusing mengurus Visa. Sedangkan kamu yang ingin ke Korea, Jepang, Australia, Eropa, dan Amerika memerlukan Visa. Setiap negara memiliki ketentuan dan persyartan tersendiri soal Visa jadi cobalah untuk mencari tahu terlebih dahulu. Kalau bingung kamu juga bisa mengajukan Visa dengan bantuan biro perjalanan.

3. Memesan penginapan
Walaupun kamu tipe traveller yang bebas dengan gaya mengalir seperti air yang namanya pergi ke luar negeri itu tetap berbeda. Kamu wajib memesan penginapan jauh-jauh hari jangan sampai kamu bisa kesana tapi bingung harus tidur di mana. Penginapan ini bisa disesuaikan dengan budget kok kalau kamu ke sana dengan budget mepet kamu bisa memilih hostel, couchsurfing, atau Air B n B. Intinya penginapan itu sama pentingnya dengan tiket penerbangan dan mengurus Visa. Beberapa negara juga mewajibkan mencantumkan alamat menginap selama berpergian sebagai syarat pengajuan Visa.

4. Pelajari negara tujuan
Kalau perjalanan pertamamu ini untuk bekerja mungkin kamu enggak terlalu memikirkan karena pasti kantor sudah mengatur semuanya. Nah berbeda dengan kamu yang pergi liburan kamu harus nih mengenali negara tujuanmu. Tujuannya supaya kamu lebih siap dan enggak melakukan kesalahan pas sampai di negara tujuan. Enggak lucu kan kalau kamu packing kaos-kaos tipis eh pas sampai ternyata lagi musim dingin. Mempelajari negara tujuan ini juga membuatmu lebih hemat waktu selama berada di negara tujuan. Oh ya jangan lupa untuk mempelajari kebiasaan dan aturan di negara tempatmu berlibur ya.

5. Cari tahu apakah perlu melakukan vaksin
Di beberapa negara kamu perlu melakukan vaksin-vaksin tertentu untuk mencegah sebuah penyakit. Misalnya saja jika orang luar ingin berlibur ke Indonesia mereka harus melakukan vaksin malaria. Mencari tahu soal ini juga sangat penting jangan sampai kamu malah enggak happy pas liburan di sana karena sakit.

Sumber: