Apakah ada tips untuk mahasiswa yang ingin traveling dengan uang sendiri?

travelling

Bagi sebagian mahasiswa, travelling ke luar negeri masih menjadi hal yang mewah. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk mahasiswa bisa travelling ke berbagai negara apalagi dengan menggunakan uang sendiri. Tapi apakah ada tips untuk mahasiswa yang ingin traveling dengan uang sendiri?

Untuk mahasiswa yang ingin jalan-jalan ke luar negeri, berikut tipsnya:

  1. Hal pertama yang harus Anda miliki adalah paspor. Anda dapat membuat pasport di kantor imigrasi terdekat.

  2. Carilah tiket-tiket murah dari maskapai yang sedang memberikan promosi. Selain itu, Anda juga harus memesan tiket jauh sebelum keberangkatan.

  3. List semua barang yang Anda butuhkan dan pastikan tidak ada yang tertinggal. Jangan membawa banyak barang tidak penting karena akan membuat koper Anda berat, seperti membawa baju terlalu banyak. Hal ini juga untuk mengantisipasi beli bagasi tambahan saat Anda membawa banyak oleh-oleh dari sana.

  4. Jika Anda traveler pemula, bisa mengunjungi negara-negara Asia Tenggara yang bebas visa. Hal ini dapat menghemat budget Anda.

  5. Jika Anda minim budget, ajak teman-teman untuk travelling bersama. Anda dapat menghemat ongkos saat jalan-jalan karena ongkos ditanggung bersama.

  6. Tukarkan mata uang rupiah ke mata uang dolar. Selain menghindari kerepotan mencari money changer, juga menghindari kerugian. Hal ini karena kurs mata uang rupiah biasanya akan bernilai lebih rendah di negara tujuan.

  7. Pesanlah hotel sebelum Anda berangkat. Disarankan memesannya melalui aplikasi online karena lebih murah.

  8. Buat rencana perjalanan serinci mungkin. Sebelumnya Anda harus mencari informasi sebanyak mungkin tentang negera tujuan Anda.

  9. Jagalah barang-barang bawaan Anda dengan baik. Jangan sampai barang bawaan Anda tertinggal atau dicuri orang lain. Anda tentu tak ingin perjalanan yang seharusnya menyenangkan menjadi kacau.

Sumber: