Apakah ada tips travelling murah dan mudah ke Dubai?

Dubai

Liburan ke Dubai yang serba wow adalah impian semua traveler, tak terkecuali buat mereka para pencinta liburan hemat. Apalagi jika liburannya tidak perlu harus menguras isi kantong dalam-dalam. Negara yang memiliki bangunan prestisius dan rekor dunia ini menawarkan berbagai pengalaman tak terlupakan, seperti menikmati bangunan tinggi sejagad atau pemandangan menawan hotel termahal di dunia. Tetapi, ternyata liburan ke Dubai itu tidak semahal yang kita bayangkan, lho! Kita tetap bisa kok liburan murah dan mudah ke salah satu negara terkaya di dunia ini jika mengetahui trik menuju kesana. Apakah ada tips travelling murah dan mudah ke Dubai?

1. Tiket Pesawat ke Dubai
Transportasi pesawat merupakan porsi terbesar dari pengeluaran lainnya jika ingin berkunjung ke Dubai. Mengandalkan penerbangan langsung dari Jakarta menuju Dubai sekitar 8-9 jam penerbangan, menyebabkan harga tiket menuju Dubai pun selalu melangit. Tetapi jangan khawatir, dengan perencanaan yang matang dan membeli tiket minimal 4 bulan sebelum berangkat merupakan salah satu strategi menemukan tiket dengan harga yang cukup realistis ke Dubai. Belum lagi memanfaatkan maskapai Low Cost Carrier dari negara tetangga, seperti Cebu Pacific Airlines milik Filipina. Apalagi setiap tahunnya maskapai ini mengeluarkan promo penerbangan seharga 1 peso (sekitar Rp 300) sebelum pajak dan biaya service bandara , dan Dubai merupakan salah satu destinasi yang ditawarkan oleh maskapai ini. Kebayang kan, betapa murahnya tiket pesawat ke Dubai jika mendapatkan promonya? Bahkan, jika beruntung mendapatkan promonya, tiket Jakarta-Dubai dengan transit Manila pun bisa dibeli dengan harga dibawah 1.5 juta untuk pulang pergi, lho!

2. Penginapan
Di Dubai, penginapan menjadi bagian kedua dengan porsi biaya terbesar setelah tiket pesawat. Jangan khawatir untuk berkunjung ke Dubai, jika ingin mendapatkan harga penginapan murah, datanglah saat musim panas (sepanjang bulan Mei-September). Biasanya pada bulan ini penginapan yang ada pun memberikan harga relatif terjangkau buat para traveler meskipun memang suhu udara di Dubai cukup menyengat kulit. Jika tidak ingin menginap di hotel, maka pilihan apartemen atau hostel pun bisa menjadi bahan pertimbangan untuk mendapatkan penginapan murah di Dubai. Salah satu penyedia layanan booking apartemen dan hostel di Dubai bisa dilakukan melalui Airbnb. Atau, kamu juga bisa menginap secara gratis di Dubai, caranya adalah dengan melakukan couchsurfing dan tinggal di rumah warga lokal.

3. Transportasi
Usahakan untuk tidak menggunakan taksi jika kamu ingin berjalan-jalan mengelilingi Dubai. Hal ini karena biaya taksi di Dubai yang cukup mahal. Kamu bisa mencoba menggunakan “Metro” Dubai yang terintegrasi dengan bis kota. Setiba di bandara, sebaiknya belilah “Nol Card”, yaitu sejenis kartu elektronik yang berisi saldo untuk digunakan di Metro maupun bis kota yang ada di Dubai. Ada beberapa pilihan tipe kartu yang dikeluarkan oleh “Nol Card”. Tetapi jika kamu berlibur di Dubai lebih dari 3 hari, pilih tipe kartu “silver” yang dapat dilakukan pengisian saldo disetiap stasiun Metro. Kartu ini pun bisa digunakan untuk perjalanan antar negara bagian seperti Dubai-Abu Dhabi. Ingat, pilihlah jenis kartu sesuai kebutuhan.

4. Makanan & Minuman
Layaknya liburan ke suatu daerah, tidak lengkap rasanya jika tidak melakukan wisata kuliner dan Dubai menawarkan berbagai jenis makanan dari seluruh dunia. Makan di café atau pun di restauran yang ada di Mall (Dubai Mall dan Emirate Mall) ternyata cukup menguras kantong. Memang sangat disayangkan jika tidak bisa menikmati kuliner sesuai harga yang diharapkan. Tetapi jangan khawatir, untuk menikmati wisata kuliner di Dubai, pilihlah kedai atau warung makan yang ada dipinggir jalan, selain itu pula beberapa supermarket ternama seperti Carefour pun menyediakan food court dengan pembelian dalam kilogram, silahkan pilih makanan sesuai yang diinginkan dan biasanya harga makanan yang ditimbang ini jauh lebih murah dibandingkan dengan makan di food court Mall.

5. Obyek Wisata Gratis
Meskipun terkenal sebagai negara yang serba mahal, tetapi ada beberapa tempat yang layak untuk dikunjungi tanpa harus membayar tiket masuk, salah satunya adalah menikmati “The Dubai Fountain” yang berada tepat di depan bangunan tertinggi di dunia, Burj Khalifa. “The Dubai Fountain” sendiri merupakan atraksi air mancur menari di mana gerakan airnya mengikuti setiap nada dari musik yang mengiringinya. Setiap malam, atraksi ini dipenuhi para traveler. Selain itu, Pantai Jumeirah juga menawarkan wisata air gratis. Di sini, pengunjung bisa berenang di laut atau hanya sekedar menikmati matahari terbenam tanpa perlu membayar tiket masuk.

Sumber: