Apakah ada tips liburan hemat ala mahasiswa?

travelling
Bicara tentang liburan akhir semester, pastinya kamu ingin menghabiskan waktu liburan dengan mengunjungi sanak saudara, jalan-jalan, travelling, atau hal menarik lainnya. Momen liburan ini pasti tidak akan dilewatkan begitu saja oleh kamu (apalagi yang statusnya masih mahasiswa) hanya dengan bermalas – malasan di rumah. Tapi sebagai mahasiswa yang belum memiliki penghasilan alias masih minta orang tua, pastinya dana akan menjadi salah satu yang paling dipikirkan. Maka dari itu, Apakah ada tips liburan hemat ala mahasiswa?

1. Tentukan tempat tujuan liburan
Sebagai mahasiswa, kita pastinya harus tahu apa tujuan dan kegiatan apa saja yang akan kita lakukan saat musim liburan nanti. Menentukan tempat tujuan liburan menjadi hal yang paling penting sebelum kita berliburan. Hal ini perlu menjadi pusat atau prioritas kita, sehingga kita memiliki liburan yang terarah dan sudah terencana agar kita dapat melakukan persiapan yang lebih baik dan pastinya sih bisa menghemat biaya. Pilihlah tempat tujuan liburan yang juga sesuai dengan keadaan keuanganmu ya, guys !

2. Menabung
Setelah kalian sudah memiliki tempat tujuan liburan, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menabung. Caranya pun nggak sulit, kok. Mulailah untuk menyisihkan sebagian uang bulanan dan mengurangi pengeluaran kamu. Ingat, memanajemen keuangan kamu juga perlu dilakukan untuk mendapatkan liburan yang kamu inginkan. Ini penting! Banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk menabung, kamu bisa menabung di celengan, mengikuti arisan mahasiswa, atau membuat tabungan dengan teman dekatmu di kampus.

3. Mencari tiket promo atau memesan jauh hari
Salah satu pengeluaran terbesar saat merencanakan liburan adalah tiket perjalanan. Bagi kamu yang ingin berlibur ke luar kota atau mungkin ke luar negeri, memesan tiket jauh – jauh hari adalah hal yang wajib dilakukan agar liburan dapat berjalan sesuai jadwal yang direncanakan. Carilah tiket yang relatif murah dan yang pastinya sesuai budget yang telah kamu siapkan. Atau bisa juga, kamu gunakan promo – promo tiket yang biasanya bermunculan saat musim liburan. Hal ini adalah salah satu cara memanajemen keuangan liburanmu.

4. Memanfaatkan relasi
Tempat penginapan juga sangat penting bila kamu ingin berlibur ke tempat yang relatif jauh. Carilah juga tempat penginapan yang murah, aman, dan juga nyaman yang sesuai dengan kantong sobat mahasiswa. Bila perlu manfaatkan relasi yang ada seperti keluarga, sahabat, atau siapapun yang kamu kenal. Hal ini tentunya akan sangat membantu sobat mahasiswa untuk menekan pengeluaran. Carilah relasi yang dekat dengan tempat tujuan liburan kamu, sehingga budget yang seharusnya kamu gunakan untuk penginapan dan makan dapat diminimalisir. Bahkan, kamu juga dapat meminjam kendaraan keluarga atau teman di tempat kamu menginap untuk memperkecil biaya transportasi kamu berjalan-jalan.

5. Liburan saat low season
Usahakanlah untuk tidak berlibur di musim liburan umum atau high season seperti libur sekolah, libur Idul Fitri, libur tahun baru, dan sebagainya, sebab hal itu akan cenderung ramai serta harga – harga transportasi, makan, dan destinasi wisata juga akan naik. Pastinya hal ini akan sedikit mengganggu kamu dalam menikmati destinasi wisata, kan? Tapi beruntungnya libur anak kuliahan tidak bersamaan dengan libur semester anak sekolahan pada umumnya. Jadi hal itu cukup membantu.

6. Membuat daftar oleh – oleh
Oleh – oleh tentunya hal yang identik dengan yang namanya liburan. Biasanya sanak saudara atau teman dekat seringkali meminta oleh – oleh sebagai cinderamata liburan. Maka buatlah daftar oleh – oleh yang kan kita beli dan daftar orang yang akan kita bawakan. Pilihlah orang – orang terdekat saja untuk menghindari budget yang berlebihan dan sesuai kan dengan kondisi kantong sendiri.

Sumber: