Apakah ada tips dan trik liburan asyik dan ga bikin kantong jebol?

travelling

Jenuh sama rutinitas sehari-hari? saatnya ambil cuti dan liburan nih. Eiittss…Tapi inget ya, kalian juga harus pintar mengatur keuangan kalian. Jangan sampai uang gaji kalian yang sudah dialokasikan untuk hal lainya jadi terpakai juga. Nah, biar liburan kalian tetap asyik dan juga hemat, Apakah ada tips dan trik liburan asyik dan ga bikin kantong jebol?

1. Survei secara detail
Langkah awal yang harus dilakukan adalah survei tempat yang akan kalian datangi. Hali ini penting karena akan membantu kalian memiliki bayangan soal berapa banyak budget yang harus kalian siapkan. Siapkan juga berbagai keperluan lainya sebelum berangkat. Semisal tempat menginap, tempat yang akan dikunjungi, dan juga tempat makan agar kegiatan kalian semakin lancar.

2. Siapkan uang cadangan
Walaupun kalian sedang liburan hemat, kalian harus tetap mempersiapkan uang cadangan ya! Jangan sampai kalian kehabisan uang dan tidak bisa kembali ke rumah. Tetapi ingat, uang itu hanya untuk keadaan darurat. Tetap stay pada rencana awal budget awal di tahap survei tadi ya!

3. Pilih transportasi yang paling efisien
Transportasi adalah salah satu point yang harus kalian perhatikan. Selama kalian bisa menggunakan transportasi yang murah usahakan jangan memaksakan menggunakan yang mahal. Untuk contoh perjalanan dari Jakarta atau Bandung ke Jogja akan lebih murah ditempuh dengan kereta atau bus dibanding pesawat walaupun waktu sampainya lebih lama. Tak apa lama, yang penting pengalaman liburannya kan?

4. Gunakan kendaraan pribadi
Masih masalah transportasi. Kenapa point ini dipisahkan, karena mobil atau motor pribadi memiliki beberapa kelebihan lain dibanding kendaraan umum seperti kereta dan bus. Dengan menggunakan mobil pribadi kalian bisa menekan pengeluaran. Untuk bahan bakar kalian bisa patungan bersama teman-teman kalian dan juga bisa banyak beristirahat di berbagai tempat yang kece untuk sekedar berfoto. Asyik kan!

5. Pilih waktu yang tepat
Pilihlah waktu yang tepat untuk liburan. Kalau bisa jangan ketika musim liburan, karena biasanya penginapan dan juga para penjual oleh-oleh akan menaikan harga daganganya di musim liburan. Tetap bagi kalian yang hanya memiliki waktu di musim liburan ini tenang saja. Kalian bisa tetap mendapatkan tempat menginap dan belanja yang murah dengan melakukan survei secara mendetail soal temapt menginap dan berbelanja terlebih dahulu sebelum memulai liburan kalian.

6. Layanan tambahan
Perhatikan juga promo-promo yang ditawarkan tiap-tiap tempat liburan yang akan kalian datangi. Seperti contoh ketika sebuah pebginapan ada promo menginap 2 malam gratis 1 malam akan lebih menguntungkan dan hemat untuk kalian. Atau ketika kalian makan ada promo buy 2 meals free 1 drink akan sangat membantu menghemat keuangan kalian. Nah, ini juga salah satu kegunaan dari survei yang mendetail.

7. Pilih liburan domestik
Kalian tidak perlu liburan keluar negeri ketika kalian belum sepenuhnya menjelajah Indonesia. Banyak hidden paradise yang ditawarkan Indonesia lho. Jadi kalian tetap bisa liburan kece dengan harga lokal, guys. Beberapa contoh tempat liburan lokal yang bisa kalian pilih adalah Flores, Lombok, Bali, Papua, ataupun Jogjakarta. Semua tempat tersebut memiliki keindahannya sendiri dan banyak menarik minat wisatawan domestik serta mancanegara untuk berkunjung.

Sumber: