Apakah ada tanaman yang dapat menyerap polutan selain Sri Rejeki?

Tanaman Sri Rejeki yang berasal dari genus Aglaonema dikenal dapat menyerap Polutan yang berada disekitarnya. apakah ada tanaman selain Sri Rejeki yang dapat menyerap polutan dan cocok untuk ditanam di taman yang berukuran sempit?

1 Like

Sansevieria atau yang lebih dikenal dengan lidah mertua adalah marga tanaman hias yang cukup populer sebagai penghias bagian dalam rumah karena tanaman ini dapat tumbuh dalam kondisi yang sedikit air dan cahaya matahari. Sansevieria mempunyai manfaat lain di samping keindahannya yaitu mempunyai kemampuan menyerap gas polutan (gas udara yang berbahaya). Dua manfaat tersebut saling terkait baik dalam bentuk keindahan (estetika), dan kesehatan yang diwujudkan dengan cara menanam tanaman sansevieria di dalam ruangan ( indoor ). Jika tanaman diletakkan di dalam rumah atau ruang kantor, akan berfungsi sebagai penyaring kotoran, bau atau gas polutan yang ada dalam ruangan dan menjadikan udara bersih, sehingga sangat baik untuk kesehatan. Tanaman juga berfungsi sebagai keindahan ruangan yang menjadikan suasana ruangan terasa segar dan nyaman.

Penyerapan gas polutan oleh tanaman sansevieria mempunyai kemampuan memberikan kesegaran udara pada ruangan yang terkena polusi gas beracun seperti karbon monoksida (CO), yang dikeluarkan oleh asap rokok. Keistimewaan lain sansevieria adalah mampu menyerap bahan-bahan beracun, seperti karbon dioksida (CO2), benzene, formaldehyde, dan trichloroethylene.

lidah mertua 2

Referensi

Rosha, P. T. 2013. Pemanfaatan Sansevieria Tanaman Hias Penyerap Polutan Sebagai Upaya Mengurangi Pencemaran Udara di Kota Semarang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa . 3(1): 1-6.

2 Likes

TANAMAN HIAS PENYERAP POLUTAN

Terdapat beberapa tanaman hias yang mampu menyerap polusi udara selain tanaman sri rejeki. Adapun tanamanya adalah sebagai berikut:

1. Bunga Krisan (Chrysanthemum)
Bunga Krisan atau bisa disebut dengan Bunga Seruni adalah bunga wangi dan cantik beragam warna seperti merah, kuning, ungu, putih dan oranye. Bunga Krisan atau Seruni mempunyai keunggulan yaitu kemampuannya dalam menyerap berbagai zat berbahaya seperti benzena, formalin/formaldehyde, amonia, dan xylene. Keindahan warna, aroma dan manfaat dari bunga Krisan membuat bunga ini cocok ditempatkan sebagai tanaman hias di dalam rumah ataupun area taman.

2. Bunga Peace Lily (Spathiphyllum)
Meskipun bernama Lily, sebetulnya bunga ini berbeda jenis dengan Bunga Lily yang sebenarnya. Bunga Peace Lily memiliki kemampuan menyerap zat-zat berbahaya dalam udara seperti formaldehid, benzena, trichloroethylene, toluena, dan xilena. Di banyak tempat, Bunga Peace Lily dijadikan penghias ruangan dalam rumah atau kantor karena bunga ini tidak memerlukan banyak sinar matahari.

3. Bunga Suplir
Bunga suplir merupakan salah satu jenis tumbuhan paku yang cukup populer sebagai tanaman hias di dalam ruangan ataupun di taman. Selain tanaman hias, suplir banyak dipilih karena manfaatnya sebagai penyerap racun di udara agar terasa lebih bersih dan segar.

4. Bunga Aster Gerbera
Bunga aster gerbera yang sangat cantik warnanya ini ternyata memiliki khasiat lain yang cukup bagus terutama bagi penderita insomnia. Kemampuannya yang baik dalam menghasilkan oksigen juga akan sangat berguna untuk membantu tidur lebih baik bagi para penderita gangguan pernafasan. Tak hanya itu, bunga cantik ini telah sejak lama dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan minyak wangi, sabun, dan kosmetik. Jadi, selain udara lebih bersih dan segar, rumah pun nampak semakin cantik dengan memelihara bunga aster garbera ini.

Referensi

https://www.99.co/blog/indonesia/tanaman-hias-penyerap-racun/

Mengutip situs ACS, penempatan rumput dan tanaman hijau lainnya secara langsung dapat mengurangi konsentrasi nitrogen dioksida (NO2) sebanyak 40 persen dan material partikel mikroskopis sebesar 60 persen, jauh lebih banyak dari yang diyakini sebelumnya. Polusi udara diketahui mampu menyebabkan berbagai penyakit serius seperti kanker paru-paru dan pneumonia. Asma, infeksi saluran pernapasan, dan alergi juga bisa muncul akibat polusi udara. Tak hanya di jalanan atau perkampungan padat, polusi udara ada di mana-mana, baik di luar maupun dalam ruangan. Untuk mengatasinya, penanaman tanaman di sekitar hunian bisa jadi pilihan. Mengutip situs Green Ribbon dan Better Homes and Gardens, ada beberapa tanaman yang bisa di tanam untuk membantu mengatasi polusi udara.

  1. LIDAH MERTUA


    Lidah mertua memiliki kemampuan menyerap 107 polutan termasuk karbondioksida, benzena, formaldehida, dan thrycholoetyren sehingga membuat udara menjadi bersih. Selain itu tanaman satu ini juga bagus ditaruh dekat barang elektronik seperti televisi, komputer, atau handphone karena bisa menyerap radiasi dari barang barang tersebut. Lidah mertua memiliki bentuk yang cantik dan mudah dalam perawatannya tidak membutuhkan banyak air dan matahari. Jika ruangan sesak penuh karbondioksida, nikotin, atau efek penggunaan AC maka Anda wajib meletakkan tanaman yang juga bisa digunakan menghias ruangan ini. Tanaman yang memiliki nama latin Sanseviera ini menyerap karbondioksida di siang hari dan mengeluarkan oksigen di malam hari kebalikan dari mayoritas tanaman. Sebagai tanaman pembersih udara lidah mertua juga mampu menghilangkan gas metanal di udara.

  2. ENGLISH IVY


    English Ivy termasuk ke dalam tanaman hias merambat yang biasanya dimasukkan ke dalam pot kemudian di gantung. Tanaman yang memiliki nama latin Hedera Helix ini dapat menyerap polutan formaldehida sehingga membuat udara sekitar tanaman menjadi bersih. Selain itu, tanaman pembersih udara ini jika diletakkan di dalam kamar mandi juga dapat menyerap urea penyebab bau tak sedap sisa urin dan feses. Namun, harus berhati hati jika memiliki anak kecil karena tanaman yang biasa disebut sirih gading ini memiliki daun yang beracun jika tertelan manusia. Tanaman ini memiliki masa hidup yang panjang dan perawatan yang mudah, hanya perlu menyiramnya satu atau dua kali sehari.

  3. PEACE LILY


    Tanaman ini memiliki keunggulan dapat meningkatkan kebersihan udara di ruangan hingga 60%. Selain itu, tanaman yang cukup indah untuk dijadikan tanaman hias ini dapat menyerap spora jamur melalui daunnya kemudian menjadikannya makanan ketika sudah sampai ke akar sehingga dapat membuat rumah lebih bersih dari spora jamur. Jika kamar mandi Anda terasa banyak jamur dan lumut bisa menaruh tanaman pembersih udara ini di kamar mandi karena dapat menyerap aseton dan alkohol serta jamur dan lumut.

  4. PAKIS BOSTON


    Pakis merupakan salah satu tanaman favorit untuk dijadikan tanaman hias yang ditanam di rumah, tak terkecuali dengan salah satu jenisnya yaitu pakis boston. Tanaman satu ini dapat bertindak sebagai pelembab udara sehingga cocok untuk Anda yang memiliki masalah kesehatan berkaitan dengan udara kering. Selain itu, tanaman ini juga dapat menghilangkan formaldehida yang ada di sekitar ruangan.

  5. LIDAH BUAYA


    Tanaman lidah buaya sudah tidak asing lagi di telinga kita, tanaman yang satu ini memiliki berbagai manfaat di berbagai bidang seperti kesehatan dan kecantikan. Salah satu manfaat tanaman ini jika di tanam adalah dapat membersihkan udara sekitar. Lidah buaya dapat membantu membersihkan udara dari benzena yang biasanya tertempel karena cat rumah atau pembersih berbahan kimia. Ketika jumlah racun berbahaya terlalu banyak di udara tanaman pembersih udara ini akan menunjukkan reaksi bintik bintik cokelat pada daunnya. Lidah buaya yang sehat adalah yang banyak mendapatkan sinar matahari setiap harinya.

  6. SPIDER PLANT


    Spider plant juga biasa disebut dengan tanaman laba laba merupakan tanaman yang biasa ditanam sebagai tanaman hias di pekarangan. Tanaman ini sangat bagus untuk menghilangkan racun yang ada di udara, hanya dengan penanaman 2 hari 90% udara kotor yang ada akan menghilang. Tanaman ini cocok ditanam oleh Anda yang alergi terhadap debu. Sebagai tanaman pembersih udara spider plant dapat membersihkan polutan berupa karbon monoksida, xilena, formaldehida, dan benzena.

  7. BUNGA KRISAN


    Bunga krisan selain indah jika ditanam juga memiliki manfaat untuk membersihkan udara sekitar, bunga ini dapat menyerap racun benzena akibat pembersih dengan bahan kimia, cat, plastik, dan lem. Bunga krisan yang juga memiliki nama lain bunga seruni ini sangat menyukai matahari sehingga bagus Anda gantung di teras rumah.

  8. HEART LEAF PHILODENDRON


    Heart Leaf Philodendron merupakan tanaman hias yang bagus untuk pembersihan udara karena dapat menghilangkan formaldehida. Akan tetapi Anda harus berhati hati karena tanaman pembersih udara yang satu ini beracun sehingga harus dijauhkan dari anak anak atau binatang.

  9. BUNGA ANTHURIUM


    Bunga Anthurium memiliki bentuk yang indah dan cantik untuk dijadikan tanaman hias di rumah Anda. Tanaman ini juga mampu membersihkan udara karena daun gelapnya efektif menghilangkan zat amonia, formaldehida, toluena, serta xilena. Tanaman ini sangat bagus ditaruh di ruang kerja atau tempat yang dekat printer, mesin fotokopi, atau lem.

Referensi

femaleradio.co.id

https://femaleradio.co.id/female-info/female-lifestyle/8882-yuk-kurangi-polutan-udara-dengan-10-tanaman-ini

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tanaman hias secara umum terbukti dapat membersihkan udara di dalam ruangan secara efektif. Berdasarkan penelitian NASA, menunjukkan bahwa tanaman secara efektif dapat membantu mengurangi bahan/senyawa kimia dan menyaring udara kotor atau polutan. Umumnya, meletakkan tanaman hias di dalam ruangan dapat meningkatkan kelembaban ruangan, menurunkan particulate matter (debu), serta mengurangi partikel udara yang berpotensi memicu alergi. Adapun pemilihan tanaman hias yang dapat digunakan untuk mengurangi polusi bergantung pada kemampuan dari jenis tanaman hias tersebut dalam menyerap polusi. Sebab, tidak semua tanaman hias dapat dijadikan solusi yang efektif. Penelitian Beberapa tanaman hias yang dapat dimanfaatkan untuk mengurangi polusi udara terutama dalam ruangan adalah:

  1. Spider Plant (Chlorophytum comosum), berdasarkan hasil penelitian NASA, tanaman hias spider plant terbukti mampu menyerap 96% karbon monoksida dalam lingkungan yang terkendali selama 24 jam. Sehingga, spider plant menjadi tanaman yang paling efektif untuk mengurangi polusi dalam berbagai penelitian.
  2. Areca Palm atau butterfly palm (Dypsis lutescens), tanaman hias tergolong tanaman yang cepat tumbuh. Areca palm ini mampu meningkatkan kelembaban udara dan mengurangi polusi yang ada di udara.
  3. Bamboo Palm (Chamadorea elegans), tanaman hias ini termasuk ke dalam tanaman hias yang mudah dirawat. Sama halnya areca palm, tanaman ini mampu meningkatkan kelembaban udara dan mengurangi polusi udara.



Urutan gambar: Spider Plant (kiri), Areca Palm (tengah), Bamboo Palm (kanan)

Referensi

Kale, Kunal. (2013). Genus Chlorophytum Ker Gawl.: Medicinally important plant from Ancient Indian literature (Ayurveda). International Journal of Ayurvedie and Herbal Medicine. 3(3): 1201-1211.
Kobayashi, D. K, A. J. Kaufman, J. Griffis, and J. McConell. (2007). Using Houseplants to Clean Indoor Air. Ornamentals and Flowers. OF-39.

lidah mertua. lidah mertua dapat menyerap polutan dengan baik. Lidah mertua memiliki efektifitas sebagai tanaman anti polusi, karena lidah mertua memiliki jumlah klorofil yang banyak dan kerapatan stomata yang tinggi. Apabila gas beracun masuk ke dalam stomata, maka polutan tersebut akan terikat dan menggantikan Mg pada bagian klorofil. Proses pengikatan logam berat ini juga dibantu oleh mikroba seperti Rigidoporus microporus yang berada di akar lidah mertua. Keefektifan lidah mertua ini telah diuji dengan berbagai metode, salah satunya adalah dengan metode ekstraksi. Metode ekstraksi dilakukan dengan meletakkan tanaman lidah mertua dan tanaman lain sebagai pembanding di tempat yang telah diberikan polutan. Setelah dibiarkan beberapa lama, kedua tanaman tersebut diekstrak untuk dilihat efektifitasnya dalam mengurangi polutan. Penelitian NASA juga membuktikan bahwa tanaman lidah mertua mampu menyerap 107 racun dan polutan.

Tanaman Kenanga
images (1)
Tanaman kenanga ini diketahui dapat berperan dalam menyerap CO2 (karbon dioksida), NOx (nitrogen oksida), dan juga dapat menahan serta menyaring debu. Selain dapat banyak manfaat untuk penyerap polutan, tanaman ini juga memiliki nilai estetikanya, sehingga tanaman ini bisa dijadikan salahsatu pertimbangan jika ingin menanam tanaman sekaligus mendapatkan benefit lain untuk kebersihan udara

Referensi

Martuti, Nana Kariada Tri. 2013. Peranan Tanaman terhadap Pencemaran Udara di Jalan Protokol Kota Semarang. Jurnal Biosaintifika 5 (1).
Kurniawan, Hendra., Alfian, Rizki. 2010. Konsep Pemilihan Vegetasi Lansekap pada Taman Lingkungan di Bunderan Waru Surabaya. Jurnal Buana Sains, Vol 10(2): 181-188.