Apakah ada rekomendasi obat alami untuk sakit gigi?

Sakit gigi

Saat sakit gigi menyerang, banyak orang akan merasa tak nyaman sama sekali. Bahkan kemungkinan gigi yang terasa sakit itu perlu ditambal atau dicabut. Apakah ada rekomendasi obat alami untuk sakit gigi?

Beberapa rekomendasi obat alami untuk sakit gigi di bawah ini dapat membantu.

1. Bawang Putih

Mungkin setelah mendengar bawang putih mampu mengobati sakit gigi, akan terbayang bagaimana panas dan pedasnya efek dari bawang putih ini. Namun ada kelegaan dan sifat penenang alami yang ditawarkan oleh bawang putih bagi gejala sakit gigi. Ini karena adanya sifat antibiotik juga di dalamnya.

Caranya: Siapkan sesiung bawang putih yang sudah dihancurkan (boleh juga memakai bubuk bawang putih), lalu campur dengan garam secukupnya. Aplikasikan langsung ke area gigi yang sakit dan linu. Atau secara alternatifnya, Anda bisa mengunyah 1-2 siung bawang putih untuk meringankan rasa sakit gigi. Ulangi metode pengobatan sederhana ini selama beberapa hari.

2. Air Garam Hangat

Kalau biasanya air garam hangat sangat identik sebagai obat batuk, kali ini air garam dapat juga diandalkan sebagai obat sakit gigi. Sederhana, alami dan efektif merupakan kelebihan dari air garam hangat ini dalam mengobati sakit gigi yang begitu membuat Anda menderita.

Caranya: Campurkanlah sekitar setengah sendok makan garam ke dalam segelas air panas. Tunggu hangat lebih dulu sebelum kemudian Anda gunakan untuk berkumur di mana kumuran ditekankan pada area gigi yang sakit. Cara ini bakal secara ampuh mengurangi inflamasi dan pembengkakan, serta melawan bakteri penyebab infeksi pada gigi Anda.

3. Bawang Merah

Selain bawang putih, ternyata untuk sakit gigi masih ada bawang merah yang dapat turut membantu meringankan rasa sakitnya. Karena adanya sifat antiseptik serta antimikroba, sakit gigi akan terkontrol dengan baik dan ini bakal melawan pula bakteri-bakteri yang memicu infeksi di dalam mulut.

Caranya: Bila ingin cara yang super sederhana, silakan langsung mengambil bawang merah mentah yang kemudian dikunyah-kunyah selama beberapa menit hingga rasa sakitnya terasa mereda. Bila tak sanggup mengunyahnya, gunakan cara lain, yaitu dengan menempatkan potongan bawang merah langsung ke area gusi atau gigi yang terserang rasa sakit tersebut. Lakukan selama beberapa hari untuk benar-benar menyembuhkan gigi Anda.

4. Daun Jambu

Tak banyak yang tahu bahwa daun jambu juga bisa menyembuhkan sakit gigi. Bila Anda termasuk yang cukup mudah mendapatkan daun ini, maka silakan untuk mengambilnya dan menggunakannya sampai gigi benar-benar sembuh. Sifat analgesik, anti-inflamasi serta antimikrobanya cukup tinggi sehingga bagus dijadikan sebagai obat.

Caranya: Anda bisa langsung mengunyah 1-2 lembar daun jambu sampai jus atau sarinya keluar dan bekerja untuk memulihkan dan meredakan rasa sakit di area gigi Anda. Atau, cara lainnya bisa juga dengan mengambil 4-5 lembar daun jambu yang kemudian direbus di dalam air dan direbus. Solusi bisa dibiarkan lebih hangat dan tambahkan garam sedikit sebelum dijadikan obat kumur.

5. Ekstrak Vanila

Masih cukup asing mungkin bagi beberapa orang akan ekstrak vanila yang dijadikan sebagai obat sakit gigi. Padahal obat alami ini cukup ampuh dan sangat berguna untuk membuat rasa sakitnya hilang. Karena adanya efek penenang alami yang diberikan oleh ekstrak ini, maka gigi akan menjadi jauh lebih baik.

Caranya: Ambil kapas atau cottonbud untuk kemudian dicelup ke dalam ekstrak vanila. Setelah itu, Anda bisa oleskan ke area yang sakit dan nyeri. Melakukan metode pengobatan ini sehari beberapa kali setiap hari akan mempercepat proses penyembuhan apabila benar-benar rutin.

6. Daun Cengkeh

Cengkeh yang dikenal luas sebagai rempah-rempah ini kaya akan zat antioksidan dan beberapa zat yang bisa membuat nyeri akibat sakit gigi segera mereda. Bahkan, kandungan di dalam cengkeh ini diyakini mampu membunuh berbagai kuman dan bakteri yang memicu nyeri pada sakit gigi. Kita sendiri bisa menggunakan minyak cengkeh dan daun cengkeh untuk mengatasi sakit gigi yang sangat menyiksa.

Minyak cengkeh bisa kita pakai satu atau dua tetes saja pada kapas bersih yang kemudian kita gigit pada bagian gigi yang terasa sakit. Diamkan saja kapas tersebut tergigit oleh gigi yang sakit selama beberapa menit dan kemudian kumur-kumurlah dengan air hangat. Jika hal ini dilakukan selama beberapa kali secara bertahap, biasanya nyeri pada sakit gigi akan segera mereda dengan signifikan.

Daun cengkeh juga bisa kita aplikasikan untuk menyembuhkan sakit gigi. Caranya pun cukup mudah, yakni dengan mempersiapkan 7 hingga 9 lembar daun cengkeh yang kemudian kita seduh dengan setengah gelas air mendidih. Setelah itu, peraslah daun cengkeh tersebut hingga sari daunnya keluar. Sari daun cengkeh inilah yang bisa dioleskan pada gigi yang sakit. Dengan pengolesan sari daun cengkeh secara teratur, rasa nyeri karena sakit gigi pun akan segera sembuh.

Selain pemakaian daun cengkeh, ada baiknya kita segera memeriksakan kondisi gigi ke dokter untuk memastikan bahwa masalah gigi ini terobati dengan benar dan tidak lagi kambuh. Selain itu, rawatlah kebersihan gigi dengan baik setiap hari agar tidak akan ada lagi masalah sakit gigi yang menyiksa.

Sumber:

1. Bawang Putih

Bawang putih dapat digunakan sebagai bahan obat sakit gigi alami. Kandungan senyawa di dalamnya dapat membunuh bakteri penyebab plak gigi sekaligus meredakan nyeri dan ngilu yang melanda. Untuk menggunakannya sebagai obat, lembutkan bawang putih dan tambahkan sedikit garam hingga terbentuk pasta. Kemudian tempelkan pasta bawang putih dengan bantuan bola kapas di bagian gigi yang sakit.

2. Cengkeh

Cengkeh mengandung senyawa eugenol yang dapat berfungsi sebagai zat pengurang nyeri alami. Minyak cengkeh banyak digunakan sebagai obat sakit gigi karena mampu mengurangi peradangan pada gusi dan menghilangkan rasa sakit yang timbul.

Cukup oleskan minyak cengkeh pada area yang sakit dengan bantuan bola kapas. Kamu juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak cengkeh ke dalam segelas air dan menggunakannya sebagai obat kumur. Mudah bukan?

3. Kunyit

Selain untuk mengobati jerawat, kunyit dapat digunakan untuk meredakan rasa nyeri pada gigii. Kunyit mengandung senyawa curcumin yang memiliki banyak khasiat seperti antibakteri, antioksidan, dan antiradang.

Kamu bisa mencampurkan satu sendok teh bubuk kunyit dengan sedikit air. Gosok dan bersihkan gigimu. Setelah itu, oleskan pasta yang terbentuk pada gigi yang sakit. Diamkan pasta selama 15 sampai 20 menit.

Selain cara di atas, kamu bisa mencoba cara lainnya. Campurkan satu sendok teh bubuk kunyit dengan satu sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Gunakan air tersebut sebagai obat kumur. Lakukanlah proses berkumur ini sebanyak dua kali di pagi dan malam hari.

4. Daun Jambu Biji

Daun jambu biji dikenal memiliki khasiat antiradang dan dapat membantu menjaga kesehatan mulut. Sebagai obat sakit gigi tradisional, kunyah daun jambu biji segar atau didihkan daun jambu lalu gunakan airnya sebagai obat kumur.

5. Daun Timi

Selain daun jambu biji, daun timi juga memiliki sifat antibakteri dan antioksidan yang dapat membantu mengobati sakit gigi. Oleskan beberapa tetes minyak daun timi dengan menggunakan bola kapas pada gigi yang terasa berdenyut.

Cara lainnya, tambahkan beberapa tetes minyak daun timi ini ke dalam segelas air. Kemudian, gunakan larutan minyak tersebut sebagai obat kumur.

6. Rumput Gandum

Rumput gandum atau disebut juga wheatgrass dapat digunakan untuk mengurangi infeksi pada gigi dan menyembuhkan peradangan yang terjadi pada gusi. Kandungan klorofil yang tinggi menjadi alasan mengapa tanaman ini mampu mencegah perkembangan bakteri penyebab infeksi gigi.

Sebagai obat, gunakan jus rumput gandum untuk berkumur dua kali sehari yaitu pada pagi dan malam.

7. Larutan Air Garam

Berkumur dengan larutan air garam adalah cara alami yang sudah banyak diterapkan. Cara ini merupakan salah satu pengobatan alami yang efektif untuk meredakan nyeri nyut-nyutan pada gigi.

Larutan air garam dapat berfungsi sebagai antibakteri. Selain itu, larutan garam membantu menyingkirkan sisa-sisa makanan pada gigi berlubang. Larutan ini juga dapat mengurangi kondisi peradangan dan luka di area dalam mulut.

Cara membuatnya sangat mudah. Larutkan setengah sendok teh bubuk garam ke dalam segelas air hangat. Lalu berkumurlah dengan perlahan. Hindari menelan larutan air garam yang kamu gunakan untuk berkumur.

8. Daun Seribu

Tanaman lain yang bisa digunakan sebagai obat sakit gigi alami adalah daun seribu atau nama latinnya Achillea millefolium. Kandungan asam salisilat di dalamnya dipercaya dapat membantu meredakan peradangan pada area mulut.

Kamu bisa memanfaat minyak tanaman daun seribu dan menggosokan atau menempelkannya pada area gigi dan gusi yang sakit. Selain bagian daun, akar tanaman ini juga dapat dikunyah dan dimanfaatkan untuk mengurangi rasa sakit pada gigi. Namun, sebelum mengunyahnya, cucilah terlebih dahulu sampai benar-benar bersih.

9. Lidah Buaya

Selain segudang efeknya untuk kulit dan kecantikan, gel lidah buaya ternyata bisa juga diandalkan sebagai obat sakit gigi alami. Cobalah ambil gel tanaman lidah buaya dan tempelkanlah dengan bantuan kapas pada gigi yang berlubang atau gusi yang terasa berdenyut.

Kamu juga bisa menempelkan gel lidah buaya pada area gusi yang nyeri akibat tumbuhnya gigi geraham bungsu. Sebuah studi menunjukkan efek antibakteri yang ada pada lidah buaya juga mampu membunuh kuman penyebab kerusakan gigi.

10. Daun Mint

Tanaman selanjutnya yang bisa kamu gunakan sebagai obat sakit gigi adalah daun mint. Daun mint atau disebut juga Mentha piperita mengandung berbagai senyawa yang dapat meredakan rasa nyeri gigi dan mengurangi terjadinya peradangan.

Oleskan bola kapas yang telah direndam ekstrak daun mint pada bagian gusi atau gigi berlubang yang terasa berdenyut. Sebagai alternatif, kamu bisa juga membuat teh daun mint dan menjadikannya sebagai obat kumur.

11. Vanili

Jika tanaman yang disebutkan sebelumnya tidak cukup membantu meredakan nyeri gigimu, cobalah gunakan ekstrak vanili! Ekstrak vanili mengandung alkohol yang dapat membantu meredakan rasa sakit. Senyawa antioksidan di dalam ekstrak vanili juga dipercaya dapat menyembuhkan luka dengan efektif.

Oleskan sedikit ekstrak vanili dengan menggunakan bola kapas pada bagian gigi yang nyeri. Lakukan cara ini beberapa kali sampai rasa nyut-nyutan pada gigimu mereda.

https://www.dokterbabe.com/artikel/obat-sakit-gigi-alami/

Minyak cengkeh: Tuangkan dua tetes minyak cengkeh pada bola kapas lalu oleskan perlahan pada gigi Anda. Minyak cengkeh mengandung eugenol yang bekerja sebagai anastesi alami pada sumber sakitnya juga sebagai disinfektan di area tersebut.

Air garam: Larutkan satu sendok teh garam dalam semangkuk air mendidih, dinginkan lalu berkumurlah selama 30 detik. Air garam ini mengurangi pembengkakan gusi dengan mengeluarkan kelebihan cairan dan membersihkan area yang terinfeksi.

Es batu: Tempatkan satu atau dua es batu dalam kantung plastik, lapisi memakai kain tipis, lalu tempelkan pada pipi Anda di atas gigi yang sakit, lakukan selama 15 menit untuk membuat saraf mati rasa.

Daun Sirih: Ketika Anda mendapatkan beberapa daun sirih untuk pengobatan sakit gigi, seduhlah dengan air panas. Setelah ± 30 detik, tunggu sampai hangat dan gunakan air itu untuk berkumur. Moms, dengan ekstrak yang dihasilkan dari seduhan daun sirih ini memberikan kinerja paling efektif untuk sakit gigi Anda.

Pengobatan-pengobatan ini efektif untuk sementara waktu, namun tidak mengatasi akar masalahnya. Pastikan untuk membuat perjanjian dengan dokter gigi agar Anda dapat mencegah kerusakan lebih lanjut dan kehilangan gigi. While these remedies can be effective as temporary measures, they don’t address the root cause of the problem. Be sure to book an appointment with your dentist as you may be able prevent further decay and tooth loss.

https://www.tanyapepsodent.com/plak-pembusukan-gigi/pengobatan-rumah-untuk-sakit-gigi.html

Cara mengobati sakit gigi dengan cepat dapat memanfaatkan berbagai bahan alami yang terdapat disekitar kita:

  1. Biji Bunga matahari + garam + air jeruk nipis

    • Ambillah beberapa biji bunga matahari lalu haluskan dan campurkan garam serta air jeruk nipis dalam satu gelas air matang yang hangat. Bisa untuk berkumur atau diminum.
    • Biji bunga matahari mengandung Serat, Vitaamin E, Folat, Magnesium dan lain lain
    • Fungsinya Untuk meringankan dan menyembuhkan peradangan dan medlindungi fungsi saraf pada gigi.
  2. Lada hitam + garam

    • Haluskan lada hitam dan campulah garam secukupnya dan berilah air sedikit. Oleskan dan taruhlah dengan rapih didalam gigi yang berlubang
    • Lada hitam mengandung Vitamin A, E dan K, serat, niacin dan anti peradangan.
    • Fungsinya untuk menyembuhkan luka dan meredakan rasa nyeri
  3. Kulit tanaman Andong + garam

    • Jika gusi sedang sakit Kulit tanaman andong bisa langsung dikunyah bersama garam buanglah jika rasanya sudah mulai berkurang
    • Jika gigi sakit karena berlubang masukan kulit andong yang sudah dihaluskan bersama garam kedalam lubang gigi
    • Kulit andong mengandung Polisakarida, saponin, flavonoid, poliferol, kalsium oksalat
    • Fungsinya mengobati radang yang terjadi diluar dan dalam gusi.
  4. Air lemon + garam + Jahe

    • Ambil air lemon lalu campurlah dengan garam dan air jahe dalam satu gelas air matang yang hangat. berkumurlah agar sakit pada gigi menjadi ringan daan sembuh.
    • Air lemon mengandung Asam sitrat, asam askorbat, vitamin C, serat dan lain lain
    • Fungsinya memperbaiki jaringan yang luka yang terkena infeksi
    • Air jahe mengandung Senyaewa phenol
    • Fungsinya sebagai anti peradangan untuk gigi berlubang dan radang gusi
  5. Bawang merah + air jeruk nipis

    • Haluskan bawang merah dan campurlah sedikit air jeruk nipis. Buatlah menjadi bulatan kecil lalu taruhlah pada gigi yang berlubang
    • Bawang merah mengandung Allisin, Allilin, alilpropil, disulfide, fitosterol, flavonol dan lain lain
    • Fungsinya sebagai anti peradangan yang mampu mengatasi segala bentuk peradangan didalam jaringan kulit.

Sumber: https://halosehat.com/penyakit/sakit-gigi/cara-mengobati-sakit-gigi