Apakah ada makhluk yang dapat bertahan hidup di Palung Mariana?

Halo sobat diskusi :wink:,
kapal-selam-james-cameron

Palung Mariana atau yang biasa dikenal dengan nama Mariana Trench merupakan palung paling dalam yang pernah ditemukan oleh manusia dengan kedalaman hampir menyentuh 11.000 meter dibawah permukaan laut. Palung ini sendiri terletak di pulau mariana, Samudera Pasifik, tepatnya berada di kerak bumi dan terletak di dasar barat laut samudera pasifik yang juga berdekatan dengan negara Jepang. Karena memiliki kedalaman yang sangat ekstrim inilah hanya sedikit kehidupan yang mampu mencapai dasar dan bertahan hidup, hal tersebut juga yang menyebabkan palung Mariana ini menyimpan banyak sekali misteri.

Saking dalamnya palung ini, membuatnya tidak ada cahaya dan gelap gulita dengan suhu yang hanya beberapa deraja di atas titik beku. Kalau tidak salah, sampai hari ini hanya tiga orang saja yang tercatat pernah menyentuh titik terdalam di palung ini, hal ini dikarenakan besarnya biaya yang diperlukan untuk membuat perlengkapan yang berfungsi untuk menahan suhu dan menahan tekanan yang sangat luar biasa dibawah sana. Hiiiā€¦ serem ya sobat diskusi, kira-kira ada misteri apa ya yang disembunyikan dibawah sana? Apakah benar di kondisi se-ekstrim itu masih ada kehidupan?

Kalau dipikir-pikir, kedalaman laut seperti palung mariana sendiri sudah tidak memungkinkan adanya kehidupan makhluk hidup. Namun nyatanya masih ada beberapa makhluk hidup yang bertahan pada situasi ekstrim tersebut. Beberapa contohnya seperti:

  • Angler Fish
    Anglerfish
    Anglerfish biasanya dapat ditemukan di kedalaman 1.474 meter di bawah permukaan laut. Anglerfish jantan biasanya memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil daripada betina. Di Palung Mariana, ada banyak ikan Anglerfish. Dua di antaranya adalah Footballfish dan Fanfin Sea Devil. Kedua jenis tersebut akan dibahas lebih lanjut di bawah.

  • Dumbo Octopus
    Dumbo-Octopus
    Di kedalaman Palung Mariana, hidup sebuah hewan gurita yang lain daripada yang biasanya. Gurita tersebut memiliki bentuk yang sangat unik yang mungkin bisa menjadi ide Walt Disney untuk membuat sebuah film animasi. Gurita unik tersebut diberi nama Dumbo Octopus atau gurita Dumbo.

    Dinamakan Dumbo karena gurita ini memiliki kemiripan dengan gajah Dumbo yang dibuat oleh Walt Disney. Letak kemiripannya ada di bagian telinga. Gurita Dumbo memiliki telinga besar seperti gajah Dumbo. Gurita Dumbo memiliki telinga yang panjangnya bisa mencapai 30 cm. Gurita Dumbo tinggal di Palung Mariana di kedalaman 2.987 sampai 3.962 meter.

  • Goblin Shark
    Goblin-Shark
    Hiu Goblin adalah salah satu jenis hiu yang tidak akan kamu mau temui bahkan dalam mimpi sekalipun. Bentuknya yang mengerikan, bahkan jauh lebih mengerikan daripada Great White Shark. Hiu Goblin ini adalah salah satu dari sekian banyak penghuni Palung Mariana dengan bentuk yang mengerikan.

    Hiu Goblin memiliki bentuk moncong yang menonjol bagaikan sebuah pedang. Di bagian bawah moncong tersebut barulah rahang sang hiu. Baik moncong dan rahang tersebut itulah yang membuat wajah Hiu Goblin begitu jelek dan menakutkan. Biasanya, Hiu Goblin berkelana di Paling Mariana di kedalaman 914 meter.

Sumber : kaskus.com