Apakah ada kondisi tertentu yang tidak memperbolehkan kita melakukan pencabutan gigi?k

setiap pekerjaan pasti dilakukan sesuai kondisi atau keadaannya, untuk pencabutan gigi apakah ada kondisi tertentu yang harus dipenuhi
123

Ada beberapa kondisi yang tidak memungkinkan seseorang untuk mencabut gigi. Berikut hal-hal yang harus Anda perhatikan sebelum mencabut gigi :

  1. Penderita diabetes
    Pencabutan gigi pada orang diabetes perlu perhatian yang lebih serius. Namun bila pasien dalam kondisi yang sehat, mencabut gigi tidak menjadi masalah. Umumnya, pengidap diabetes akan sulit sembuh bila terjadi luka, termasuk luka akibat gigi yang telah dicabut. Pastikan kadar gula normal sebelum dilakukan pencabutan.

  2. Hipertensi
    Pencabutan gigi sebaiknya tidak dilakukan saat tekanan darah sedang tinggi karena akan mengakibatkan tekanan pada pembuluh darah juga meningkat. Pastikan tekanan darah Anda normal untuk menghindari pendarahan yang berlebihan saat gigi usai dicabut.

  3. Ibu hamil
    Mencabut gigi pada ibu hamil sebaiknya dilakukan pada usia kandungan 4-6 bulan dengan kondisi ibu dan janin sehat. Pemberian obat bius pada ibu hamil sebelum tindakan pencabutan gigi, dikhawatirkan akan menimbulkan kontraksi pada kehamilan. Bila keadaan gigi tidak parah, ada baiknya ibu hamil menunda sampai selesai melahirkan.

  4. Memiliki riwayat penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah
    Orang yang memiliki riwayat penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah seperti penyakit jantung akan sangat berisiko bila mencabut gigi. Sebaiknya konsultasi ke dokter spesialis jantung terlebih dahulu untuk memastikan Anda bisa melakukan proses pencabutan gigi.

  5. Sinusitis
    Orang yang memiliki riwayat penyakit pada bagian sinus juga perlu berhati-hati sebelum mencabut gigi. Infeksi sinus bisa saja terjadi saat mencabut gigi seperti nyeri pada rahang dan rongga bagian sinus.

  6. Pasien yang baru saja menjalani operasi besar
    Mencabut gigi sama saja dengan operasi kecil yang dilakukan pada gigi. Pasien yang baru saja melakukan operasi besar sebaiknya menunda operasi kecil ini sampai batas waktu yang telah disetujui oleh dokter spesialis penyakit dalam.

  7. Pengidap penyakit kanker
    Larangan ini diperuntukkan kepada pasien pengidap penyakit kanker yang sedang menjalani perawatan kemoterapi. Penundaan untuk mencabut gigi bisa ditunda sampai 3-5 tahun kemudian.

  8. Terjadi pembengkakan atau peradangan di sekitar gigi yang akan dicabut
    Sebaiknya lakukan ronsen dan biopsi terlebih dahulu untuk kondisi seperti ini. Bila pembengkakkan atau peradangan termasuk pada fase akut sebaiknya tunda dulu untuk mencabut gigi Anda. Bila tidak akan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa pasca mencabut gigi.

  9. Gusi sedang bengkak atau gigi dengan sakit
    Adalah tanda-tanda bahwa gigi atau gusi Anda sedang terkena infeksi. Bila dipaksakan untuk dicabut, kuman dari infeksi bisa masuk ke pembuluh darah yang terbuka di seluruh tubuh Anda, dan bila kondisi pasien drop atau menurun, kemungkinan terburuknya pasien bisa meninggal dunia.

sumber: https://keluarga.com/3593/jangan-cabut-gigi-jika-anda-sedang-dalam-9-kondisi-ini