Apakah Ada Kendala atau Kekurangan Dari Smart City?

Smart City adalah konsep kota cerdas yang dirancang guna membantu berbagai hal kegiatan masyarakat, terutama dalam upaya mengelola sumber daya yang ada dengan efisien, serta memberikan kemudahan mengakses informasi kepada masyarakat, hingga untuk mengantisipasi kejadian yang tak terduga sebelumnya.

Smart City membutuhkan jumlah bandwith yang besar untuk mengintegrasikan berbagai perangkat elektronik sehingga dapat mengirimkan data dan sinyal. Namun, infrastruktur di daerah belum mendukung untuk menjalankan Smart City ini. Sebagian besar kota di Indonesia belum bisa mengolah data smart city yang artinya masih kekurangan data untuk menerapkan smart city di Indonesia. Ketersediaan dana dan teknologi menjadi salahsatu kendala dalam implementasi smary city. Kekurangan dari smart city pada aplikasinya yaitu sering terjadi pengulangan pada titik macet versi laporan di Qlue dan titik macet versi laporan warga di Waze.

Apakah dalam pembangunan Smart City ada kekurangan dan kendala yang dihadapi?

Untuk saat ini, khususnya di Indonesia pembangunan beberapa kota khususnya Ibu Kota Jakarta menjadi smart city, dalam pelaksanaannya masih menghadpi banyak sekali kendala, yaitu :

  1. Infrastruktur
    Infrastruktur yang ada masih kurang memadai, dalam pembangunan smart city akan diperlukan banyak infrastruktur seperti jaringan kabel fiber optik, dan masih lemahnya jaringan internet di Indonesia.
  2. Kurangnya koordinasi dari lembaga pemerintahan
  3. Kurangnya investor
    Pemerintah menargetkan akan ada 100 smart city di tahun 2019. Maka akan butuh banyak dana, namun masih minim investor tahan air.

Sebenarnya masih banyak sekali kendala yang dihadapi, namun itu adalah hal yang paling utama dan paling fatal jika salah satu diantaranya tidak ada atau tidak maksimal.

Menurut Shennedy Ong, sang Country Director Qualcomm, salah satu yang menjadi hal penting yang menghambat penerapan konsep smart city di Indonesia adalah infrastruktur internet yang belum memadai, semisal backhaul ke jaringan fiber optic atau LTE. Ini diperlukan karena sistem serta perangkat-perangkat IoT yang menjadi salah satu pondasi smart city membutuhkan sebaran jaringan internet yang merata dan memadai untuk saling berkomunikasi dalam rangka menjalankan fungsi perkotaan.

Smart City terus meningkat, membawa serta tantangan dan kesempatan bagi tim TI.

Apa itu Smart City?
Menurut Gartner, sebuah kota yang cerdas adalah “wilayah perkotaan di mana banyak sektor bekerja sama untuk mencapai hasil yang berkelanjutan melalui analisis pembagian informasi real-time kontekstual antara informasi spesifik sektor dan teknologi operasional.”

Kota Pintar adalah kota yang mendapatkan informasi melalui penggunaan teknologi.
Di seluruh dunia, kota-kota cerdas mulai menggunakan teknologi nirkabel untuk mengumpulkan data yang akan membantu pemerintah membuat keputusan kebijakan yang lebih cerdas, menurut National Geographic.

Santander, Spanyol, telah memasang 12.000 sensor IBM di jalan-jalan kota mereka. Chicago melengkapi tiang lampu dengan sensor lingkungan. Dublin-berniat membangun dirinya sebagai pemimpin di dunia teknologi - telah bermitra dengan Intel untuk melapisi jalan-jalannya dengan sensor untuk mengumpulkan data dari segala hal mulai dari kualitas udara hingga tingkat kebisingan.

Seperti catatan Cradlepoint, ukuran dan cakupan sebuah kota menyajikan kemungkinan tanpa batas untuk jenis data yang dapat dikumpulkan melalui teknologi nirkabel.

Peluang: Lingkungan, Transportasi, dan Segalanya di Antara

Dublin berencana untuk fokus mengumpulkan data lingkungan pada awalnya, namun berharap dapat memperluas kegunaan teknologi di masa depan.

Sensor bisa melacak jalan mana yang telah dibajak setelah terjadi badai salju, memantau kekuatan dan integritas infrastruktur publik (seperti bangunan dan jembatan), atau memberikan pembaruan real-time pada suhu bangunan untuk mengurangi emisi.

Data yang dikumpulkan dari jalan dan persimpangan dapat memperbaiki kondisi lalu lintas atau bahkan membantu petugas operator mengidentifikasi kecelakaan untuk mendapatkan respons darurat yang lebih cepat.

Dengan alat ini, ada banyak pilihan tanpa henti untuk mengetahui teknologi nirkabel yang luas di kota-kota di seluruh dunia.

Ada yang khawatir bahwa pemerintah bisa menjadi lebih seperti Big Brother, dengan mata digital mengintip dari segala penjuru. Yang lain mempertanyakan apakah informasi yang dikumpulkan benar-benar akan baik untuk kehidupan sehari-hari warga biasa. Tapi penting juga untuk mempertimbangkan bagaimana kota berencana untuk mempertahankan infrastruktur TI dari jaringan besar tersebut.

Kota Pintar Butuh Orang Pintar
Teknologi nirkabel ini tidak bisa beroperasi dengan sendirinya, dan kemunculan kota-kota yang lebih cerdas bisa merevolusi dunia TI-jika kita siap untuk itu.

Kota yang lebih cerdas akan menyajikan banyak pertanyaan, kekhawatiran, dan kemungkinan menarik yang bahkan belum pernah dipertimbangkan. Skala kota, dibandingkan dengan bisnis tunggal, akan memerlukan pengelolaan sumber daya pada tingkat yang sama sekali baru. Semua potongan individual dari sistem kota cerdas perlu diintegrasikan dan mudah diakses.

Kota cerdas juga akan membuka lebih banyak peluang untuk cloud, dan kekhawatiran pengelolaan kapasitas akan meningkat seiring dengan perkembangannya.

Dengan banyaknya sistem penting yang mengirim data, kegagalan bahkan salah satunya bisa menjadi bencana besar. Pertimbangkan sistem angkutan umum yang mengandalkan sensor IoT, misalnya. Downtime bukan lagi konsekuensi yang dapat diterima dari kelebihan data saat kehidupan menggantung dalam keseimbangan.

Evolusi kota yang lebih cerdas menghadirkan banyak peluang dan tantangan bagi pemerintah daerah dan profesional TI. Seiring kota menjadi lebih bergantung dari teknologi sebelumnya, profesional TI akan lebih penting secara eksponensial.

Beberapa hal yang penting dan menjadi kendala besar bagi pembangunan Smart City adalah seperti dijelaskan berikut di bawah ini:

  1. Ketersediaan dan Manajemen Data Informasi
    Untuk menerapkan smart city diperlukan data yang berasal dari berbagai sumber di sebuah kota. Kehadiran Smart City melalui layanan aplikasi membuat informasi selalu dibutuhkan terus-menerus. Informasi yang paling aktual juga dibutuhkan untuk memastikan kondisi terkini situasi di lapangan. Karena itu, ketersediaan atau availability data menjadi hal utama yang harus diselesaikan oleh penyedia jasa Smart City. Untuk menangani berbagai jenis data, dengan berbagai kecepatan sistem manajemen data besar yang efisien dibutuhkan. Sistem ini harus dapat diandalkan dan bertahan tanpa putus jaringan dan koneksi yang terus menerus, Pengumpulan, pengolahan dan penyimpanan data heterogen dan besar dari sensor yang tak terhitung jumlahnya di kota cerdas.

  2. Tantangan Keamanan pada Smart City
    Menurut Cisco, keamanan merupakan persoalan di jaringan sistem manapun. Terlebih jika sistem mencakup seluruh kota, ancaman keamanan perlu ditangani serius. Makin banyak sistem terhubung akan menyebabkan makin kompleks pula penanganan. Beberapa bagian infrastruktur Smart City biasanya ditangani lembaga berbeda, tanpa pengelolaan pusat yang mampu menetapkan standar pengelolaan cyber security di seluruh organisasi.

    Masalah lainnya adalah banyaknya perangkat yang terhubung ke jaringan atau sistem Smart City, dari pompa air hingga lampu lalu lintas, yang pada mulanya tidak dirancang untuk terhubung pada internet, sehingga tidak dibangun dengan pendekatan cyber security. Ahli tata kota perlu mengutamakan kekhawatiran terhadap akses pada sistem-sistem penting. Memanfaatkan isolasi jaringan yang baik dapat memastikan bahwa pelanggaran di sebuah sistem tidak mengakibatkan pelanggaran di sistem lainnya. Para ahli infrastruktur Smart City perlu menyadari bahwa tidak ada sistem yang sepenuhnya 100 persen aman. Pemantauan sistem untuk menemukan dan menghentikan gangguan sama pentingnya dengan mengamankan sistem.

    Begitu pula dengan pentingnya keamanan data pribadi penduduk jika terjadi cyber attack pada Smart City. Data pribadi dapat meliputi informasi penting seperti akun medsos, rekening, hingga kartu kredit. Pentingnya keamanan dasar Smart City tak hanya melindungi infrastruktur Smart City, tapi juga harus turut melindungi data pribadi penduduk. Meski demikian, penduduk perlu mengetahui prinsip dasar bagaimana melindungi data pribadi mereka terlebih dulu. Seiring dengan meningkatnya perhatian akan cyberattack di Indonesia, pemerintah Indonesia telah coba memberi langkah bagi pengguna internet mencegah terjadinya penyalahgunaan TIK. Tips meliputi enkripsi akses WiFi, memperbarui sistem operasi dan program anti virus/firewall berkala, mengetahui sumber aplikasi sebelum mengunduh, dan hati-hati terhadap tautan atau konten email yang mencurigakan.

    Mengatasi Celah Keamanan pada Smart City Salah satu cara dasar mengatasi celah keamanan Smart City adalah firewall, sistem keamanan jaringan yang memantau dan mengendalikan lalu lintas jaringan keluar dan masuk berdasar kebijakan keamanan yang ditetapkan. Biasanya firewall memberi penghalang antara jaringan dalam yang aman dan terpercaya dengan jaringan luar yang diasumsikan tak aman, seperti internet. Namun di kasus tertentu, beberapa sistem sangat penting sehingga lebih baik sama sekali tak terhubung pada koneksi internet luar. Kebijakan mengenai pengendalian akses data juga merupakan langkah yang penting untuk diterapkan. Selain menjaga sistem terhadap rangkaian cyberattack, aspek manusia dari sebuah sistem juga penting. Dengan membangun kebijakan mengenai siapa yang dapat mengakses data, hal ini dapat memberikan pembatasan akses yang ketat pada data dan menghindari akses yang tidak diinginkan pada data-data penting.

  3. Investasi Pembangunan Smart City sangat besar
    Bagaimanapun investasi untuk Smart City dan IoT lebih mahal daripada aplikasi software semata. Teknologi tersebut memerlukan modal yang cukup besar berupa infrastruktur dan hardware. Oleh karena itu,“barrier to implement” atau halangan untuk menerapkan teknologi ini jauh lebih tinggi. Solusi Investasi Tinggi Pemerintah Daerah tidak bisa hanya sendirian menerapkannya, melainkan harus bersama-sama dengan semua pihak termasuk pihak akademisi, swasta, dan komunitas guna membentuk suatu Smart City Ecosystem yang integrated and sustainable.

  4. Infrastruktur Teknologi Informasi Pembangunan infrastruktur ICT
    dari saluran komunikasi untuk sensor dan aktuator dalam ruang fisik tetap menjadi hambatan besar dalam mengambil inisiatif kota pintar. Kurangnya infrastruktur merupakan hambatan yang signifikan dalam mencapai tujuan kota pintar. Menurut pandangan beberapa ahli (Bawany, 2016) handal, terukur dan kecepatan tinggi konektivitas jaringan dan infrastruktur merupakan kunci dasar untuk mengintegrasikan sistem informasi di seluruh kota. Infrastruktur ini harus di tempat sebelum layanan kota pintar yang ditawarkan kepada pemegang saham. Akibatnya, infrastruktur IT yang handal yang memadai yang cenderung scalable adalah tantangan penting untuk pelaksanaan kota pintar.

  5. Adaptasi Sosial (Social Adaption)
    Kota pintar tampaknya menjadi solusi ideal untuk mengatasi masalah penduduk perkotaan yang ada dan muncul. Meskipun, peneliti juga telah mengidentifikasi tantangan dengan mengacu pada ketimpangan, kesenjangan digital dan mengubah kebiasaan budaya. Adaptasi sosial seperti sistem yang membutuhkan perubahan sosial dari kebiasaan warga umumnya dan masyarakat kota secara khusus.

  6. Pengembangan Aplikasi (App development)
    Pengembangan lebih cepat dari aplikasi baru dan inovatif akan diperlukan agar warga dapat mengambil keuntungan maksimum dari data yang sedang dikumpulkan. Jika pengembangan aplikasi terbatas pada pengelolaan kota itu sangat mungkin bahwa orang akan kecewa dengan pengembangan aplikasi lambat. Misalnya, salah satu alasan utama di balik kesuksesan Android dan adaptasi lebar play store-nya, basis aplikasi yang besar di mana aplikasi yang tak terhitung jumlahnya di-upload setiap hari.

    Keberadaan smart city memiliki beberapa manfaat jika diterapkan yaitu dapat menciptakan perencanaan dan pengembangan kota layak huni yang lebih baik di masa depan. Konsep smart city membuat layanan e-government dapat lebih cepat implikasinya kepada masyarakat. Dengan begitu, hal ini dapat meningkatkan produktivitas daerah atau daya saing ekonomi. smart city, juga membuat sistem transportasi lebih efisien dan terintegrasi sehingga meningkatkan mobilitas masyarakatnya. Pun menciptakan rumah dan bangunan yang hemat energi – bangunan ramah lingkungan dan memakai sumber energi terbarukan. Lingkungan juga bisa menjadi lebih lestari karena konsep pengaturan limbah dan pengelolaan air yang lebih maju. Manfaat lain konsep smart city juga berkaitan dengan kesejahteran masyarakatnya. Smart city akan meningkatkan pelayanan kesehatan. Semoga konsep smart city pada artikel ini dapat membuka cakrawala para pihak terkait terutama