Apakah ada cinta yang sempurna ?

Cinta adalah sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apa pun yang diinginkan objek tersebut. Apakah ada cinta yang sempurna ?

Ada. Jenis cinta ini merupakan jenis cinta yang ideal sehingga setiap individu berusaha untuk mendapatkannya. Namun Sternberg (2009) mengungkapkan bahwa hal ini serupa dengan menurunkan berat badan yang mudah dilakukan dalam waktu sesaat, tetapi sulit untuk mempertahankan sepanjang waktu.

Maka Sternberg (dalam Yudisia, 2013) mewanti-wanti bahwa memperoleh consummate love mungkin mudah, tetapi mempertahankannya yang sulit. Sehingga salah satu cara yang harus diperhatikan adalah mengimplementasikan masing- masing komponen cinta baik keintiman, gairah, komitmen dalam bentuk ekspresi dan aksi nyata. Sternberg (dalam Yudisia, 2013) mengatakan bahwa tanpa ekspresi dan aksi cinta yang besarpun dapat mati.

Cinta jenis ini dapat dijumpai dalam hubungan cinta orang dewasa atau hubungan antara orang tua dan anak (Sears, 2009).

Menurut Sternberg (1986), cinta adalah keseluruhan yang kompleks yang tampaknya berasal dari naluri dan dorongan yang ditransmisikan secara genetik tetapi mungkin sebagian besar dari pemodelan peran yang dipelajari secara sosial, melalui pengamatan, dan muncul sebagai cinta.

Konseptualisasi Sternberg (dalam Baron dan Byrne, 2005) mengenai hubungan cinta yang menyatakan bahwa cinta mencakup tiga aspek dasar, yaitu keintiman (intimacy), gairah (passion), dan komitmen (commitment). Jenis cinta dengan kombinasi ketiga aspek seperti yang dikemukakan oleh Sternberg disebut sebagai cinta sempurna. Hal ini sebagaimana yang disampaikan oleh Sternberg (dalam Taylor, Peplau, dan Sears, 2009), cinta sempurna adalah pengalaman cinta tertinggi, yang mengkombinasikan semua aspek intimasi, gairah, dan komitmen.

Cinta sempurna merupakan jenis cinta yang mengkombinasikan tiga aspek cinta berikut, yakni:

1. Keintiman

Keintiman adalah perasaan emosi yang mengandung kehangatan, kedekatan, dan berbagi dalam hubungan relasi (Santrock, 2012).

2. Gairah

Gairah adalah daya tarik fisik dan seksual terhadap orang lain (Santrock, 2012).

3. Komitmen

Komitmen adalah penilaian kognitif mengenai relasi dan intensi untuk mempertahankan relasi meskipun relasi itu menghadapi masalah (Santrock, 2012).