Apakah ada cara yang lebih mudah dan murah untuk mendapatkan tiket murah?

tiket pesawat murah

Sebagai negara kepulauan, Indonesia merupakan salah satu negara yang sangat mengandalkan lalu lintas udara sebagai salah satu solusi untuk menghubungkan antar pulau atau bahkan antar kota dalam pulau yang sama. Misalnya saja wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Singapura, salah satu negara tetangga yang menjadi objek wisata mancanegara tertinggi dari Indonesia. Tapi tahukah kamu bahwa ada beberapa cara yang lebih mudah dan murah untuk mendapatkan tiket murah?

Berikut tips dan triknya.

1. Melalui penawaran dari agen perjalanan daring (OTA)
Sudah hal yang lumrah di Indonesia untuk membeli tiket secara daring. Apabila dulu kita harus ke agen perjalanan untuk memesan tiket, sekarang kita bisa melakukannya semua melalui komputer atau perangkat genggam masing-masing. Cukup mengunduhnya atau membuka melalui laman web, dan kita dapat melihat semua jadwal penerbangan yang kita inginkan secara mudah dan cepat. Kita bahkan bisa meminta kepada agen perjalanan daring untuk menginformasikan kepada kita apabila harga tersebut turun agar kemudian bisa langsung dieksekusi, terutama bagi yang memiliki rencana berwisata jauh hari. Selain mudah dan cepat, terkadang kita dapat menurunkan biaya pembelian tiket pesawat dengan menggunakan penawaran-penawaran atau potongan dari beberapa bank penerbit kartu kredit. Pembayaran pun jadi lebih cepat dan tentunya menjadi semakin menguntungkan. Apalagi kalau belanja lewat Shopback, sudah dapat promo, dapat cashback lagi! Jadi semakin menguntungkan, deh!

2. Mengikuti beberapa website promo tiket pesawat
Saat ini kemajuan teknologi memungkinkan kita untuk mengetahui informasi secara cepat. Sama halnya dengan promo tiket. Terkadang ada beberapa blog yang dapat kita temui di dunia maya yang menginformasikan perihal promo tiket. Memang saat ini belum begitu banyak website yang mengulas harga promo tiket domestik, namun untuk tiket internasional banyak sekali yang sudah mengulasnya, seperti misalnya Secret Flying atau Fly4Free. Informasi yang kita terima bahkan tidak hanya mencakup awal dan tujuan, tetapi juga termasuk tanggal-tanggal yang bisa kita pilih untuk mendapatkan harga murah tersebut. Perlu diingat bahwa informasi ini lebih cocok untuk mereka yang fleksibel dan bisa bepergian kapan pun, tapi tidak tertutup kemungkinan bahwa kamu yang kerja kantoran juga bisa menggunakannya!

3. Bergabung ke grup-grup tiket promo
Media sosial juga bisa membantu kamu untuk menemukan harga-harga tiket murah. Di akun Instagram misalnya, @traveljournal_. Selain dari blog dan Instagram, Facebook juga menjadi “gudang” informasi promo, lho. Beberapa grup seperti Backpacker Dunia, Backpacker Internasional, Pemburu Tiket Promo merupakan contoh grup-grup yang khusus membahas mengenai dunia wisata. Jadi kamu nggak bakal ketinggalan info promo lagi deh!

4. Bergabung dengan newsletter maskapai penerbangan
Tips ini mungkin sudah banyak dilakukan orang, yakni memasukkan email kita ke dalam daftar penerima info dari maskapai penerbangan. Dengan mendaftarkan email kita, berarti kita termasuk dalam beberapa yang akan menerima info lebih dahulu saat maskapai tersebut mengadakan promo menarik. Tentunya dengan menerima info, kemungkinan kamu mendapatkan promo semakin besar!

5. Menggunakan miles dan poin
Cara ini mungkin belum terlalu lumrah digunakan di Indonesia. Selain preferensi masyarakat Indonesia yang lebih suka menggunakan low cost carrier yang biasanya tidak memiliki program loyalitas, pasar Indonesia juga belum mengakomodir program loyalitas dengan baik. Berbeda dengan Amerika Serikat, misalnya, mereka memiliki bonus yang sangat menarik bagi mereka yang mendaftarkan diri untuk memiliki kartu kredit tertentu. Bonus sangat bervariasi, namun memang jika dibandingkan dengan di negara kita, sign-up bonus yang ditawarkan bisa berkali-kali lipat, selain karena tingkat penetrasi bank yang sangat tinggi di negara-negara maju yang tentunya berbeda jika dibandingkan dengan di Indonesia, terutama dalam hal kartu kredit. Dengan memanfaatkan kartu kredit, kita dapat dengan mudah mengumpulkan poin untuk kemudian ditukar dengan miles atau poin penerbangan yang dapat kita tukarkan dengan tiket gratis.

Sumber: