Apakah ada cara yang dapat anda lakukan untuk mencabut gigi geraham sendiri?

gigi geraham

Setiap bagian gigi memiliki manfaat sendiri terutama pada gigi geraham. Gigi geraham juga sangat bermanfaat untuk membantu dalam pengunyahan makanan yang sedang anda konsumsi. Namun tidak menutup kemungkinan jika anda mengalami sakit gigi pada bagian gigi geraham. Ada beberapa orang yang memilih untuk mengkonsumsi obat-obatan ketika merasakan sakit gigi namun ada beberapa orang yang memilih untuk mencabut gigi ketika mengalami sakit gigi secara terus menerus. Apakah ada cara yang dapat anda lakukan untuk mencabut gigi geraham sendiri?

Cara mengatasi gigi goyang akibat benturan dan kecelakaan paling aman dan efektif bisa coba disimak di sini.

  1. Menggunakan Minyak Kelapa
    Pastikan untuk menggunakan minyak kelapa yang didesirkan (bukan dikumurkan) di dalam mulut secukupnya selama 15 menit atau lebih setiap sebelum menyikat gigi. Minyak kemudian bisa dibuang dari mulut dan lanjutkanlah dengan membersihkan dengan berkumur menggunakan air hangat. Anda bisa menyikat gigi seperti biasa setelah perawatan ini.

  2. Menggunakan Bubuk Amla
    Sediakanlah bubuk amla sebanyak 1 sendok teh yang kemudian dicampurkan ke dalam secangkir air. Campuran larutan bubuk amla bisa dipakai sebagai pembersih mulut dan pastikan untuk melakukanya sehari sekali setiap hari. Hanya saja, sejam setelah perawatan ini Anda baru boleh makan dan minum.

  3. Memakai Bawang Putih
    Ambil sesiung bawang putih yang kemudian diiris tipis-tipis, lalu tempelkanlah 1-2 irisan tersebut di antara gusi dan juga gigi yang goyang maupun tepat di dalam pipi. Biarkan selama mungkin, jadi tak ada patokan waktu atau durasi asalkan Anda memakainya lama. Sehari Anda bisa mengulangi perawatan ini 2-3 kali dan rasakan hasilnya namun waspadai juga efek samping bawang putih.

  4. Menggunakan Minyak Mustard dan Garam
    Kombinasi 2 bahan, yakni beberapa tetes minyak mustard dengan sesendok teh garam bisa menjadi larutan ampuh bagi gigi goyang. Setelah menjadi pasta, gunakan untuk memijat bagian gusi yang giginya goyang berikut juga area sekitarnya selama 1-2 menit. Setelah itu barulah Anda bisa membersihkan mulut dengan berkumur air hangat; lakukan sehari sekali namun setiap hari agar maksimal hasilnya.

  5. Bubuk Kunyit dan Bubuk Lada Hitam
    Campuran kedua bahan ini akan mengatasi masalah gigi goyang Anda, entah yang diakibatkan oleh benturan atau faktor lainnya. Campurkan bubuk-bubuk tersebut masing-masing ½ sendok teh dan bila sudah jadi bisa dipijatkan pelan pada gusi letak gigi yang goyang. Setelah memijat bagian gusi selama 2 menit, pastikan untuk membersihkannya segera dengan berkumur air hangat. Melakukan cara ini setiap hari akan mampu merawat gigi serta gusi lebih baik. Alhasil, gusi dan gigi akan menjadi lebih kuat seiring perawatan rutin.

Sumber: https://halosehat.com/tips-kesehatan/gigi/cara-mengatasi-gigi-goyang-akibat-benturan