Apakah ada cara yang bisa dilakukan untuk menghadapi teman yang ribet saat traveling?

travelling

Traveling adalah saat di mana kita bisa menikmati waktu luang dengan mengunjungi berbagai tempat menarik sambil melakukan berbagai hal menyenangkan, baik sendirian maupun bareng teman. Tapi, apa jadinya kalau liburan justru jadi terasa membosankan karena teman traveling kamu sangat ribet dan selalu berhasil bikin kamu kerepotan dan nggak menikmati momen? Apakah ada cara yang bisa dilakukan untuk menghadapi teman yang ribet saat traveling?

Beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi teman yang ribet saat traveling.

  1. Mengingatkannya dari awal
    Ada baiknya untuk mengingatkannya dari awal dan membuat kesepakatan saat traveling nanti, mulai dari itinerary, tempat menginap, tempat makan, dan berbagai hal lainnya. Beritahu juga dari awal kalau tempat yang akan dikunjungi nantinya pasti akan sangat berbeda dari tempat tinggal asalnya. Ajaklah temanmu ini untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan saat berada di destinasi liburan kamu, bahkan untuk keadaan terburuk sekalipun. Dengan begini, kamu akan sedikit tertolong, deh.

  2. Menghadapi teman yang ribet dengan SABAR
    Hadapilah dengan sabar, karena sabar adalah KOENTJI! Selama kamu masih bisa memaklumi sikapnya, kamu nggak perlu emosi pada temanmu ini. Anggap saja karena mereka belum pernah pergi jauh sebelumnya. Lumayan kan, itung-itung buat latihan menahan emosi dan bisa jadi orang yang lebih dewasa, kan?

  3. Membiarkannya sendiri
    Biasanya sih permasalahannya nggak jauh dari pilihan tempat makan, tujuan wisata, dan toilet. Sementara itu, kamu tetap bisa melakukan berbagai hal yang memang sudah ada dalam itinerary tanpa harus terganggu dengan temanmu yang ribet tadi. Berikan pilihan pada mereka: kalau mau ikut boleh saja, tapi kalau keberatan mereka bisa memilih kegiatannya sendiri tanpa harus mengganggu rencana kamu.

  4. Mencari jalan tengah
    Oleh karena itulah kamu juga kadang harus mengorbankan diri dan mencoba mencari jalan tengah untuk mengatasi permasalahan yang mungkin muncul saat traveling bersama teman, seperti memilih tempat makan dan tempat wisata mana yang harus didahulukan. Tapi, nggak selamanya juga kamu yang harus terus mengalah, usahakan untuk melakukannya dengan adil di mana teman kamu juga harus mengorbankan keinginannya untuk memenuhi keinginan kamu selama traveling.

  5. Kalau sudah nggak memungkinkan, tinggalkan saja temanmu yang ribet itu
    Nah, daripada emosi kamu meledak-ledak, lebih baik tinggalkan saja temanmu ini dan nikmatilah liburan kamu dengan rencana yang sudah kamu susun jauh hari. Biarkan saja teman kamu melakukan hal yang disukainya. Ingat, kamu sudah mengeluarkan banyak biaya dan waktu, jangan sampai menyiakannya hanya karena temanmu yang ribet.

Sumber: