Apakah ada cara menyembuhkan gusi bengkak secara alami?

sakit-gusi

Penyebab gusi bengkak dapat dipicu oleh banyak faktor, dan ketika hal ini terjadi bakal sangat tidak nyaman. Orang yang menderita gusi bengkak rata-rata pasti akan mengeluh walaupun sudah banyak obat untuk gigi bengkak di pasaran. Apakah ada cara menyembuhkan gusi bengkak secara alami?

Cara menyembuhkan gusi bengkak, yang alami selalu lebih aman dan baik tanpa efek samping berbahaya.

  1. Memakai Lidah Buaya
    Lidah buaya adalah tanaman serbaguna dan tak dipungkiri lagi tentang hal tersebut, apalagi kalau bicara tentang khasiat lidah buaya untuk kulit. Untuk gusi bengkak pun, lidah buaya dapat menjadi obatnya. Caranya: Dengan membelah daun lidah buaya menjadi dua untuk mendapatkan gelnya. Ambil gel menggunakan jari bersih Anda, lalu oles ke gusi dan pijat-pijat lembut sampai 2 menit. Setelah itu bersihkan dengan air hangat; lakukan perawatan ini sampai kondisi gusi membaik.

  2. Menggunakan Hidrogen Peroksida
    Gusi bengkak oleh karena peradangan dan terasa amat sakit bisa diatasi oleh hidrogen peroksida di mana bahan ini bakal mampu membasmi kuman. Segala masalah mulut akan dilawan dengan baik. Caranya: Ambil hidrogen peroksidan 3 persen saja dari larutan tersebut beserta juga mempersiapkan air. Berkumurlah dengan campuran tersebut sekitar 30 detik sebelum dibersihkan menggunakan air hangat. Atau, campur hidrogen peroksida bersama baking soda sebanyak 1 sendok teh untuk membuat pasta. Oles pasta ini ke gusi yang sakit dan bengkak, diamkan 1 menit sebelum dibersihkan dengan air. Pastikan Anda melakukannya seminggu 3 kali dan jangan sampai hidrogen peroksidan tertelan.

  3. Kompres Dingin dan Panas
    Kompres panas dan dingin pada gusi yang membengkak dikenal sebagai salah satu cara mengatasi gusi bengkak dengan cepat. Jadi tak ada salahnya Anda mencoba cara yang bisa mengurangi rasa sakit dan pembengkakan ini. Caranya: Ambil kain bersih yang bisa Anda rendam di dalam air hangat, lalu kelebihan air bisa diperas, barulah kain Anda tempelkan ke wajah tepat di area sekitar gusi yang bengkak. Lakukan kompres selama 5 menit, selanjutnya lanjutkan dengan mengompres dengan es batu yang dibungkus handuk ditempelkan ke area yang sama sampai area itu agak mati rasa. Pengulangan sangat dibutuhkan sekitar 3 kali atau lebih hingga rasa sakitnya mereda.

  4. Mengonsumsi Vitamin D
    Vitamin D diketahui memiliki sifat anti inflamasi yang tinggi sehingga sangat baik untuk diandalkan ketika sedang mengalami pembengkakan pada gusi. Bahkan dengan mencukup asupannya, gusi bengkak dapat dicegah untuk kembali dialami. Caranya: Anda bisa berjemur setiap pagi untuk mendapatkan sinar matahari; lakukan hal ini selama 10 menit setiap harinya, tapi jangan terlalu siang. Makanan yang mengandung vitamin D tinggi pun akan sangat membantu, seperti halnya minyak ikan, telur, ikan salmon sampai biji bunga matahari. Suplemen juga boleh dikonsumsi supaya vitamin D bakal membuat tubuh secara maksimal memanfaatkan kalsium penuh sehingga kesehatan periodontal akan meningkat.

  5. Memperoleh Nutrisi yang Tepat
    Untuk gusi dan gigi yang selalu sehat, dan demi kesembuhan pembengkakan gusi supaya cepat sembuh, dapatkan nutrisi-nutrisi penting. Asam folat, vitamin C, hingga kalsium sangat dibutuhkan oleh tubuh Anda. Kurangnya asupan dari nutrisi tersebut berpotensi menjadi pemicu peradangan gusi.

    • Contoh makanan berasam folat tinggi antara lain adalah lentil, alpukat, kacang-kacangan, kacang polong, asparagus, brokoli, dan sayuran berdaun hijau gelap lainnya.
    • Contoh makanan berkalsium tinggi antara lain adalah sereal, susu kedelai, ikan salmon, tofu, sarden dan juga produk olahan susu.
    • Contoh makanan bervitamin C tinggi antara lain adalah kale, jeruk, melon, stroberi, kubis Brussel, kiwi, brokoli, nanas, serta paprika.

Sumber: https://halosehat.com/penyakit/penyakit-gigi-dan-mulut/cara-menyembuhkan-gusi-bengkak