Apakah ada bahaya fluoride pada pasta gigi yang mengintai?

mulut

Fluoride tentu adalah jenis senyawa yang tak asing lagi. Fluoride ini selalu dijadikan bahan pembuatan pasta gigi. Karena diyakini bermanfaat dalam membuat gigi lebih kuat, fluoride selalu ada terkandung di dalam produk-produk pasta gigi. Namun, apakah ada bahaya fluoride pada pasta gigi yang mengintai?

Terimakasih mohon bantu jawabannya yang jelas ya soalnya saya sangat membutuhkan informasi ini. Mohon di jawab ya

Bahaya fluoride pada pasta gigi yang mengintai.

  1. Merusak Tulang
    Walau biasanya yang baik untuk gigi itu juga baik untuk tulang, nyatanya hal ini tak berlaku untuk fluoride. Justru ketika fluoride di dalam tubuh terlalu besar, maka kerusakan tulanglah yang bisa terjadi. Lebih seriusnya lagi, risiko patah tulang akan meningkat untuk para usia lanjut.

  2. Mengganggu Kinerja Tiroid
    Penggunaan fluoride yang secara terus-menerus dalam jangka waktu panjang akan mengganggu fungsi tiroid. Fluoride otomatis akan terakumulasi dan menjadi pemicu sejumlah kondisi. Penyakit jantung, obesitas, tubuh lemas, depresi, kolesterol tinggi serta nyeri sendi adalah risiko gangguan kesehatannya.

  3. Merusak Organ Vital
    Apabila fluoride sampai tertelan ketika menggunakannya, maka terjadilah akumulasi fluoride di dalam tubuh. Akumulasi tersebut bakal terjadi khususnya pada bagian kelenjar dan tulang kita. Akumulasi menandakan bahwa kadar fluoride sangat tinggi sehingga merusak performa organ-organ vital.

  4. Mengganggu Perkembangan Tubuh Anak
    Masa anak-anak adalah masa berkembang, baik secara fisik maupun mentalnya. Perkembangan tubuh bayi saja bisa terganggu akibat fluoride pada susu formula. Jadi, bila anak-anak menyikat gigi dan mungkin secara tak sengaja menelan banyak fluoride, otomatis akan berimbas pada perkembangan tubuh. Pertumbuhan anak-anak akan menjadi terganggu.

  5. Pubertas Dini
    Salah satu bahaya menelan pasta gigi, apalagi terlalu sering dan bahkan terlalu banyak adalah pubertas dini. Telah diteliti oleh beberapa ilmuwan bahwa memang ada kaitan antara produksi kelenjar pineal jumlah tinggi dengan fluoride. Biasanya efek ini terjadi dan dialami oleh para gadis remaja. Masa menstruasi datang 5 bulan lebih awal ketimbang para gadis yang tak mengalami penumpukan fluoride.

Sumber: https://halosehat.com/farmasi/kimia/bahaya-fluoride-pada-pasta-gigi