Apa yg terjadi jika kita membuat program tanpa algoritma?

Algoritma adalah sekumpulan langkah-langkah terbatas untuk mencari solusi suatu masalah. Bagaimana jika sebuah program dibuat tidak dengan membuat algoritmanya terlebih dahulu?

logika dari algoritma merupakan dasar dari semua pemrograman. Logika Algoritma adalah sekumpulan langkah-langkah yang sistematis dan terbatas yang dibuat untuk menyelesaikan suatu masalah. Logika Algoritma dalam pengertian modern mempunyai kemiripan dengan istilah resep, proses, metode, prosedur. Dalam kehidupan sehari-hari tanpa kita sadari kita juga menjalankan algoritma. Seperti mengikuti aturan resep suatu masakan atau menghitung matematika dengan menggunakan rumus, dsb.

Dengan mengetahui Logika Algoritma akan memudahkan kita untuk menulis kode program agar kode program tersusun secara sistematis, efektif, tidak ketukar-tukar, dan yang pastinya tidak membingungkan kita walaupun kode programnya panjang. Dan dengan mempelajari Logika Algoritma akan memudahkan kita dalam mempelajari Bahasa Pemrograman apapun.

Namun, jika kita sudah lancar dalam berpikir secara logika algoritma ataupun sering berlatih menggunakan logika algoritma, maka kita akan merasa jika membuat program tanpa algoritma, karena kita sudah terbiasa.

Dalam dunia teknologi terdapat yang namanya pemrograman terstruktur, dimana saat membuat program kita dituntut menjadi sistematis dalam artian mengerjakan secara step by step. Membuat algoritma berfungsi agar program yang akan kita buat jauh lebih terstruktur dan memudahkan orang lain untuk membaca. Algoritma dapat digunakan untuk memecahkan program yang rumit kemudian dipecah menjadi masalah-masalah sederhana. Dengan membuat algoritma, kita akan dilatih bagaimana membuat sesuatu dengan pola terstruktur mulai dari bagaimana inputnya sampai dengan output yang akan dihasilkan suatu program. Namun algoritma tidak selamanya dibutuhkan, asal pembuat program atau si pembaca algoritma ini mampu memahami apa yang dimaksud oleh si pembuat program.

Sesuai pengertiannya algoritma adalah metode yang terdiri dari langkah-langkah terstruktur untuk mencari solusi suatu masalah. Tetapi apa jadinya jika kita membuat program tanpa algoritma.

Dalam hal ini, algoritma merupakan hal yang penting dibuat sebelum program dirancang. Karena algoritma merupakan inti atau rancangan dari program yang akan dibuat. Dengan membuat algoritma terlebih dahulu, kita bisa memperbaiki kesalahan yang nantinya muncul dengan cepat. Analogi sederhananya yaitu jika kita ingin memasak makanan tentunya kita harus tahu resepnya terlebih dahulu. Jika kita ingin memasak ketoprak langkah-langkahnya tentu akan berbeda dengan memasak nasi goreng.

Jika kita membuat program tanpa algoritma, secara tidak sadar kita sebenarnya memakai algoritma. Karena algoritma itu sendiri secara umum adalah langkah-langkah solusi dari masalah yang akan kita buat programnya. Membuat program tanpa algoritma itu seperti mengecat rumah yang temboknya belum jadi.