Apa yg menyebabkan data menjadi penting di kehidupan?

Data adalah catatan atas kumpulan fakta. Data merupakan bentuk jamak dari datum, berasal dari bahasa Latin yang berarti “sesuatu yang diberikan”. Dari pengertian bisa terlihat bahwa data memilik peran penting dalam kehidupan, apa saja?

Data adalah catatan atas kumpulan fakta. Data merupakan bentuk jamak dari datum, berasal dari bahasa Latin yang berarti “sesuatu yang diberikan“. Dalam penggunaan sehari-hari data berarti suatu pernyataan yang diterima secara apa adanya. Pernyataan ini adalah hasil pengukuran atau pengamatan suatu variabel yang bentuknya dapat berupa angka, kata-kata, atau citra.

image

Dalam bidang perusahaan, data menjadi hal yang sangat penting. Salah satu kunci sukses sebuah perusahaan adalah memanfaatkan berbagai data dengan baik, agar bisa mengambil keputusan tepat. Tak pelak lagi, data menjadi salah satu strategi perusahaan.

“Kami telah menggunakan data digital ini dalam proses pengambilan keputusan di berbagai kasus seperti penentuan teknologi pembayaran yang optimal untuk mitra bisnis,” ujar Adrian saat ditemui di kawasan Jakarta, Rabu (20/4/2016). Adrian adalah seorang Vice President Director Kartuku dan menurut Adrian, proses perencanaan dan pengambilan keputusan perusahaan menjadi lebih efektif dengan menggunakan data digital.

“Karena dari data, bisa dibangun data intelijen yang berguna untuk menggaet konsumen, seperti apa saja yang disukai, sehingga mereka (perusahaan) bisa membuat keputusan tepat soal apa lagi yang akan diberikan kepada konsumen,” tutur Adrian.

Bukan hanya dalam hal perusahaan, dalam kehidupan sehari-hari data juga sangat penting. Jika kita sedang membuat keputusan, maka data adalah yang menjadi dasar perencanaan sehingga perencanaan sesuai dengan kemampuan masing-masing. Selanjutnya setelah ada rencananya, maka data juga dapat berfungsi sebagai alat pengendalian terhadap pelaksanaan perencaan tersebut supaya dapat diketahui dengan segera kesalahan atau penyimpangan yang terjadi sehingga dapat segera diperbaiki atau dikoreksi. Selanjutnya, data juga berfungsi sebagai dasar evaluasi hasil kerja akhir. Apakah hasil kerja yang sudah ditargetkan dapat dicapai 100%, 90%, atau kurang dari itu? Bila target tak tercapai, factor apa yang mempengaruhinya? Semua hal ini membutuhkan data.

source : http://tekno.liputan6.com

Data yang sudah dijadikan dalam bentuk informasi dapat membuat seseorang mengambil keputusan dan mengembangkan aplikasi. Secara umum, data hanyalah kata lain untuk informasi. Tapi dalam komputasi dan bisnis (terutama jika tentang Big Data), data mengacu pada informasi yang dapat di olah oleh mesin maupun manusia.

Contoh kegunaan data pada suatu perusahaan seperti data absensi setiap karyawannya untuk mengetahui manakah karyawan yang harus dipertahankan dan tidak, masukkan dan pengeluarun barang, utung dan rugi yang di peroleh, meningkatkan perusahaan(dengan mengdata keluaran barang apakah barang sudah tidak ada peminat maka perusahaan bisa mengeluarkan produk yang baru. Dan mengdata di tempat mana sajakah yang suka mengkonsumsi/menggunakan barang tersebut, dengan itu maka perusahaan akan mengeluarkan barang yang banyak pada tempat tersebut dan tidak khawatir akan penurunan omzet penjualan).

Data tidak hanya berpacu pada perusahaan dan organisasi saja, individu pun bisa. Dimisalkan, seseorang mengdata belanjaan bulanannya ditambah pengeluaran setiap harinya dengan itu seseorang tersebut dapat mengetahui apakah ia boros atau tidak dengan menyimpulkan datanya selama sebulan penuh. Adanya data juga, seseorang tidak perlu bersusah payah untuk mengingat suatu kejadian lampau. Cukup melihat kembali data yang dibuat lalu dijadikan informasi untuk dirinya sendiri.

Pentingnya data dalam pengembangan aplikasi yaitu dengan melihat peminatnya pada aplikasi yang ia buat dan dibandingkan dengan data minat aplikasi yang lain, apabila kalah peminat maka seseorang tersebut akan menganalisis kembali aplikasi tersebut untuk mengetahui letak kekurangannya.

Pengolahan data dalam kehidupan di sebuah sistem sangat penting. karena sanga membantu sekali dalam sebuah sistem. Sistem yang kompleks sangat terbantu oleh Pengolahan Data, karena selain dapat menyimpan pengolahan data juga dapat membantu mencari data bila diperlukan.

Data adalah :
Suatu penggambaran fakta , pengertian instruksi yang dapat disampaikan dan diolah oleh manusia atau mesin.
Contoh : data berupa angka , karakter, alphabet, simbol, gambar, suara dll
Pengolahan data :
Pengubahan atau transformasi simbol-simbol seperti nomor dan huruf untuk tujuan peningkatan kegunaannya.

Sistem Pengolahan Data :
Sistem yang melakukan pengolahan data.
Contoh : sistem pengolahan data penjualan, sistem pengolahan data pegawai dll.

Tujuan Pengolahan Data :
Untuk mengambil informasi asli (data) dan darinya menghasilkan informasi lain dalam bentuk yang berguna (hasil).

Fungsi dasar Pengolahan Data :

  1. Mengambil program dan data (masukan / input)
  2. Menyimpan program dan data serta menyediakan untuk pemrosesan
  3. Menjalankan proses aritmatika dan logika pada data yang disimpan
  4. Menyimpan hasil antara dan hasil akhir pengolahan.
  5. Mencetak atau menampilkan data yang disimpan atau hasil pengolahan.

Manfaat Pengolahan Data
Dengan digunakannya pengolahan data elektronik, maka manfaat yang dapat diperoleh adalah meminimalkan kebutuhan tenaga manusia , hal ini karena beberapa pekerjaan dilakukan secara otomatis oleh peralatan bantuan seperti komputer . Keuntungan lain adalah kemampuan komputer untuk memproses data lebih besar, keakuratan yang lebih besar, kecepatan yang lebih besar, fasilitas pengendalian otomatis dan pengolahan secara serentak.