Apa yang tidak boleh dilakukan saat berjerawat?

Berurusan dengan jerawat memang butuh kesabaran, ketelitian, ketelatenan, dan (terkadang) budget yang besar. Namun ada beberapa hal yang harus dihindari.

image

Memang benar pernyataan Zakia diatas bahwa urusan jerawat butuh yang namanya kesabaran dan pantang terhadap suatu hal tertentu. Nah ini ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan pada wajah berjerawat. Semoga dapat membantu Zakia :blush:

  1. Hindari penggunaan handuk ketika mengeringkan wajah yang ada jerawatnya. Sebab gesekan antara handuk dengan kulit jerawat kita akan membuat kulit terluka dan parahnya terjadi iritasi. Sebaiknya gunakan saja tisu sebagai alternatif pengganti handuk juga penggunaan tisu lebih lembut dibandingkan handuk

  2. Memecahkan jerawat, kebiasaan yang sebetulnya sulit kita kendalikan, tanamkan kuat pemahaman bahwa hal ini dapat mengakibatkan kerusakan pada kulit wajah yang lebih parah

  3. Hindari yang namanya penggunaan scrub yang bertekstur kasar pada wajah yang sedang berjerawat. Gesekan antara scrub kasar ini dengan kulit dapat menyebabkan rusaknya lapisan kulit luar dan parahnya akan meninggalkan bekas luka dan noda hitam diwajah kita :disappointed_relieved:

  4. Jangan biarkan rambut menempel diwajah, ikat rambut dengan rapi. Kandungan minyak pada rambut tidak baik untuk kulit berjerawat.

  5. Tidak menyentuh jerawat, perhatikan bahwa terdapat kotoran ataupun bakteri pada tangan kita yang justru makin menambah munculnya jerawat baru.

Selamat mengikuti nasihat diatas yaa, Zakia. Intinya bersabarlah~

Sumber rujukan:
DokterSehat.Com, 2018. Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Pada Wajah Berjerawat. [online] doktersehat. Tersedia di: http://doktersehat.com/hal-yang-tidak-boleh-dilakukan-pada-wajah-berjerawat/ [Diakses 23 April 2018]