Apa yang terjadi jika tidak ada jaringan komputer

Salah satu jaringan yang sering digunakan di dunia adalah jaringan komputer. Jaringan ini adalah sebuah jaringan yang memungkinkan komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data. Hal ini dapat menyatakan bahwa jaringan komputer adalah salah satu jaringan yang sering digunakan. Maka dari itu hal apa yang terjadi bila jaringan komputer tidak ada?

Jaringan Komputer yang pada zaman ini sangat vital dalam perkembangan suatu perusahaan, sekarang menjadi pusat perhatian bagi seluruh orang. Hal ini dikarenakan bila jaringna komputer tersebut “tertinggal” sedikit saja, maka perusahaan tersebut dapat merasakan dampak dari yang kecil hingga yang besar. Tentu tidak hanya perusahaan saja yang membutuhkan jaringan komputer, namun seluruh umat manusia juga membutuhkannya dalam berbagai bidang. Lalu bila jaringan komputer di dunia ini di tiadakan, maka dampak apa saja yang akan muncul pada kehidupan manusia?

  1. Sesuai dengan pengertian dari jaringan komputer sendiri adalah sebuah jaringan yang digunakan bagi komputer untuk saling berkomunikasi antar komputer dengan menggunakan data. Bila jaringan komputer di tiadakan maka komputer tidak dapat berkomunikasi dengan komputer lain dan akan berfungsi sebagai alat penghitung saja.

  2. Komputer menjadi salah satu media pembelajaran dengan menggunakan internet sebagai jendela pengetahuannya. Bila jaringan komputer ditiadakan maka jendela pengetahuan dari komputer akan menghilang dan akhirnya orang – orang yang ingin mencari ilmu pengetahuan yang baru akan sering kembali menuju perpustakaan atau tempat – tempat lain yang dapat menambah ilmu pengetahuannya

  3. Pada bidang kesehatan, akhir – akhir ini para dokter pasti memakai jaringan komputer untuk memantau keadaan pasiennya. Bila jaringan komputer ditiadakan maka dokter harus 24 jam menjaga pasiennya agar sewaktu – waktu pasien terjadi masalah dapat dengan cepat ditangani. Serta pengontrolan dan pemulihan pasien akan turun drastis kualitasnya.

  4. Komputer sering kali menjadi sarana usaha dalam dunia digital. Jikalau jaringan komputer ditiadakan maka sarana usaha di dalam dunia digital akan hilang dan akan kembali dalam pada zaman perindustrian dulu.

Referensi :


Pengertian-Jaringan-Komputer

Jaringan komputer adalah adalah suatu jaringan yang menghubungkan komputer - komputer untuk berkomunikasi dan bertukar data. Jaringan komputer bertujuan untuk memudahkan alur transportasi data. Jaringan komputer memiliki sangat banyak manfaat yaitu seperti: memudahkan orang untuk mengakses file bersama - sama, mempermudah dan mempercepat pengiriman data, mempercepat arus informasi, dan masih banyak lagi. Bayangkan apabila jaringan komputer itu tidak ditemukan(tidak ada) maka akan banyak sekali kerugian yang terjadi baik bagi masyarakat maupun perusahaan, contohnya :

  1. Sharing data akan lebih susah atau tidak semudah sekarang.
  2. Data dan informasi akan susah menyebar atau lama dalam penyebarannya.
  3. Tidak hematnya biaya karena dalam penyebaran data dan informasi menggunakan transportasi yang biayanya mahal.
  4. Berkurangnya / semakin sedikitnya lapangan pekerjaan. Saat ini pekerjaan dalam hal informasi sangatlah banyak dicari.
  5. Tidak adanya email dan social media.
  6. Orang-orang masih menggunakan sms dalam berkirim pesan.
  7. Orang-orang kembali menggunakan buku dan perpustakaan sebagai media belajar.
  8. Berkurangnya efisiensi dan efektivitas dalam banyak hal.

Sumber :

Pada era di saat ini jaringan komputer yang telah berkembang dengan pesatnya semakin memudahkan seseorang dalam melakukan segala hal didalam pekerjaan mereka. Dengan adanya jaringan komputer komunikasi menjadi semakin dimudahkan dan efisien. Pada saat ini jaringan internet pun bagaikan sesuatu kebutuhan pokok yang harus ada pada setiap kegiatan masyarakat dunia. Karena jaringan komputer sangat penting setiap orang, lalu bagaimana jika tidak ada jaringan komputer seperti saat ini?
Berikut adalah beberapa dampak yang bisa terjadi jika tidak adanya jaringan komputer:

1. Rendahnya pengetahuan global yang dimiliki manusia.
Dengan tidak adanya jaringan komputer manusia pasti akan menjadi lebih susah untuk mendapatkan informasi-informasi penting dengan cepat dan mudah. Hal tersebut menjadikan kurangnya wawasan pengetahuan dan perkembangan sumber daya pun akan semakin lambat untuk berkembang menjadi lebih baik.

2. Terbatasnya komunikasi.
Salah satu manfaat jaringan komputer adalah untuk memudahkan setiap individu untuk bisa berkomunkasi dengan individu lain dengan cara yang praktis. Namun, jika tidak adanya jaringan komputer maka kita akan sangat kesulitan dan terbatasi dalam melakukan komunikasi dengan orang yang sedang berada jauh dari kita dan membutuhkan waktu yang lebih lama karena terbatasnya alat untuk berkomunikasi secara jarak jauh.

Komunikasi antara negara pun akan berkurang, orang-orang pun juga akan mengalami hal tersebut dikarenakan ngobrol, video chat, email tidak ada. dan akan berdampak juga pada kegiatan usaha yang memerlukan jaringan yang luas antar negara.

3. Pengangguran semakin meningkat.
Saat ini banyak orang yang menggunakan internet sebagai media dalam melakukan pekerjaannya. Bahkan banyak perusahan besar yang sukses saat ini pasti selalu ada sangkutpautnya dengan jaringan komputer, yang telah menciptakan banyak lapangan pekerjaan. Apabila jaringan komputer tidak ada maka pekerjaan orang-orang tersebut pun juga tidak pernah ada sehingga semakin menambahnya jumlah pengangguran di dunia ini.

4. Susah mentransfer data.
Sekarang kita bisa dengan mudah mentransfer berbagai jenis data seperti Audio, Video, Teks, file PDF, Aplikasi melalui internet tapi jika internet tidak ada, bagaimana untuk mengtransfer file? pasti akan menjadi sangat sulit. dan Orang-orang akan melakukan transfer file dengan cara manual dengan menggunakan USB, Bluetooth, CD-rom dll. Yang pastinya akan menguras banyak waktu dan tenaga kita.

5. Penyebaran berita atau informasi menjadi lambat.
Dengan teknologi komputer, kita bisa mengetahui berita-berita yang update setiap harinya. Sehingga siapapun dapat mengakses berita dengan cepat dan selalu update.


Jaringan computer di era ini menjadi sesuatu yang dianggap krusial, karena sadar ataupun tidak kita semua sudah saling terhubung dengan jaingan computer. Adanya jaringan computer sangat memudahkan berbagai pekerjaan manusia. Ilmu pengetahuan lebih mudah diakses komunikasi jarak jauh juga menjadi mudah. Bahkan, saat ini semua aspek kehidupan memanfaatkan kecanggihan teknologi yang disediakan karena adanya jaringan computer. Namun, apa yang akan terjadi jika tidak ada jaringan computer?
Berikut beberapa bidang yang sangat terkena dampak dari ketiadaan jaringan computer.

  1. Penyebaran informasi :
    Informasi adalah bagian terpenting dari kehidupan saat ini, tanpa jaringan computer penyebaran informasi akan sangat lambat . dan hal itu akan berpengaruh ke aspek lainnya.

  2. Komunikasi :
    Jaringan computer sangat memudahkan orang dalam berkomunikasi, khususnya komunikasi jarak jauh. Jika tidak ada jaringan maka komunikasi akan kembali ke cara konvensional yaitu bertemu secara langsung. Atau bisa lewat surat menyurat.

  3. Bisnis :
    Hampir semua bisnis saat ini mengandalkan internet mulai dari sekadar menjadi media promosi hingga jantung bisnis itu sendiri. Ketiadaan jaringan internet akan membuat kehidupan berbisnis kembali menjadi bisnis di dunia nyata, tidak ada lagi bisnis online. Perusahaan perusahaan besar juga akan sulit berkembang karena tidakn adanya media promosi yang menyebar secara global, meski ada beberapa bisnis yang mampu bertahan.

  4. Pendidikan :
    Tidak dapat dipungkiri bahwa pendidikan saat ini sangat memanfaatkan jaringan computer, khususnya dalam pembelajaran, pelajar sangat membutuhkan informasi yang disediakan. Ketiadaan jaringan computer membuat rendahnya pengetahuan yang dimiliki pelajar, khususnya pengetahuan global.

Selain ke-empat aspek tersebut masih banyak aspek lain yang akan terkena dampak. Kesimpulannya ketiadaan jaringan computer akan sangat berpengaruh bagi kehidupan masyarakat zaman ini,

Sumber :
http://jamieking.co.uk/kb/life-without-the-internet.html
http://asmarie.blogdetik.com/2012/01/21/10-hal-yang-terjadi-jika-dunia-tanpa-internet