Apa Yang Terjadi Jika Fungsin Hormon Insulin Terganggu?

Apa Yang Terjadi Jika Fungsin Hormon Insulin Terganggu?

Jika produksi hormon insulin terganggu atau tubuh mengalami kesulitan untuk menggunakannya, maka kadar glukosa dalam tubuh dapat meningkat.

Gangguan pada kadar gula darah tersebut bisa menimbulkan beberapa masalah di bawah ini:

  1. Prediabetes
    Pada beberapa orang, tubuhnya mungkin tidak mampu menggunakan insulin dengan baik dan benar. Hal ini tentu saja membuat kadar glukosa darah meningkat, meski levelnya tidak setinggi para penderita diabetes tipe-2.

Keadaan ini biasa disebut sebagai kondisi prediabetes. Jika tidak segera ditanggulangi, penderitanya kemungkinan akan menderita diabetes tipe-2.

  1. Diabetes tipe 1
    Diabetes tipe 1 dapat terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menghancurkan sel-sel pembuat insulin di pankreas. Artinya, pankreas tidak bisa lagi memproduksi hormon insulin.

Jika hal ini terjadi, maka penderitanya harus menggunakan suntikan insulin setiap hari. Jika tidak menggunakan suntikan hormon ini secara rutin, penderitanya terancam mengalami komplikasi penyakit diabetes yang berbahaya hingga mengancam jiwa.

  1. Diabetes tipe 2
    Pada penderita diabetes tipe-2, tubuh penderita masih bisa menghasilkan insulin. Hanya saja, sel-sel tubuh tidak merespon hormon ini dengan baik. Hal ini membuat proses pengubahan glukosa menjadi energi tidak berjalan dengan optimal.

Alhasil, kadar gula darah menjadi lebih tinggi. Seiring waktu, hal ini akan membuat produksi insulin makin menurun sehingga kadar gula darah kian meningkat.

  1. Diabetes gestasional
    Hormon tertentu dalam tubuh bisa juga menyebabkan terganggunya kinerja insulin. Hal ini umum terjadi pada perempuan hamil, di mana hormon tubuh mengalami fluktuasi. Kondisi ini dikenal dengan istilah diabetes gestasional atau disebut juga diabetes kehamilan.

Beruntung, kondisi ini akan segera pulih kembali setelah kehamilan berakhir. Hanya saja, penderita diabetes gestasional harus waspada karena berisiko lebih besar menderita diabetes tipe-2 di kemudian hari.

Jika merasa bahwa fungsi hormon insulin dalam tubuh tidak bekerja dengan optimal, hal yang paling baik untuk dilakukan adalah segera menghubungi dokter. Tindakan ini sebaiknya dilakukan karena bukan hal yang mudah untuk menangani gangguan pada hormon insulin.