Apa yang terjadi jika erosi gigi dibiarkan?

Erosi gigi adalah terkikisnya permukaan gigi akibat proses yang terjadi secara kimiawi, di mana lingkungan mulut bersifat asam dengan pH di bawah 5. Perubahan gaya hidup dan tingginya konsumsi makanan dan minuman yang bersifat asam dapat menjadi faktor pendukung terjadinya erosi gigi.

Jika erosi gigi terus berlanjut tanpa penanganan, gigi akan semakin banyak terkikis dan mengakibatkan sensitivitas gigi, rusaknya bidang permukaan kunyah gigi, dan tentunya estetika yang buruk. Umumnya kerusakan gigi terjadi secara menyeluruh, baik gigi depan maupun belakang.

Gigi yang sudah terlanjur rusak akibat erosi gigi mungkin memerlukan rehabilitasi yang luas oleh dokter gigi, seperti restorasi gigi geligi bahan tambal sewarna gigi, perawatan labial veneering, bahkan pembuatan mahkota tiruan (jacket crown).

Jika gigi geligi Anda mengalami erosi, segera periksakan diri ke dokter gigi untuk mendapatkan perawatan terbaik.

Jika Anda memiliki gigi yang sensitif, gunakan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif dengan kandungan seperti: HAP (hydroxyapatite) mineral dan potassium citrate yang mampu mengurangi rasa ngilu pada gigi dalam 30 detik. Kandungan HAP mineral dan Fluoride pada pasta gigi sensitif mampu mempertahankan kekuatan gigi lebih lama.

www.klikdokter.com