Apa yang seharusnya dilakukan oleh seorang manajer dalam mengidentifikasi risiko ?

risk-mgmt-crop-620x250
Identifikasi Risiko adalah usaha untuk menemukan atau mengetahui risiko – risiko yang mungkin timbul dalam kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan atau perorangan.

Sebagai orang yang bertanggung jawab pada perusahaan dan proyeknya, manager perlu melakukan beberapa hal dalam identifikasi risiko. Lalu apa saja yang seharusnya dilakukan oleh seorang manajer ?

Hal – hal yang seharusnya dilakukan oleh manajer perusahaan dalam mengidentifikasi risiko yaitu :

  1. Mengetahui kemungkinan-kemungkinan terjadinya suatu kerugian dan harus berhati – hati atas kemungkinan timbulnya setiap kerugian dan hal ini merupakan tugas utama seorang manajer risiko.

  2. Memperkirakan frekuensi dan besar kecilnya risiko sehingga dapat diperkirakan kemungkinan kerugian maksimum dari risiko yang berasal dari berbagai sumber.

  3. Memutuskan pemakaian metode pengolahan risiko yang terbaik dan paling ekonomis,apakah dengan jalan menghapuskan, mengurangi, membatasi, menanggung sendiri, memindahkan atau mengkombinasikan metode-metode tersebut.

  4. Mengadministrasikan program-program manajemen risiko termasuk mengadakan penilaian kembali atas program-program, pencatatan-pencatatan dan lain sebagainya.

SUMBER: