Apa yang sebaiknya kita lakukan bila team kita kehilangan ketertarikan akan hal yang sedang kita kerja kan?

Jalin komunikasi yang baik dengan rekan kerja dan atasan. Lingkungan kerja yang baik dan harmonis membuat suasana kerja menjadi lebih semangat. kita bisa menjalin komunikasi yang baik dengan tim atau
rekan kerja dan juga dengan pimpinan.

Hal yang terpenting dalam sebuah team work adalah komunikasi yang lancar. Leader dari sebuah team harus menjalin komunikasi baik dengan anggotanya dan leader harus membuat setiap anggota team juga terjalin komunikasi yang baik.

Hal yang perlu dilakukan oleh leader adalah memberikan waktu dan prasarana untuk semua anggota team waktu untuk refresing, disitulah setiap anggota team dapat sharing sehingga semua anggota dapat membahas semua permasalahan yang dialami oleh setiap anggota dengan suasana an nyaman, hal itu juga dapat mempererat keakraban antar anggota sehingga suasana kerja akan semakin nyaman dan juga memberikan waktu luang untuk anggota untuk menenangkan pikiran sehingga anggota team juga stress dan bosan dengan pekerjaannya.

Leader juga dapat memberikan reward ke setiap pekerjaan anggotanya sehingga setiap anggota menjadi bersemangat dalam pekerjaannya.

Bila dari sudut pandang team leader, benar memang membangun suasana semangat dan hangat kepada anggota tim seharusnya dilakukan agar dapat menjaga kerjasama bahkan hubungan baik antar anggotanya. Selain membangun suasana atau lingkungan kerja yang nyaman biasanya pun dari perusahaan memberikan training berupa workshop atau seminar dengan topik yang relevan dengan project dan job desk dari anggota. Sehingga diharapkan dari training tersebut tiap individu terfokus atau bahkan bisa terinspirasi kembali dengan pekerjaan mereka dari ilmu baru yang didapat.

Kedua, dari sudut pandang sebagai anggota team. Sebaiknya kita memiliki sense of belonging terhadap team dan pekerjaan, karena dengan begitu kita dapat mengendalikan diri agar selalu berusaha fokus kembali terhadap team. Biasanya ditandai dengan sadar akan tanggung jawab dia dalam team.

Menurut saya, hal yang paling penting untuk dilakukan ketika pertama kali ketika membangun sebuah team yang baik adalah menyatukan visi. Ketika sebuah team telah memiliki sebuah visi yang jelas mengapa team tersebut dibentuk, barulah disana kita bisa bekerja sebagai team yang sesungguhnya.
Lalu, apa yang harus kita lakukan bila team kita mulai kurang tertarik dengan apa yang kita kerjakan? Ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh pimpinan team dan anggota team, yaitu

  • Mengingat kembali apa tujuan awal team tersebut dibentuk
  • Pimpinan team memberikan motivasi kepada anggota teamnya
  • Setiap anggota team menjalin komunikasi yang baik satu sama lain
  • Membangun suasana atau lingkungan kerja yang kondusif
  • Memberlakukan sistem reward and punishment bagi anggota team berdasarkan kinerjanya

Dalam melakukan suatu pekerjaan, ada kalanya kita sebagai team leader juga harus mampu dalam melihat situasi dan kondisi rekan-rekannya. Kita tidak bisa dituntut terus untuk bekerja, ada kalanya ada hiburan dalam bekerja. Hilangnya ketertarikan seseorang terhadap apa yang sedang dikerjakan itu dikarenakan seseorang tersebut sudah menemukan hal - hal lain yang menurutnya lebih menyenangkan dan bagus. Dan pada akhirnya pekerjaan sebelumnya akan mulai ditinggalkan.

Maka dari itu, kita sebagai team leader harus memberikan suatu motivasi, semangat, lebih dekat lagi dengan anggota,komunikatif sehingga kita tahu apa yang sedang dibutuhkan / dialami oleh anggota pada saat itu juga.
Dan pada akhirnya mereka juga akan memiliki ketertarikan pada anda dan pekerjaan yang anda berikan