© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa yang perusahaan e-commerce lihat ketika mempekerjakan seorang fresh graduate?

e-commerce

Seorang yang baru lulus dari suatu universitas atau yang biasa disebut fresh graduate ilmu komputer biasanya belum memiliki pengalaman dalam bekerja, mereka hanya mengetahui materi apa saja yang diajarkan di universitas yang terkadang tidak sepenuhnya di terapkan pada dunia pekerjaan. Menurut kalian apa yang dilihat oleh perusahaan e-commerce seperti blibli, bukalapak ataupun tokopedia untuk mempekerjakan seorang fresh graduate?

Beberapa hal yang saya dapat dari berdiskusi dengan HRD perusahaan IT di Indonesia, terkait kriteria dalam mencari pekerja baru antara lain :

Mempunyai semangat yang besar untuk bersama-sama mengembangkan perusahaan

Biasanya yang menjadi prioritas utama seseorang bekerja adalah Pendapatan. Ada satu hal yang kadang dilupakan, bahwa pendapatan seorang pegawai sangat ditentukan oleh pendapatan perusahaan itu sendiri. Pendapatan pegawai di Google ketika masih menjadi startup tentunya sangat berbeda dengan pendapatan pegawai di Google saat ini.

Oleh karena itu, mereka sangat serius untuk mencari pegawai yang memang benar-benar mempunyai semangat untuk mengembangkan perusahaan, tidak semata-mata hanya memikirkan dirinya sendiri.

Satu hal lagi yang paling penting, semangat tidak dapat dipelajari, tetapi merupakan sesuatu hal yang memang sudah ada dalam diri pribadi tersebut.

Mempunyai kreatifitas dan inovatif yang tinggi, terutama yang berkaitan dengan problem solving

Kreatifitas dan inovatif adalah kemampuan yang hanya didapat dengan berlatih dan kemampuan tersebut tidak bisa dilatih dalam waktu cepat.

Membutuhkan waktu yang lama agar seseorang mempunyai kemampuan problem solving yang baik.

Oleh karena itu, berdiskusi, banyak membaca dan menulis serta kebiasaan menganalisa sesuatu hal dengan mendalam sebaiknya sering dilakukan oleh mahasiswa.

Mempunyai kompetensi dasar yang kuat terkait dengan bidang ilmunya.

Setiap perusahaan pasti mencari pegawai untuk ditempatkan di departemen sesuai dengan yang dibutuhkan saat itu. Departemen IT akan membutuhkan bidang ilmu IT, departemen financial akan membutuhkan bidang ilmu Akuntansi, departemen legal akan membutuhkan bidang ilmu hukum dan lain sebagainya.

Untuk bidang ilmu IT, sebaiknya mahasiswa mulai membuat produk IT ketika masih menjadi mahasiswa, karena produk tersebut akan menjadi portofolio anda apabila nanti akan mencari kerja.

Dengan portofolio tersebut, perusahaan akan dapat menilai kemampuan hardskill anda dengan lebih mudah, karena sudah terbukti secara nyata.

Masih banyak pertimbangan-pertimbangan lainnya, tetapi dari yang saya dapat ketika berdiskusi dengan mereka, 3 hal itu menjadi kunci utama perusahaan dalam mencari pegawai baru.

1 Like