Apa yang Perlu Dilakukan untuk Memperkuat Kelembagaan dan Infrastruktur Pangan?

makanan-nabati

Kak saat ini pangan juga sedang menjadi pusat perhatian bagi negara, apa yang perlu dilakukan oleh negara untuk dapat memperkuar kelembagaan serta infrastruktur bagi pangan?

1 Like

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menguatkan kelembagaan dan infrastruktur pangan:

  1. Regenerasi Petani
    Generasi muda memiliki peran yang besar serta fungsi yang strategis dalam akselerasi pembangunan pangan nasional. Tantangan yang saat ini dihadapi adalah mengubah cara pikir generasi muda terhadap pertanian, karena masih banyak potensi pertanian yang belum di eksplor dan dipergunakan dengan optimal. Oleh karena itu, untuk menarik perhatian generasi muda maka perlu dilakukan pembangunan pertanian yang lebih maju dan modern berbasis inovasi dan teknologi sehingga mampu menghasilkan produk dengan nilai ekonomi yang tinggi pula yang dibutuhkan oleh pasar.
  2. Pengembangan Kemitraan Ketahanan Pangan
    Melakukan kerjasama antara akademisi, bisnis, pemerintahaan, serta lembaga masyarakat. Adanya kerjasama ini akan memperkuat integrasi sistem pangan dan gizi sehingga akan lebih efesien dan efektif, disertai pula dengan adanya jaminan pasar, harga, dan peningkatakan kualitas kesehatan masyarakat. Masing-masing stakeholders dapat memaksimalkan seluruh potensi untuk mewujudkan kesejahteraan rakyatnya yang terukur dari peningkatan produksi, manfaat sosial ekonomi bagi masyarakat ataupun skor parameter gizi dan kesehatan. Akademisi dapat berperan dalam pengembangan teknologi dan inovasi yang ditujukan untuk memacu peningkatan nilai daya saing dan keuntungan pada produk pangan nasional.
  3. Penguatan Organisasi Petani-Nelayan
    Peningkatan pengetahuan pada petani dan nelayan akan membantu berkembangnya organisasi petani sekaligus akan meningkatkan posisi tawar petani. Penguatan organisasi ini dilakukan dengan tujuan agar dapat mengakses berbagai informasi dari luar, seperi informasi pasar, permodalan, serta teknologi dan manajemen peningkatan kemampuan dalam melakukan negosiasi dalam perdagangan sehingga organisasi tersebut dapat mengembangkan jaringan ekonomi yang luas. Adanya pendekatan ini diharapkan akan terjadinya pemberdayaan petani-nelayan untuk menuju skala yang semakin besar, yang pada akhirnya akan mendorong terjadinya kerja sama anatarorganisasi dan kawanan usaha yang lebih produktif.

Dewan Ketahanan Pangan. 2015. Kebijakan Strategis Pangan dan Gizi 2015-2019