Apa yang Menyebabkan Sakit Punggung Kanan Atas?

Selain aktivitas atau olahraga berlebihan, rasa sakit yang mendera bagian punggung sebelah kanan bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Hanya saja untuk memastikan penyebabnya kamu harus mengetahui lokasi nyeri dengan tepat. Apa yang Menyebabkan Sakit Punggung Kanan Atas?

Jika rasa sakit mendera punggung kanan bagian atas, beberapa hal berikut ini bisa jadi penyebabnya:

Cedera otot
Otot yang terletak di leher, bahu, dan punggung yang menopang kepala bagian atas akan menimbulkan nyeri punggung kanan bagian atas. Hal ini terutama terjadi ketika bagian tersebut mengalami cedera atau tegang.

Kondisi tulang
Luka atau memar pada tulang yang ada di bagian atas seperti tulang leher, bahu, tulang rusuk, tulang belikat, atau tulang kerah juga bisa menimbulkan rasa sakit pada punggung bagian kanan sebelah atas.

Masalah pada paru-paru
Nyeri di bagian ini juga bisa disebabkan oleh masalah yang menimpa paru-paru, terutama jika bagian kanan dari organ ini yang mengalami masalah. Penyebab umum yang biasanya menyebabkan nyeri adalah pneumonia dan pleuritis.

Penyebab lain
Masalah-masalah terkait organ-organ dalam seperti kantung empedu, hati, usus, perut, dan kerongkongan bisa menyebabkan nyeri pada punggung bagian kanan.

Selain itu, gangguan pada ginjal dan tuba falopi juga dapat menyebabkan hal yang sama. Masalah pada ovarium dan kehamilan ektopik mungkin juga menyebabkan rasa sakit pada punggung kanan sebelah atas.

Oleh karenanya, jangan abaikan jika kamu mengalami rasa sakit punggung sebelah kanan.

Selain itu, dalam kasus tertentu, bisa terjadi kondisi darurat jika rasa sakitnya disebabkan kecelakaan, disertai dengan susah bernapas, batuk mendadak atau batuk berdarah, muntah darah, susah menelan, atau perasaan seperti tersedak.