Apa yang menyebabkan penyakit Celiac?

Penyakit celiac adalah kondisi yang ditandai reaksi autoimun tubuh terhadap gluten. Gluten merupakan protein yang bisa ditemukan pada gandum serta tepung. Apa yang menyebabkan penyakit Celiac?

Hingga saat ini, penyebab yang melatarbelakangi penyakit ini belum bisa dipastikan. Alasan kenapa sistem kekebalan tubuh penderita bereaksi negatif terhadap gluten dan menyerang vili pun tidak diketahui.

Para pakar menduga bahwa risiko penyakit ini dipengaruhi oleh genetik. Bila memiliki anggota keluarga yang mengidap penyakit celiac, risiko Anda akan bertambah. Kemungkinan Anda akan meningkat hingga 10 persen jika orang tua atau saudara kandung Anda mengidap penyakit yang sama.

Pernah mengidap infeksi virus, operasi, serta trauma emosional pun dianggap bisa memicu penyakit ini. Demikian pula dengan wanita pada pasca persalinan.

Penyakit celiac diduga lebih mungkin dialami oleh orang yang mengidap beberapa penyakit lain, seperti diabetes tipe 1, sindrom Down, penyakit Addison, sindrom turner, atau rheumatoid arthritis.