Apa yang menyebabkan Pasir Pantai berwarna-warni?

Pasir merupakan material berupa butiran dengan ukuran 0,0625-2 mm. Pasir berasal dari berbagai macam benda, biasanya berupa bebatuan yang kemudian karena mengalami berbagai macam proses berubah menjadi butiran-butiran kecil. Bebatuan berasal dari gunung berapi yang meletus. Jenis batuan menentukan warna pasir yang berada di pantai.

Pasir berasal dari berbagai macam benda, biasanya berupa bebatuan yang kemudian karena mengalami berbagai macam proses berubah menjadi butiran-butiran kecil. Bebatuan berasal dari gunung berapi yang meletus. Jenis batuan menentukan warna pasir yang berada di pantai. Pantai yang berpasir putih misalnya, itu disebabkan batuan di pegunungan setempat yang mengandung banyak kapur. Warna pasir pantai yang hitam disebabkan batuan banyak mengandung tanah alluvial.

Selain warna pasir hitam dan putih yang sudah umum kita jumpai, ada pantai di Indonesia yang pasirnya berwarna pink atau kemerahan. Sebenarnya bukan keseluruhan pasir berwarna pink, tapi merupakan campuran putih dan merah. Warna merah ini berasal dari koral, pecahan kerang, dan kalsium karbonat yang berasal dari hewan laut disana.

Selain itu, warna merah ini juga berasal dari makhluk mikroskopik bernama foraminifera yang memiliki cangkang tubuh kemerahan. Kalau kamu ingin melihatnya secara langsung, pantai berpasir pink ini ada di Pulau Komodo, Flores, NTT atau di Harbour Island, Bahama.

Pantai yang berpasir hijau juga ada, yaitu di Papakolea, Hawaii. Pasir pantai ini berwarna hijau tua surealis seperti rumput karena mengandung mineral olivin, unsur utama yang dihasilkan endapan lava gunung berapi di Hawaii.

Sementara itu, pasir pantai berwarna ungu dapat kita jumpai di pantai Pfeiffer, California. Rahasia warna ungu pada pasir pantai ini adalah kandungan mineral mangan pada pasirnya. Apalagi jika ditempa cahaya matahari atau bulan, semakin menambah keindahan warna ungu di pantai ini.
Jadi, warna warni pasir pantai tergantung pada kandungan pasirnya.

Sumber:
sains.me