Apa yang menyebabkan On Demand IT Business bisa menjadi trend?

Dalam jangka waktu 5 tahun terakhir, startup telah berkembang menjadi bagian kehidupan sehari-hari, seiring dengan semakin meningkatnya penetrasi akses internet di masyarakat. Termasuk dengan On Demand IT Business yang menjaci trend bisnis sekarang, nah mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Sekarang ini di jaman yang sudah serba canggih dan serba mudah memang menjadi ajang bagi mereka para pelaku dan juga pekerja bisnis untuk bisa membuat dan menciptakan sebuah usaha yang mudah untuk diterima dan mudah untuk dinikmati oleh semua masyarakat yang ada di Indonesia bahkan dunia. Perkembangan bisnis online di Indonesia terbilang sangat pesat terlihat dari banyaknya Pebisnis yang melakukan transaksi secara online di Situs-situs E-commerce.

Faktor yang menyebabkan hal tersebut berkembangnya bisnis dengan sistem online salah satunya adalah karena mudahnya untuk di jangkau dan di nikmati oleh masyarakat Indonesia bahkan sampai dengan masyarakat yang tinggal di daerah sana. Hal tersebut tentu saja menjadi faktor yang menjadi penyebab kenapa semakin berkembang dan tumbuh pesatnya bisnis dengan sistem online yang ada di Indonesia.

Menjamurnya Perkembangan bisnis online

Masyarakat Indonesia tentu saja menginginkan dan membutuhkan adanya sistem online yang bisa mereka nikmati dan mereka manfaatkan untuk bisa membantu dan memberikan kemudahan bagi mereka untuk membantu memenuhi setiap kebutuhan mereka dengan baik dan tentu saja dengan proses yang cepat dan mudah.

Adanya sistem penjualan dan pembelian yang bisa dilakukan secara online memberikan masyarakat kemudahan di dalam memilih setiap kebutuhan mereka yang bisa mereka pesan dan dapatkan secara online, sehingga hal tersebut tidak akan mengganggu aktifitas dan juga kegiatan mereka yang lainnya.

Perkembangan Bisnis Online di Masyarakat

Perkembangan Bisnis online memang sangat pesat, terutama masyarakat Indonesia, mengingat bahwa sudah sangat banyak dan semakin banyaknya masyarakat di Indonesia yang melakukan pembelanjaan untuk kebutuhan mereka sehari-hari dengan menggunakan sistem online yang sangat mudah untuk dilakukan masyarakat Indonesia dari mana saja dan juga kapan saja sesuai dengan yang mereka inginkan dan juga sesuai dengan yang mereka butuhkan.

Para pebisnis dan juga penjual dengan sistem online sekarang ini sudah memasuki dan sudah bisa untuk di nikmati dalam setiap jenis kebutuhan masyarakat yang ada di Indonesia, seperti kebutuhan pakaian, sepatu, tas, barang-barang elektronik, dan hingga makanan pun sekarang ini sudah bisa untuk di pesan dan di nikmati dalam bentuk sistem online, yang pastinya akan sangat di manfaatkan dan sangat bermanfaat bagi masyarakat yang memiliki kesibukan di luar rumah untuk tetap bisa merasakan dan menikmati makanan yang ingin mereka makan dengan memesan secara online.

Bisnis online

Semakin mudahnya masyarakat untuk bisa memiliki dan juga membeli segala macam kebutuhan yang mereka inginkan dengan adanya sistem online, tentu saja merupakan sebuah kemajuan jaman yang memang sangat memberikan dampak yang sangat besar terhadap masyarakat Indonesia itu sendiri.

Para pelaku bisnis yang menggunakan dan memanfaatkan adanya sistem online juga diberikan keuntungan karena semakin banyaknya juga para masyarakat yang membeli produk mereka. Begitu juga dengan masyarakat yang diberikan kemudahan dan juga keuntungan dengan adanya belanja sistem online, sehingga mereka tidak perlu lagi repot dan juga ribet untuk keluar rumah terkena macet di jalan untuk bisa memiliki kebutuhan yang diinginkan, karena sudah bisa dilakukan dengan cara online.

Sistem online ini memang sangat berkembang dengan sangat pesat terutama memang di dalam usaha dan juga bisnis online itu sendiri yang semakin banyak tumbuh dan hadir di kalangan masyarakat Indonesia. Keuntungan yang bisa dimiliki dan di nikmati oleh kedua belah pihak dari sang penjual dan juga sang pembeli memang menjadi sebuah faktor yang membuat bisnis ini begitu maju.

source:
http://blog.evercoss.com/2017/08/perkembangan-bisnis-online.html/

image

Fenomena e-Business tidak dapat disangkal telah menjadi trend yang mewarnai aktivitas bisnis di negara-negara maju maupun berkembang. Konsep baru yang berkembang karena kemajuan teknologi informasi dan berbagai paradigma bisnis baru ini dianggap sebagai kunci sukses perusahaan - perusahaan di era informasi dan di masa-masa mendatang.

Menurut O’Brien (2005) menjelaskan bahwa e-business adalah penggunaan internet dan jaringan serta teknologi informasi lainnya untuk mendukung e-commerce, komunikasi dan kerjasama perusahaan, dan berbagai proses yang dijalankan melalui web, baik dalam jaringan perusahaan maupun dalam para pelanggan serta mitra bisnisnya.

Di era teknologi dan kebutuhan konsumen yang sangat dinamis akan membawa perusahaan dan para eksekutif bisnis harus merevolusi aktivitas bisnisnya. Penggunaan media internet, situs web, dan jaringan computer lainnya secara optimal menjadi faktor penting dalam kesuksesan penerapan e-business dan e-commerce di suatu perusahaan.

Faktor Pendorong E-Business

Perkembangan implemantasi konsep e-business disebuah industri atau negara sangat dipengaruhi oleh external driving force yaitu : Customer Expectations, Competitive Imperatives, Deregulation, dan Technology.

  1. Customer Expectations
    Yang diharapkan konsumen pada saat ini tidak cukup dipuaskan dengan baiknya kualitas sebuah produk, tetapi pelanggan juga mengharapkan adanya pelayanan pra dan pasca jual yang baik. Spektrum pelayanan yang dimaksud antar lain : Pemesanan dapat dilaksanakan anytime, anywhere, pembayaran pembelian produk dengan metode yang beragam misalnya kartu kredit, kartu debit maupun layanan transfer, dan adanya fasilatas asuransi produk serta pengiriman produk yang cepat dan harga kompetitif, dan lain-lain.

  2. Competitive Imperatives
    Globalisasi telah membentuk sebuah arena persaingan dunia usaha yang sangat ketat. Pelanggan akan dengan mudah membandingkan kualitas produk dan pelayanan antar perusahaan, hal ini memaksa perusahaaan mengembangkan strategi bisnis yang tepat.

  3. Deregulation
    Secara makro deregulasi yang dilakukan oleh pemerintah maupun negara-negara lain telah (lembaga lain seperti WTO, APEC, AFTA) turut mewarnai bentuk dunia usaha dimasa datang terutama dengan konsep perdagangan bebas antar negara dan industri. Internet disini dinggap sebagai sebuah arena dimana konsep kompetisi sempurna dan pasar terbuka telah terjadi terutama produk –produk dan jasa-jasa yang dapat digitalisasi.

  4. Technology
    E-business adalah kemajuan teknologi informasi yang didominasi oleh percepatan teknologi komputer dan telekomunikasi. Fungsi dari teknologi informasi tidak hanya kritikal bagi perkembangan e-business tetapi justru menjadi penggerak dari dimungkinkannya model-model bisnis baru.

Ada banyak keuntungan dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk menggerakkan e-business dan e-commerce bagi perusahaan seperti : aktivitas perusahaan akan sangat efektif dan efisien, mampu menjangkau konsumen secara luas dan mampu menembus batas ruang dan waktu dengan mudah dan biaya yang sedikit serta terbukanya peluang yang untuk berinovasi menciptakan produk atau jasa baru akibat ditemukannya teknologi baru dari masa kemasa.

Prospek pengembangan e-business yang baik di Indonesia dengan semakin banyaknya penduduk maupun perusahaan yang sudah mahir menggunakan media internet dan web sehingga menjadi peluang besar bagi perusahaan dalam menerapkan system e-business maupun e-commerce dalam memasarkan produk dan jasanya dan membina hubungan baik dengan mitra bisnis seperti pelanngan, pemasok, distributor, dan stakeholdernya.

Sumber :

https://sijenius.wordpress.com/2008/11/19/mengidentifikasi-trend-dalam-e-business/