Apa yang menyebabkan metode Analisis Risiko Kualitatif lebih banyak dipilih dibanding Analisis Risiko Kuantitatif?

Dalam analisa risiko terdapat 2 jenis metode, yakni kuantitatif dan kualitatif. Kedua metode analisia ini sama-sama berguna untuk mengidentifikasi dan mengklasifikasikan tingkat ancaman yang dihadapi. (Fenelly,2004:494)

Yoe, Charles (2012) mengatakan metode kualitatif banyak dipilih karena beberapa alasan, apa saja alasannya?

Analisa kualitatif banyak dilakukan dalam bidang yang kompleks yang seringkali lebih mudah untuk berkomunikasi dengan menggunakan analisis data kualitatif untuk audiens yang lebih luas karena analisa kualitatif memiliki kemampuan yang lebih baik untuk menggambarkan risiko secara rinci dengan contoh-contoh dalam kehidupan nyata (Jones,Andi:2005,216)

Seringkali banyak kasus yang tidak mungkin atau tidak pelu dilakukan dengan metode kuantitatif, sehingga metode kualitatif banyak dipilih karena beberapa alasan (Yoe,Charles,2012:151)

  • Untuk tugas-tugas rutin yang tidak terlalu kontroversional
  • Ketika membutuhkan konsistensi dan transparansi dalam penanganan risiko
  • Ketika teori, data, waktu, atau tenaga ahli terbatas
  • Ketika berhadapan dengan masalah yang didefinisikan secara luas dimana analisa risiko kuantitatif tidak praktis untuk dilakukan

Sumber:
Vega, de Lia (2012) Analisa Risiko Kualitatif Studi Kasus pada PT “X” Perusahaan Penyedia Jasa Data Center. Depok: Universitas Indonesia