Apa yang menyebabkan melemahnya jaringan provider saat hujan?

jaringan_komputer

(sasa cantik) #1

image

Banyak dari kita mengalami masalah sinyal provider menjadi lemah saat hujan turun, sehingga kegiatan menerima dan mengirim informasi menjadi terhambat. Apa yang menyebabkan melemahnya jaringan provider saat hujan?


(sukma arini) #2

Turunnya hujan memang menyebabkan melemahnya sinyal provider. Banyak yang menyebabkan hal tersebut, diantaranya :

  • Air hujan yang turun menyebabkan gelombang sinyal terpantul dan berganti arah, sehingga sinyal tersebut tidak akan langsung sampai ke ponsel kita.
  • Uap air menyerap energi sinyal radio, dan mengubahnya menjadi panas.

Sumber :


(deva prastica cahya) #3

Terdapat beberapa penyebab dari melemahnya suatu koneksi jaringan pada saat hujan. Berikut adalah penyebab dari melemahnya koneksi jaringan pada saat hujan :

1. Tipe Koneksi Jaringan
Tipe koneksi jaringan terbagi menjadi beberapa jenis dan masing-masing jenis akan sangat menentukan ukuran cepat/lambatnya suatu jaringan.

2. Perangkat Pengguna dan Radiasi Signal/Frekuensi
Semua komponen pendukung harus dalam kondisi saling mendukung antara satu dengan komponen yang lain terutama saat dalam kondisi tidak menentu seperti hujan sehingga stabilitas koneksi terjaga. Apabila satu diantaranya yang tida saling mendukung maka jaringan akan terhambat.

3. Operator Layanan Yang Digunakan
Peran operator layanan juga sangat menentukan seberapa cepat/lambat nya koneksi jaringan. Bisa jadi operator terlalu sibuk karena banyaknya jumlah pengguna maupun terkendala pada kantor pusat operator pada saat hujan.

4. Kondisi cuaca
Pada saat hujan kecepatan jaringan akan menurun drastis dikarenakan gelombang jaringan yang tertiup angin yang berarah tidak beraturan dan juga air hujan yang membuat gelombang jaringan terhambat. Selain itu suhu yang ektrim (terutama dingin) juga dapat menyebabkan rusaknya jalur tembaga yang ada dan juga dapat menyebabkan masalah pada komponen elektromekanis sambungan, seperti saklar.

Refrensi :
http://www.smartbeli.com/index.php/article-newstips-111.html


(Wishnuadji Surya Pangayoman) #4

Karena, sinyal ponsel pada umumnya menggunakan frekuensi gelombang radio yang memiliki sifat salah satunya yaitu dapat dipantulkan. Jadi saat cuaca buruk, sinyal ponsel ini akan dipantulkan oleh butiran butiran air sebingga mengubah arah dari pancaran gelombang, dan menyebabkan gelombang ini menyebar kesegala arah, yang secara otomatis panjang gelombang ini semakin panjang sehingga frekuensinya berkurang. Jadi, inilah yang menyebabkan melemahnya sinyal ponsel saat cuaca buruk