Apa yang menyebabkan gigi sensitif saat hamil?

gigi sensitif

Ketika dalam kondisi hamil, gigi menjadi lebih sensitif dibandingkan sebelumnya. Apa yang menyebabkan gigi sensitif saat hamil?

Meskipun tidak semua ibu hamil akan mengalami kondisi yang sama, namun gigi sensitif saat hamil termasuk salah satu perubahan yang normal terjadi. Anda bisa mengalaminya pada akhir trimester pertama atau awal trimester kedua kehamilan.

Gusi adalah jaringan ikat yang mengelilingi leher gigi dan menutupi rahang Anda. Peningkatan hormon yang terjadi dalam tubuh ibu hamil, menyebabkan peningkatan aliran darah menuju gusi. Kondisi ini menyebabkan gusi Anda melembut serta jadi lebih rentan untuk mengalami peradangan dan pembengkakan. Komplikasi berkepanjangan dari situasi ini akan mempengaruhi jaringan gigi yang menutupi akar-akar gigi dan bagian dalam gigi yang lain termasuk dentin.

Fungsi dentin adalah menutupi saraf pusat yang terdapat pada gigi. Dentin yang tidak tertutupi tentu akan mampu meningkatkan sensitivitas gigi Anda. Kondisi ini lah mungkin yang menjelaskan mengapa Anda merasakan senstitivitas yang menusuk dan menyakitkan saat Anda memakan makanan atau minuman yang terlalu panas atau terlalu dingin.

Sumber : https://hellosehat.com/kehamilan/kandungan/gigi-sensitif-saat-hamil/