Apa saja yang menyebabkan burung kenari tidak bertelur?

Burung Kenari

Burung Kenari saat ini sudah menjadi jenis burung yang banyak dipelihara oleh para pencinta burung di Indonesia, burung yang pandai berkicau ini menjadi burung favorit para pencintanya. Perawatannya yang mudah menjadi kelebihan yang dimiliki oleh Burung Kenari ini. Apa saja yang menyebabkan burung kenari tidak bertelur?

Berikut beberapa penyebab Kenari tidak bertelur

Usia Kenari yang belum memasuki usia produksi
Salah satu penyebab mengapa indukan Kenari betina tidak mau bertelur yaitu usianya yang belum memasuki produksi, sehingga meskipun indukan Kenari betina sudah melakukan beberapa kali perkawinan akan tetapi belum dapat bertelur juga bisa disebabkan karena perawatan yang kurang baik.

Usia Kenari betina yang masih muda
Usia Kenari betina yang masih muda bisa menjadi penyebab mengapa kenari betina tidak mau bertelur, karena meskipun Kenari betina dengan Kenari jantan tidak kawin namun Kenari betina belum siap tetap saja tidak akan bertelur.

Kenari betina mandul
Penyebab Kenari betina tidak mau bertelur juga dapat disebabkan karena kemandulan, hal ini tentu akan mengecewakan bagi peternaknya. Namun demikian hal ini dapat terjadi karena perawatan yang salah, seperti pemberian ekstra fooding yang salah sehingga menyebabkan tubuh Kenari terlalu panas jenis pakan yang dimaksud yaitu niger seed dan kroto. Selain itu juga disebabkan karena kegemukan atau obesitas

Kenari pejantan tidak ngisi
Memang sebagian besar menganggap jika Kenari betina tidak bertelur dikarenakan kemandulannya. Padahal hal tersebut tidak hanya karena betinanya saja, melainkan penjantannya pun bisa. Seperti penjantan yang tidak bisa membuahi betina/ tidak ngisi. Kenari pejantan tidak ngisi bisa disebabkan karena kegemukan dan juga pejantan masih mengalami mabung sehingga merasa kesakitan saat dikawinkan.

Bulu disekitar kloaka terlalu lebat
Saat Kenari jantan dan betina melakukan proses perkawinan seharusnya dapat bersentuhan secara sempurna. Namun karena bulu disekitar kloaka yang terlalu lebat sehingga proses perkawinannya pun terganggu. Maka saat ingin mengawinkan Kenari jantan dan betina sebaiknya bulu disekitar kloaka dipangkas secara benar.

Itulah sedikit penjelasan tentang penyebab mengapa Kenari tidak mau bertelur. Kenari yang tidak mau bertelur ternyata bisa disebabkan oleh beberapa hal, tidak hanya karena Betina yang mandul tetapi Kenari pejantan pun bisa menyebabkan Kenari betina tidak bertelur.