Apa yang menyebabkan bibir kering pada bayi yang baru lahir ?

Salah satu masalah yang umum dialami bayi baru lahir adalah bibir kering atau pecah-pecah. Apa yang menyebabkan bibir kering pada bayi yang baru lahir ?

Bibir bayi baru lahir yang kering bisa disebabkan oleh berbagai alasan. Faktor kebiasaan, asupan, dan juga lingkungan turut memengaruhi kelembaban pada bibir bayi. Salah satu penyebabnya adalah karena bayi mengalami dehidrasi. Bayi baru lahir bisa bisa jadi kurang menerima ASI karena ASI belum banyak keluar dari payudara ibu di hari-hari pertama setelah kelahiran.

Cuaca yang panas dan kering juga turut memperburuk kondisi bibir kering pada bayi. Lingkungan sekitar bayi yang panas dan kering dapat membuat bibir bayi mudah kehilangan kelembaban.

Cuaca kering merupakan penyebab yang paling sering mendasari kondisi bibir kering pada bayi. Selain itu, kebiasaan bayi menjilati bibirnya juga bisa membuat bibir bayi tambah kering.

Bibir kering pada bayi mungkin bukan kondisi yang serius, tapi hal ini bisa jadi pertanda adanya masalah kesehatan pada bayi jika terjadi dalam waktu cukup lama.

Kekurangan vitamin tertentu pada bayi dapat menyebabkan bibir bayi kering atau pecah-pecah. Konsumsi terlalu banyak vitamin A juga bisa menjadi penyebab masalah ini. Hal ini tentu mengkhawatirkan karena bisa menyebabkan masalah kesehatan lain.

Sumber : hellosehat.com