Apa yang menjadi daya tarik Pantai Tutong?

Salah satu tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi sekaligus menjadi destinasi favorit di Brunei Darussalam adalah Pantai Seri Kenangan. Pantai yang memiliki nama lain Pantai Tutong ini merupakan pantai yang terkenal di Brunei Darussalam, banyak warga sekitar yang menghabiskan waktu libur akhir pekan di pantai ini. Apa yang menjadi daya tarik Pantai Tutong?

Ada yang unik di Pantai Seri Kenangan ini. Kalian akan melihat sebuah istana tua yang terletak di sekitar pantai. Istana ini berbentuk seperti rumah biasa, dibangun sekitar awal tahun 50an. Istana pantai ini bernuansa warna putih, bangunannya masih dibangun menggunakan kayu dan dibatasi dengan pagar jadi tak bisa sembarang orang bisa masuk ke kawasan istana ini. Jika anak backpacker ingin melihat-lihat ke dalam istana, kalian harus meminta izin dulu kepada pengawas setempat, karena pengawasan di sekitar istana ini dijaga dengan ketat.

Dahulu bangunan seperti istana ini terdapat banyak di sekitar Pantai Tutong, namun karena zaman semakin modern banyak bangunan tua yang dihancurkan dan diganti dengan bangunan baru. Warga sekitar sempat keberatan dengan penghancuran tersebut karena bangunan lama itu memiliki nilai sejarah yang tinggi. Kini hanya tersisa satu saja Istana Pantai yang ada di pantai ini.

Tak ada salahnya sempatkan diri kalian piknik bersama teman-teman di halaman pantai sambil melihat pemandangan pantai dan istana dari kejauhan. Tempat piknik ini sengaja dibuat oleh pengelola sekitar untuk membuat pengunjung betah berlama-lama menghabiskan waktu di Pantai Tutong.

Sumber: