Apa yang mendorong seseorang merokok sambil berkendara?

Aktivitas merokok merupakan hal yang lumrah di dunia, tak terkecuali di Indonesia. Data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik tahun 2020 tentang persentase merokok pada penduduk ≥ 15 tahun, persentasinya menunjukkan angka 28,69 % dari total jumlah penduduk Indonesia. Tentu saja angka ini tergolong tinggi. Bahkan di era sekarang, acapkali ditemukan anak dibawah umur sudah mulai belajar merokok.

Saking tidak bisa lepas rokok, banyak orang melakukan aktivitas merokok setelah atau berbarengan dengan aktivitas lain, seperti merokok setelah makan, merokok sambil minum kopi, merokok ketika buang air dan yang paling menjengkelkan adalah merokok ketika berkendara. Tentu saja aktivitas merokok sambil berkendara sangat membahayakan. Bahkan, pemerintah sampai membuat aturan yang dikhususkan bagi pengendara yang merokok dijalan. Padahal, merokok juga bisa dilakukan dirumah atau ditempat yang tidak membahayakan orang lain di sekitarnya.

Menurut kalian, apasih yang membuat seseorang “harus” merokok ketika berkendara? Tulis opini kalian di kolom komentar yaa.

Summary

Survey Sosial Ekonomi Sosial, Badan Pusat Statistik tahun 2018 - 2020.

Menurut dari yang saya lihat, kebanyakan orang merokok ketika sedang berkendara adalah karena beberapa asumsi :

  1. Pertama, mereka ingin menghemat waktu ketika ingin melakukan perjalanan sekaligus juga ingin merokok, sehingga mereka menyalakan rokok sekaligus melakukan perjalanan/berkendara
  2. Kedua, karena merasa bosan ketika sedang berkendara. Terutama ketika sedang terjadi kemacetan di jalan.
  3. Ketiga, karena merasa diri mereka keren ketika merokok sambil berkendara (menginginkan pengakuan dari orang lain / agar orang lain mengetahui bahwa orang tersebut adalah seorang perokok).
Setuju nih sama ini, yang pertama kadang orang baru ngerokok tapi daripada hanya duduk-duduk dan ngga ngapa-ngapain mending dia berangkat ke tempat tujuan selanjutnya dengan meneruskan kegiatan merokoknya. Lalu yang kedua sering kita jumpai juga orang memainkan hp saat berkendara, entah itu karena bosan atau ada kepentingan disana, jadi orang yang merokok saat berkendara itu bentuk menggantikan bermain hp saat berkendara ketika bosan. Yang ketiga sepetinya lebih kearah anak muda yang ingin memulai kebiasaan baru atau ingin terlihat dewasa atau keren di mata masyarakat

Make sense sih, tapi kan berarti orang yang merokok dijalanan adalah orang yang tidak punya rasa kemanusiaan dan juga egois. Karena dampak negatif yang ditimbulkan juga bisa merugikan dan tentunya membahayakan orang lain. Dan menurut saya, itu tadi tidak bisa dijadikan alasan untuk merokok sambil berkendara.

setuju dengan pendapatnya, selain yang disebutkan orang merokok sambil berkendara biasanya karena sedang terburu-buru tetapi waktu itu sedang merokok dan rokoknya belum habis. jadi dari pada eman mending dihabisin sambil berkendara. dan juga biasanya mereka merokok saat berkendara karena merasa bosan dan karena kecanduan rokok dan mulut sudah gatal ingin merokok, mereka akan merokok saat berkendara. jadi mereka merokok karena kepingin dan gk merasa nyaman kalo gk ngerokok