Apa yang menarik dari batik sutra ?

Batik sutra merupakan salah satu jenis batik yang dibuat dengan menggunakan kain sutra. Batik jenis ini ternyata memiliki harga yang cukup tinggi karena kualitasnya yang memang terbaik. dari hal tersebut, apa yang menarik dari batik sutra ?

Dikenal sebagai salah satu bahan kain yang cukup populer di kalangan pecinta batik, kain batik sutra memang memiliki kualitas yang sangat bagus karena menawarkan kenyamanan dan kelembutan. Karena alasan itulah, tidak jarang kain atau pakaian batik yang dibuat menggunakan kain sutra rata-rata dibandrol dengan harga yang cukup tinggi, mengingat tampilan bahannya pun juga tidak kalah eksklusif jika dibandingkan dengan jenis kain lain.

Bahan sutera sendiri umumnya memiliki ciri khas berkilau seperti mutiara ketika ada sinar yang mengenai permukaannya. Hal ini disebabkan karena adanya lapisan-lapisan fibroin (sejenis protein yang dihasilkan ulat sutra).

Sebanding dengan kualitas bahannya, pakaian yang terbuat dari batik sutra pada prinsipnya juga memiliki banyak keunggulan, diantaranya:

  • Batik sutra kebanyakan dibuat dengan cara dilukis atau dibatik secara manual, sehingga motifnya pun cukup unik.

  • Terkesan mewah dan elegan meskipun digunakan tanpa aksesoris berlebih.

  • Batik sutra juga menawarkan kenyamanan tersendiri karena terasa lembut saat bersentuhan dengan kulit. Kenyamanan ini tentu akan meningkatkan rasa percaya diri pada pemakainya.

  • Batik sutra memiliki kemampuan yang sangat bagus untuk menyerap keringat sehingga sangat cocok untuk dikenakan sebagai busana pesta, baik di dalam ataupun luar ruangan.

  • Selain mudah menyerap keringat dan terasa lembut, kain sutra pada batik sebenarnya juga memiliki kemampuan untuk melindungi kulit dari cuaca panas.

  • Batik sutra mampu menangkal radiasi sinar ultraviolet dan menjaga kesehatan kulit.

Sumber: